Sekaleng Sup Membuat Wanita Berusia 23 Tahun di Colorado AS Lumpuh Total, Infeksi Bakteri yang Fatal
Sekaleng sup telah membuat seorang wanita berusia 23 tahun di Colorado Amerika Serikat menderita lumpuh. Setelah makan sepiring sup, seorang wanita berusia 23 tahun bernama bernama Claudia de Albuquerque Celada lumpuh total, dan saat ini sedang berjuang untuk hidupnya setelah menderita infeksi bakteri yang fatal. 
22:00
24 April 2024

Sekaleng Sup Membuat Wanita Berusia 23 Tahun di Colorado AS Lumpuh Total, Infeksi Bakteri yang Fatal

Sepiring sup telah membuat seorang wanita berusia 23 tahun di Colorado Amerika Serikat menderita lumpuh.

Setelah makan sepiring sup, seorang wanita berusia 23 tahun dari negara bagian Colorado, Amerika, lumpuh total, dan saat ini sedang berjuang untuk hidupnya setelah menderita infeksi bakteri yang fatal.

Surat kabar Inggris "Daily Mail" melaporkan bahwa wanita yang merupakan penggemar ski es asal Brasil bernama Claudia de Albuquerque Celada sedang menjalankan misi kerja di negara bagian "Aspen."

Dia membeli semangkuk sup kalengan dari kios pasar dan kemudian setelah mengonsumsi sup itu, dia mulai menderita pusing parah, penglihatan buram dan kesulitan bernapas.

Dalam waktu 24 jam, seluruh anggota tubuhnya menjadi lumpuh, sehingga ia harus dipasangi ventilator.

Diperlukan waktu dua minggu untuk menentukan penyebab “keracunan makanan” tersebut.

Luisa Albuquerque mengatakan saudara perempuannya, Claudia, pindah ke Colorado pada November 2023, karena pekerjaan impiannya, meskipun tidak jelas karier apa yang dia jalani.

Sekitar 15 hari setelah membeli sup, Claudia pulang kerja lebih awal karena merasa sangat tidak enak badan, yang dengan cepat berkembang menjadi kelelahan disertai pusing parah, sesak napas, dan penglihatan kabur, jadi dia meminta teman-temannya untuk membantunya.

Ketika teman terdekatnya tiba beberapa jam kemudian, kondisi Claudia menurut saudara perempuannya – jauh lebih buruk.

Dia hampir tidak bisa bernapas, dan kelumpuhan telah menguasai sendi-sendi wajahnya, dengan kelemahan parah pada otot-otot lengan dan kaki.

Sekaleng Sup Diduga Menjadi Sumber Infeksi

Pihak berwenang setempat di negara bagian tersebut menduga sup tersebut adalah sumber infeksi. D

ia menyatakan bahwa "keracunan makanan" adalah kondisi yang sangat langka di wilayah tersebut, karena ini adalah infeksi yang menyerang jaringan saraf di tubuh dan hanya menyerang 100 orang Amerika setiap tahunnya.

Menurut pihak berwenang, keracunan makanan terjadi karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri C botulinum.

Racun ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, yang biasa terjadi pada produk kaleng, akibat proses pengawetan yang tidak tepat.

Ia mengungkapkan bahwa selama tahun 2023, keracunan makanan dikaitkan dengan makanan seperti sarden, saus pesto, saus tomat, dan acar.

Namun ia menegaskan bahwa hal tersebut bukan merupakan infeksi apa pun, juga tidak menimbulkan ancaman terhadap keselamatan masyarakat.

Kelumpuhan Leher ke Bawah

Wanita berusia 23, di Colorado mengalami kelumpuhan dari leher ke bawah dan menggunakan ventilator setelah makan 'SUP KALENG' yang terkontaminasi bakteri mematikan.

Orang yang mengetahui kasus ini mengatakan bahwa itu berasal dari sup kalengan yang terkontaminasi.

Baik keluarga maupun departemen kesehatan belum mengonfirmasi bahwa ini adalah pelakunya.

Seorang wanita di Colorado menjadi lumpuh dan berjuang untuk hidupnya setelah berjuang melawan infeksi bakteri yang mematikan - yang menurut teman-temannya dia dapatkan dari sup kaleng.

Snowboarder Claudia de Albuquerque Celada, 23, berasal dari Brasil, sedang mengikuti program pertukaran kerja di Aspen ketika dia mulai menderita pusing, penglihatan ganda, dan kesulitan bernapas.

Dalam waktu 24 jam, seluruh otot di tubuhnya menjadi lumpuh, sehingga dia harus menggunakan ventilator.

Diperlukan waktu dua minggu bagi dokter untuk menemukan penyebabnya: botulisme, infeksi yang menyerang jaringan saraf tubuh dan hanya menyerang 100 orang Amerika setiap tahunnya.

Otoritas kesehatan setempat mengatakan seperti dikutip dari DailyMail.com bahwa sup diduga menjadi sumber penularan.

Claudia de Albuquerque Celada, 23, berasal dari Brazil, sedang mengikuti program pertukaran kerja di Colorado ketika dia terinfeksi botulisme. Penyakit ini, yang menyerang sekitar 100 orang Amerika setiap tahunnya, membuatnya lumpuh

Sumber yang mengetahui kasus Albuquerque Celada mengatakan dia terinfeksi botulisme dari sup kaleng yang dia dapatkan saat melakukan barter di kota ski Aspen.

Botulisme disebabkan oleh konsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri C botulinum. Racun ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan

Hal ini paling sering terjadi pada pengalengan buatan sendiri, ketika makanan tidak diawetkan dengan benar. Di masa lalu, botulisme dikaitkan dengan makanan seperti sarden, pesto, tomat, dan acar.

Penyakit ini tidak menular dari orang ke orang dan tidak menimbulkan risiko bagi masyarakat umum.

Adik perempuan Ms Albuquerque Celada, Luisa Albuquerque, menulis di Instagram bahwa saudara perempuannya pindah ke Colorado pada bulan November untuk 'pekerjaan impiannya', meskipun tidak jelas di industri apa dia bekerja.

Sekitar 15 hari setelah membeli sup, Luisa mengatakan bahwa adiknya pulang kerja lebih awal karena dia mulai merasa sakit.

“Dia mandi, makan malam, dan pergi tidur, tapi dia mengalami sesak napas, penglihatan kabur, dan pusing,” kata Luisa kepada outlet Portugis, UOL .

"Dia mengirim pesan kepada teman-temannya untuk pergi ke apartemennya, tapi mereka hanya mengatakannya di pagi hari.'

"Ketika mereka tiba, kondisi adik saya sudah jauh lebih buruk, dia hampir tidak bisa bernapas sendiri dan dia mengalami kelumpuhan wajah."

Dia juga menderita kelemahan otot, lengan, dan kaki. Beberapa otot lainnya sangat lemah, lengan lemah, kaki lemah.

“Dia pergi ke rumah sakit dan, segera setelah itu, dia lumpuh 100 persen,” kata Luisa.

Keluarga Ms Albuquerque Celada bisa terbang ke Colorado dalam waktu seminggu. Dia didiagnosis pada 1 Maret.

Keluarga memerkirakan Albuquerque Celada memerlukan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk pulih dari penyakitnya.

Saat ini, dia menggunakan ventilator dan akan dipindahkan kembali ke Brasil

Doralice Goes, salah satu penyintas botulisme dari Brasil yang mengaku akrab dengan kasus ini, mengatakan bahwa Albuquerque Celada tertular botulisme dari sup kaleng yang ia dapatkan dari kios pasar.

'Kami tahu itu adalah sup industri,' tulisnya di Instagram.

Keluarga Ms Albuquerque Celada belum memastikan makanan apa yang dikonsumsi, meskipun mereka telah menyatakan bahwa makanan tersebut merupakan infeksi bawaan makanan.

Tidak jelas apakah Ms Goes secara pribadi mengenal keluarga tersebut dan telah berbicara dengan mereka, meskipun dia telah memberikan informasi terkini tentang kasus tersebut dan informasi tentang botulisme, karena dia sendiri selamat dari kondisi tersebut tahun lalu.

DailyMail.com telah menghubungi Ms Goes untuk rincian lebih lanjut.

Departemen Kesehatan Kabupaten Pitkin, tempat Aspen berada, mengatakan pekan lalu bahwa mereka yakin kasus Albuquerque Celada adalah 'insiden tersendiri'.

Para pejabat menambahkan bahwa mereka 'yakin kami telah mengidentifikasi sumber paparan dan telah memutuskan bahwa tidak ada risiko terhadap masyarakat saat ini.'

Badan tersebut juga mengatakan bahwa hal-hal spesifik tidak dapat diungkapkan 'untuk melindungi privasi kasus ini.'

Colorado melaporkan empat kasus botulisme bawaan makanan pada tahun 2019, berdasarkan data terbaru yang tersedia.

Ini bukan pertama kalinya sup kalengan terinfeksi botulisme.

Pada tahun 2021, CDC melaporkan dugaan kasus botulisme di Arizona.

Departemen Kesehatan Arizona mengumpulkan sampel dari rumah pasien, termasuk sekaleng kosong nasi ayam dengan sup sayuran, menurut laporan kasus USDA.

Tes menemukan toksin botulinum tipe A dalam darah pasien dan kalengnya. Kuahnya dikabarkan berbau tidak sedap saat dibuka, namun kalengnya tidak bocor atau menggembung.

Keluarga Ms Albuquerque Celada mengatakan bahwa dia telah dirawat di rumah sakit selama sekitar 50 hari, dan pemulihan diperkirakan akan berlangsung enam bulan hingga satu tahun.

Mereka juga telah berupaya mengumpulkan $200.000 untuk mengangkutnya kembali ke Sao Paulo, tempat asalnya. Keluarga tersebut telah kehabisan asuransi perjalanan mereka.

“Kami berada di negara yang bukan milik kami, berbicara dalam bahasa lain, dengan orang-orang yang bukan bagian dari keluarga kami,” tulis Luisa di media sosial.

“Kami pikir pemulihan jika dekat dengan keluarga dan teman jauh lebih cepat. Membandingkan biaya antara tinggal di sini dan kembali ke Brasil, biaya pulangnya masih lebih murah.'

Pusat Medis Swedia di Denver, tempat Albuquerque Celada dirawat di rumah sakit, telah mengumumkan bahwa mereka akan menanggung biaya kepulangannya ke Brasil.

Meskipun kurang dari lima dari setiap 100 penderita botulisme meninggal, menurut CDC, penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan seumur hidup dan terapi fisik yang ekstrem.

Pasien yang lumpuh perlu belajar kembali cara berjalan, berbicara, dan melakukan tugas sehari-hari lagi.

CDC mengatakan bahkan setelah pemulihan, para penyintas mungkin akan mengalami kelelahan dan sesak napas selama bertahun-tahun.

Ms Goes, yang mengatakan bahwa kasus Ms Albuquerque Celada terkait dengan sup kalengan, didiagnosis menderita botulisme tahun lalu dan menjadi lumpuh setelah makan pesto dari pasar petani, yang menurutnya terkontaminasi.

Ms Goes tetap dirawat di rumah sakit selama sekitar satu tahun untuk pulih dari kelumpuhannya.

"Saya menjalani perawatan setiap hari dalam seminggu," katanya tahun lalu, "mulai dari pelepasan myofascial hingga analgesia, laser, suction cup, pilates untuk memulihkan tonus otot, penguatan dan fisioterapi paru."

"Sekarang menjadi bagian dari sejarah saya, dan saya harus mengatasi kesulitan yang saya hadapi sekarang.'

Dia sekarang mengadvokasi kesadaran botulisme dan standar keamanan pangan yang lebih baik.

“Kita perlu membicarakannya dan menyadarkan konsumen, industri, dan rumah sakit bahwa penyakit ini ada saat ini. Lebih banyak aturan keamanan pangan perlu diterapkan,' tulisnya di Instagram.

(Sumber: Dailymail, Khaberni)

Tag:  #sekaleng #membuat #wanita #berusia #tahun #colorado #lumpuh #total #infeksi #bakteri #yang #fatal

KOMENTAR