Mekkah Bakal Diterjang Cuaca Ekstrim, Begini Prediksi Pemerintah Saudi
Ilustrasi Hujan Lebat. (Pixabay)
14:00
23 April 2024

Mekkah Bakal Diterjang Cuaca Ekstrim, Begini Prediksi Pemerintah Saudi

Mendekati musim haji tahun ini, cuaca ekstrim diprakirakan terjadi di Arab Saudi. Pernyataan tersebut disampaikan Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi yang mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim.

Selain peringatan tersebut, Pemerintah Arab Saudi juga mengumumkan instruksi keselamatan kepada warganya untuk bersiap menghadapi hujan deras.

Dilansir dari Alarabiya, ada sejumlah wilayah di Saudi yang akan mengalami curah hujan sedang hingga lebat, hingga hujan es pada Selasa (23/4/2024) ini.

Mekkah dan sekitarnya disebut-sebut bakal mengalami cuaca ekstrim yang paling parah. Sedangkan, ibu kota Riyadh, Wadi al-Dawasir, dan al-Sulayil akan mengalami curah hujan sedang.

Sedangkan di wilayah selatan, seperti Jizan, Najran, Asir, dan al-Baha juga akan terkena dampak curah hujan sedang hingga lebat, dengan Jizan dan Asir secara khusus terkenal akan hujan lebat dan angin kencang.

Kemudian untuk daerah yang terkena dampak lebih kecil, yakni Hail dan Qassim dengan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan turun. Adapun hujan ringan diperkirakan terjadi di perbatasan utara dan timur Arab Saudi.

Selain itu, Otoritas Meteorologi setempat juga mengeluarkan pernyataan peringatan tentang potensi angin berkecepatan tinggi yang dapat menimbulkan debu di seluruh wilayah yang terkena dampak, sehingga semakin memperumit kondisi.

Untuk mengantisipasinya, Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil mengimbau masyarakat agar tinggal di rumah, menghindari lembah dan daerah yang tergenang air, dan mematuhi semua arahan keselamatan.

Sebelumnya pada pekan lalu, beberapa negara di kawasan Teluk –termasuk UEA, Oman, dan Bahrain– dilanda badai hebat dengan curah hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #mekkah #bakal #diterjang #cuaca #ekstrim #begini #prediksi #pemerintah #saudi

KOMENTAR