Sekutu Terdekat Putin Dikabarkan Sakit Parah, Ramzan Kadyrov Disebut Tak Ada Harapan Sembuh
Presiden Republik Chechnya Ramzan Kadyrov 
20:20
22 April 2024

Sekutu Terdekat Putin Dikabarkan Sakit Parah, Ramzan Kadyrov Disebut Tak Ada Harapan Sembuh

Lama tak muncul di media, pemimpin Chechnya Ramzan Kadirov ternyata diberitakan sedang mengidap penyakit parah.

Surat kabar Rusia ovaya Gazeta Europe mengabarkan bahwa Kadyrov menderita penyakit kistik pankreas, penyakit ini menurut media tersebut sangat parah sehingga dia tidak memiliki harapan untuk sembuh.

“Kesehatan pemimpin Chechnya telah menjadi perhatian selama satu tahun ini. Fakta bahwa Kadyrov sakit telah secara resmi dibantah, pertama-tama, oleh dia dan rombongannya," demikian tulis media tersebut.

Namun ada beberapa hal yang tidak bisa disembunyikan, yaitu perubahan mencolok pada penampilan, perilaku, dan jadwal kerja pemimpin Chechnya tersebut.

Pria 47 tahun ini dianggap sebagai pemimpin yang menjadi sekutu terdekat Vladimir Putin. Bahkan saat perang melawan Ukraina puluhan ribu pasukan khusus Chechen dikerahkan berjuang untuk Rusia.

Ramzan Kadyrov merupakan anak dari Jenderal Ahmad Kadyrov, pemimpin Cechnya yang diyakini menjadi boneka Vladimir Putin, setelah terjadinya pemberontakan bertahun-tahun dan menewaskan ribuan dengan peperangan brutal di tahun 2000-an.

Ahmad Kadyrov tewas dalam sebuah serangan bom pada Mei 2004 lalu dan tiga tahun kemudian Ramzan diangkat menjadi Presiden Chechnya.

Sakitnya 5 Oktober 1976 itu dipercaya menjadi masalah Putin bagaimana mempersiapkan wilayah yang paling menimbulkan masalah di Rusia tanpa kesulitan untuk menghadapi pergantian kekuasaan yang mungkin terjadi dalam waktu dekat.

Surat kabar tersebut mengatakan Kadyrov pertama kali didiagnosis menderita nekrosis pankreas pada Januari 2019. Saat itu, pemimpin Chechnya tidak merahasiakan fakta bahwa ia terpaksa mengambil cuti karena "sementara tidak layak bekerja".

Ia mengaku sedikit kurang sehat, menderita demam dan flu, yang untuk pengobatannya ia, entah kenapa, "diberi obat tetes hanya untuk dua hari", seperti yang dijelaskan Kadyrov sendiri.

Novaya Gazeta menyoroti bahwa pengobatan flu biasa dengan menggunakan obat tetes menyebabkan kebingungan di antara banyak orang, yang berubah menjadi "kecurigaan terus-menerus" pada musim gugur 2019.

Pada bulan Oktober, Kadyrov menghilang dari sorotan publik, dan saluran Telegram anonim melaporkan bahwa kesehatan pemimpin Chechnya berada dalam kondisi buruk, kemungkinan karena dia diracun.

Di halaman Instagram-nya, Akhmed Dudaev, ajudan pemimpin Chechnya, langsung membantah bahwa pemimpin Chechnya tersebut telah diracun. Dia berkata, "Kadyrov adalah orang biasa yang bisa sakit, memar, terkena flu, dll."

Pasukan Chechnya terlihat di Grozny pada awal invasi Pasukan Chechnya terlihat di Grozny pada awal invasi (Yelena Afonina/TASS)

Surat kabar tersebut mencatat bahwa hanya sedikit orang yang memperhatikan fakta bahwa Kadyrov telah kehilangan banyak berat badan pada tahun 2019.

Novaya Gazeta menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang tajam merupakan gejala pertama dari berkembangnya nekrosis pankreas secara aktif. Penyakit ini sangat serius: menyebabkan rasa sakit yang parah, sulit diobati dan mempunyai angka kematian yang tinggi.

Kadyrov dilaporkan telah menjalani prosedur rutin, termasuk pembedahan, di Rumah Sakit Klinis Pusat Administrasi Kepresidenan Rusia setidaknya dua kali setahun sejak 2019.

Kesehatan Kadyrov mulai merosot tajam pada musim semi 2022, namun isu ini baru menjadi trending topik pada tahun lalu.

“Bahkan pengamat yang paling lalai pun pasti akan memperhatikan bagaimana, akibat gagal ginjal dan stagnasi cairan di paru-paru (akibat dari penyakit yang mendasarinya), ukuran Kadyrov bertambah 1,5 kali lipat. tanda-tanda asites pankreatogenik; ia mengalami sesak napas yang parah, kesulitan berbicara, berjalan lambat, dan berpakaian terlalu hangat untuk iklim Chechnya,” kata surat kabar tersebut dikutip oleh Pravda.

Saat itu, Kadyrov menghilang dari ruang publik pada saat yang paling tidak tepat. Surat kabar itu mengatakan Kadyrov dirawat intensif pada bulan September.

Seorang sumber mengatakan pemimpin Chechnya itu dirawat di rumah sakit karena gagal paru akut, yang berkembang akibat overdosis obat penenang Dormicum. Obat penenang yang kuat ini biasanya digunakan untuk menenangkan pasien sebelum operasi. Kadyrov dilaporkan meminumnya karena dia menderita sakit parah, insomnia, dan kecemasan yang meningkat.

Untuk menstabilkan fungsi pernafasannya, Kadyrov dicolokkan ke ventilator dan ditidurkan secara medis, atau dengan kata lain, "koma yang diinduksi secara medis".

Surat kabar tersebut mencatat bahwa Kadyrov menjalani pemindaian MRI pada otaknya pada September lalu, yang menunjukkan bahwa penyakit tersebut sangat memengaruhi dirinya.

Ramzan Kadyrov dilantik menjadi presiden di Chechnya pada 6 April 2007 atas penunjukan Presiden Vladimir Putin. Ia menikah dengan Medni Kadyrova dan memiliki sejumlah anak, antara lain Adam Kadyrov, Aishat Kadyrova.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #sekutu #terdekat #putin #dikabarkan #sakit #parah #ramzan #kadyrov #disebut #harapan #sembuh

KOMENTAR