Angkatan Udara Yordania Menembak Jatuh Drone Iran yang Masuk ke Wilayah Israel
Foto ilustrasi. (Iranian Army/AP Photo)
12:21
14 April 2024

Angkatan Udara Yordania Menembak Jatuh Drone Iran yang Masuk ke Wilayah Israel

    - Angkatan udara Yordania mencegat dan menembak jatuh puluhan drone Iran yang melanggar wilayah udaranya dan menuju ke Israel.   Mereka mengatakan tentara juga dalam keadaan siaga tinggi dan sistem radar memantau setiap aktivitas drone yang datang dari arah Irak dan Suriah.   Penduduk di beberapa kota di bagian utara negara itu dekat Suriah dan wilayah tengah dan selatan mendengar aktivitas udara yang deras.  

  Dikutip dari laman Reuters, Di lingkungan selatan ibu kota Amman, 60 km (37 mil) dari Yerusalem, beberapa drone terlihat jatuh.   Warga berkumpul di sekitar sisa-sisa satu drone besar yang diduga jatuh di kawasan komersial pinggiran kota Marj al Hamam.   Sumber keamanan sebelumnya mengatakan angkatan udara negara itu mengintensifkan penerbangan pengintaian.  

  Yordania sebelumnya mengatakan pihaknya menutup wilayah udaranya mulai Sabtu (13/4) malam untuk semua pesawat yang masuk, berangkat, dan transit. Hal ini menurut para pejabat kepada Reuters adalah tindakan pencegahan jika terjadi serangan Iran melintasi perbatasannya.   “Pihak berwenang terkait mengambil keputusan untuk menutup wilayah udara untuk alasan pencegahan karena situasi keamanan di sekitarnya,” kata juru bicara pemerintah Yordania, Muhannad Mubaideen.   Mubaideen membantah laporan media bahwa kerajaan telah mengumumkan keadaan darurat, dan menambahkan tidak ada alasan untuk khawatir di kalangan warganya.  

  Yordania bertetangga dengan Suriah dan Irak – keduanya merupakan negara tempat pasukan proksi Iran beroperasi – dan juga bersebelahan dengan Israel dan Tepi Barat yang diduduki Israel.   Mereka telah menyaksikan perang Israel melawan kelompok Palestina Hamas, sekutu Iran lainnya, dengan meningkatnya kekhawatiran karena takut terjebak dalam baku tembak.   Akhir tahun lalu, Amman meminta Washington untuk mengerahkan sistem pertahanan udara Patriot ke Yordania untuk meningkatkan pertahanan perbatasannya.  

  Para pejabat mengatakan Pentagon telah meningkatkan bantuan militernya kepada kerajaan tersebut, sekutu utama regional, di mana ratusan tentara AS bermarkas dan mengadakan latihan dengan tentara sepanjang tahun.   Pada bulan Januari, tiga anggota militer AS tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan pesawat tak berawak oleh militan yang didukung Iran terhadap pasukan AS di timur laut Yordania dekat perbatasan Suriah.   Ini adalah serangan mematikan pertama terhadap pasukan AS sejak perang Israel-Hamas meletus pada bulan Oktober, dan menandai peningkatan besar ketegangan yang melanda Timur Tengah.  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #angkatan #udara #yordania #menembak #jatuh #drone #iran #yang #masuk #wilayah #israel

KOMENTAR