Dampak Serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus, Iran Kirim Serangan Drone ke Langit Tel Aviv
Kerusakan yang terjadi pada konsulat Iran di Damaskus, Suriah oleh serangan udara Israel pada awal April 2023. (aljazeera)
11:45
14 April 2024

Dampak Serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus, Iran Kirim Serangan Drone ke Langit Tel Aviv

 - Langit Tel Aviv dihujani drone kiriman dari Iran yang berlangsung pada Sabtu malam (13/03) waktu setempat.   Militer Israel menyatakan ada lebih dari 100 drone pembawa bom yang menyerang Israel, dikutip dari pbs.org pada Minggu (14/04).   Israel juga mengklaim Iran telah melepaskan rudal balistik yang jauh lebih merusak pasca kiriman bom melalui drone.  

  Akibat dari serangan drone dari Iran, Israel mengklaim terjadi 'kerusakan kecil' terhadap pangkalan militer mereka dan menyebabkan gadis kecil terluka.   Serangan Iran terhadap Israel merupakan puncak dari serangan Israel yang sebelumnya menyebabkan 12 orang tewas di Damaskus, Suriah.   Iran telah mengancam untuk menyerang Israel setelah serangan udara Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada Senin (01/04).  

  Israel telah menghancurkan fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah yang menewaskan 12 orang, termasuk dua jenderal elit Iran.   Israel dan Iran mulai memanas selama perang enam bulan Israel melawan militan Hamas di Jalur Gaza.    Hubungan antara Israel dan Iran mulai renggang setelah 7 Oktober 2023 karena dugaan dukungan Iran terhadap kelompok Hamas dan Jihad Islam yang mendukung usaha perlawanan terhadap Israel oleh kedua kelompok tersebut.  

  Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan kehancuran luas dan menewaskan lebih dari 33.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat.   Kini berbagai negara di timur tengah berpotensi menyerang Israel yang akan menyebabkan konflik semakin meluas.   Serangan pada Sabtu malam menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer skala penuh terhadap Israel.  

  Perlu diketahui konflik antara Israel dan Iran telah berlangsung selama beberapa dekade sejak Revolusi Islam di Iran pada tahun 1979.   Dilansir dari Al Jazeera English pada Minggu (14/04), semenjak serangan Iran ke Israel, sirine darurat Tel Aviv berkumandang memberikan peringatan kondisi darurat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #dampak #serangan #israel #konsulat #iran #damaskus #iran #kirim #serangan #drone #langit #aviv

KOMENTAR