Netanyahu Langsung Telepon Joe Biden: AS dan Israel Siapkan Serangan Balasan ke Iran
Kolase foto Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) 
09:40
14 April 2024

Netanyahu Langsung Telepon Joe Biden: AS dan Israel Siapkan Serangan Balasan ke Iran

Militer Israel (IDF) mengatakan lebih dari 200 drone dan rudal diluncurkan ke wilayah itu oleh militer Iran dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya

IDF mengatakan bahwa seorang perempuan berusia 10 tahun terluka dalam serangan Iran namun tidak mengkonfirmasi di mana lokasinya.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melalui sambungan telepon setelah serangan pada Sabtu (13/4/2024) malam itu.

Hal ini terjadi setelah Netanyahu mengumpulkan kabinet perangnya hari ini dan presiden AS mempersingkat perjalanan akhir pekannya untuk kembali ke Washington untuk bertemu dengan penasihat keamanan nasional.

Media Israel membagikan foto Netanyahu selama percakapan dengan Biden.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant juga memposting di X (twitter) yang mengatakan dia telah berbicara dengan mitranya Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Dia mengatakan mereka membahas operasi pertahanan Israel dalam menghadapi serangan Iran dan berterima kasih kepada Austin karena "berani berdiri bersama Israel".

Israel meminta pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB mengenai Iran

Dikutip dari Sky News, Israel telah meminta agar Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat untuk mengutuk serangan Iran.

Gilad Erdan, duta besar Israel untuk PBB, menulis di X (twitter) bahwa peluncuran drone dan rudal merupakan "ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan global".

Dia mendesak dewan keamanan untuk menggunakan segala cara untuk mengambil tindakan nyata terhadap Iran dan menunjuk Garda Revolusi Iran sebagai "organisasi teror".

Menurut seorang diplomat PBB, dewan tersebut berencana mengadakan pertemuan hari ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan penghentian segera permusuhan.

Ia menyatakan mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel.

Peta wilayah Iran dan Israel Peta wilayah Iran dan Israel (Sky News)

Tag:  #netanyahu #langsung #telepon #biden #israel #siapkan #serangan #balasan #iran

KOMENTAR