Pelaku Pembunuhan Enam Orang di Mal Sydney Ditembak Mati Petugas, Polisi Pastikan Bukan Teroris
Polisi mengamankan lokasi kejadian penyerangan terhadap sejumlah orang di Mal Kota Sidney, NSW, Australia, Sabtu (13/4/2024). [ABC News/Jack Fisher]
00:04
14 April 2024

Pelaku Pembunuhan Enam Orang di Mal Sydney Ditembak Mati Petugas, Polisi Pastikan Bukan Teroris

Pelaku pembunuhan terhadap enam warga di Mal Sydney, New South Wales (NSW) tewas ditembak petugas setelah melancarkan aksinya, Sabtu (13/4/2024) sore.

Pria yang melakukan penyerangan di tengah keramaian tersbut diketahui berusia 40 tahun.

Dilansir dari ABC, korban yang meninggal dunia di tempat berjumlah lima orang. Empat di antaranya perempuan dan satu laki-laki.

Sementara satu korban lainnya meninggal, yakni seorang perempuan mengembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit karena mengalami luka parah.

Tak hanya itu, delapan korban lainnya terluka, termasuk seorang anak berusia sembilan bulan, hingga kini masih dirawat di rumah sakit dan beberapa lainnya berada dalam kondisi kritis.

Bertindak Sendirian

Asisten Komisaris Polisi NSW Anthony Cooke meyakini pria tersebut bertindak sendirian.

Sementara itu, Komisaris Polisi Karen Webb mengatakan, polisi telah mengetahui sosok pria tersebut. Meski begitu, ia belum mengidentifikasinya secara resmi.

Lebih lanjut, Webb mengemukakan, meski motifnya tidak jelas, indikasi awal menunjukkan bahwa serangan tersebut tidak ada kaitannya dengan terorisme.

"Tidak ada dugaan siapa pun menjadi sasaran, tapi hal itu bisa berubah," katanya.

Polisi mengatakan, pelaku sudah berada di mal sekitar jam 3 sore sebelum pergi. Kemudian pria tersebut kembali sekira 20 menit kemudian dengan membawa pisau. Usai melakukan aksinya, pria tersebut ditembak petugas saat akan menyerang.

"Dia menghadapi pelaku, yang telah naik ke lantai lima, sambil terus berjalan cepat di belakangnya untuk mengejarnya. Dia berbalik menghadapnya, mengangkat pisau,” kata Asisten Komisaris Cooke.

"Dia mengeluarkan senjata api dan orang itu sekarang sudah meninggal."

Komisaris Webb mengatakan, petugasnya saat ini dalam kondisi baik.

"Dia menunjukkan keberanian dan keberanian yang luar biasa… kami baru saja berbicara (dan) dia baik-baik saja, keluarganya baik-baik saja. Dia mendapatkan semua yang dia butuhkan untuk saat ini."

Perawatan

Sementara itu, Juru bicara Ambulans NSW mengatakan orang-orang yang terluka telah dibawa ke sejumlah rumah sakit di Sydney.

Sedangkan, bayi yang menjadi korban penikaman telah menjalani operasi di Rumah Sakit Anak Sydney di Randwick.

Sedangkan, korban lainnya dibawa ke Rumah Sakit St George dan Rumah Sakit Royal North Shore. Kemudian, tiga orang lainnya dibawa ke Rumah Sakit St Vincent di Darlinghurst, dan dua lainnya berada di Royal Prince Alfred di Camperdown.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pelaku #pembunuhan #enam #orang #sydney #ditembak #mati #petugas #polisi #pastikan #bukan #teroris

KOMENTAR