KRI Radjiman Bersiap Bantu Warga Gaza, Menunggu Izin dari Mesir
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 persiapan melaksanakan misi kemanusiaan di Palestina. ((ANTARA/Moch Asim))
15:42
15 Januari 2024

KRI Radjiman Bersiap Bantu Warga Gaza, Menunggu Izin dari Mesir

 

Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) KRI dr Radjiman Wedyodiningrat – 992 telah siap diberangkatkan untuk misi kemanusian membantu korban konflik di Gaza.

Mengutip Antara, Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, menyatakan, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat – 992 telah terisi penuh oleh logistik untuk membantu warga Gaza.

"KRI Radjiman sudah dipersiapkan. Kami tidak menerima lagi bantuan berupa bahan kontak atau logistik untuk Palestina karena sudah penuh," ucapnya, Senin (15/1).

Kondisi ini menyebabkan pihaknya menutup sementara posko penerimaan bantuan yang akan dikirimkan ke Gaza. Kapal tersebut telah terisi oleh kebutuhan pribadi, obat-obatan, dan makanan.

Setidaknya kapal ini telah menampung 80 truk yang membawa 532 karung popok, 600 karung pakaian anak-anak, 700 karung dan 500 boks pakaian dewasa, 800 kardus susu, 650 dus biskuit, 1.254 galon air mineral, 1.700 kardus air mineral, 460 kardus obat-obatan, 450 karung selimut, 450 karung jaket, serta 470 kardus mi instan.

Ia pun menuturkan saat ini tengah diupayakan mengirimkan bantuan kemanusiaan tersebut sesegera mungkin setelah mendapatkan izin dari pemerintah Mesir yang berbatasan langsung dengan Gaza, Palestina.

“Kami dibantu Kementerian Luar Negeri juga dan Kementerian Pertahanan untuk mengirimkan bahan kontak oleh KRI Radjiman ke Mesir. Dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa dikirimkan," katanya.

Dalam menjalankan misi kemanusiaan ini, KRI Radjiman Wedyodiningrat – 992 juga telah melakukan persiapan secara fisik salah satunya pengecatan ulang dengan warna putih.

"Peraturan internasional di Jenewa, setiap kapal rumah sakit diwajibkan memakai warna putih," ucap Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, Kolonel Laut (P) Bayu Dwi W, Kamis (23/11).

Ia mengatakan kapal tersebut dapat difungsikan sebagai rumah sakit saat darurat dapat menampung ratusan pasien.

"Seperti kondisi saat ini 450 dengan menggunakan tambahan veil bed," ujarnya.

Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 juga dilengkapi berbagai fasilitas layanan medis yang setara dengan rumah sakit tipe C, seperti rontgen, x-ray, computed tomography (CT) scan, poli gigi, hingga laboratorium darah.

"Ruang operasi ada lima di kapal ini, jadi cukup banyak kalau untuk di medan tugas," ujarnya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #radjiman #bersiap #bantu #warga #gaza #menunggu #izin #dari #mesir

KOMENTAR