Pasukan Israel Pergi, Warga Palestina Tetap Kembali ke Rumah Mereka yang Hancur di Khan Younis
Dalam Keaadan Hancur, Warga Palestina Tetap Kembali Ke Rumah Mereka di Khan Younis. (Ahmed Zaqout/Anadolu/Getty Images)
11:57
9 April 2024

Pasukan Israel Pergi, Warga Palestina Tetap Kembali ke Rumah Mereka yang Hancur di Khan Younis

 Ribuan warga Palestina dikabarkan berjalan dengan susah payah kembali ke kota Khan Younis yang telah hancur pada hari Senin.

Dilansir dari The Guardian, dalam keadaan cukup kelelahan karena perang yang tak henti-hentinya selama enam bulan, warga kembali sehari setelah pasukan Israel pergi dari Gaza selatan.

Banyak dari mereka yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari dekat Rafah, dan berjuang untuk menemukan rumah yang telah hancur akibat kekuatan pemboman.

Terlihat bahwa di lingkungan itu dipenuhi dengan bau kematian, tempat keluarga dan tetangga bekerja untuk menggali mayat yang telah lama terkubur di dalam reruntuhan.

Mundurnya divisi ke-98 Israel dari Gaza selatan pada hari Minggu, hari yang menandai enam bulan sejak dimulainya perang.

Hal ini membingungkan banyak komentator Israel, dan beberapa orang berpendapat bahwa hal itu menandakan berakhirnya pertempuran berintensitas tinggi di Gaza.

Kepergian pasukan tersebut kini hanya menyisakan dua brigade Israel di dalam Gaza yang bertugas menjaga pemisahan fisik bagian utara dan selatan jalur tersebut.

Video dari Khan Younis pada hari Senin menunjukkan pemandangan gedung-gedung bertingkat yang hancur, beberapa dinding dirusak oleh grafiti Ibrani, dan orang-orang berebut puing-puing.

Dengan sekitar 55% bangunan di kota tersebut hancur atau rusak, banyak orang yang kembali ke lingkungan asal di kota terbesar kedua di Gaza, mereka terlihat sangat emosional.

“Kami berharap bisa menemukan rumah itu atau sisa-sisanya atau mengambil sesuatu dari sana untuk melindungi kami,” kata Qandil, 46, salah satu dari mereka yang kembali ke Khan Younis, kepada AFP.

juga memiliki ciri khas pembawaan komedinya dengan materi yang santai.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pasukan #israel #pergi #warga #palestina #tetap #kembali #rumah #mereka #yang #hancur #khan #younis

KOMENTAR