Israel Pertimbangkan Kekhawatiran AS atas Operasi Militer di Rafah, Israel-AS Gelar Rapat Virtual
Tenda-tenda darurat yang digunakan keluarga Palestina mengungsi demi mencari perlindungan di distrik El-Mavasi, Rafah Gaza Selatan, di tengah serangan Israel yang masih terus berlanjut, 9 Februari 2024. Anadolu Agency/Abed Zagout 
13:10
2 April 2024

Israel Pertimbangkan Kekhawatiran AS atas Operasi Militer di Rafah, Israel-AS Gelar Rapat Virtual

Israel setuju untuk mempertimbangkan kekhawatiran AS atas Rafah. Diskusi tindak lanjut akan mencakup pertemuan tatap muka paling cepat minggu depan, kata pernyataan bersama

Israel telah setuju untuk mempertimbangkan kekhawatiran AS atas potensi operasi militer di kota Rafah di Gaza selatan, kata pernyataan bersama setelah pertemuan virtual pada Senin antara pejabat dari kedua belah pihak.

Selama konferensi video, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bersama Menteri Luar Negeri Antony Blinken membentuk Kelompok Konsultatif Strategis (SCG) dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Tzachi Hanegbi dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer, kata pernyataan itu.

“Pihak Israel setuju untuk mempertimbangkan kekhawatiran ini dan mengadakan diskusi lanjutan antar para ahli, yang diawasi oleh SCG. Diskusi lanjutan akan mencakup pertemuan tatap muka SCG pada awal minggu depan,” kata pernyataan itu.

Kedua belah pihak, yang diwakili oleh para ahli dan pejabat senior dari masing-masing lembaga, melakukan hubungan konstruktif mengenai Rafah selama dua jam, menurut pernyataan itu.

“Mereka sepakat bahwa mereka mempunyai tujuan yang sama untuk melihat Hamas dikalahkan di Rafah. Pihak AS menyatakan keprihatinannya dengan berbagai tindakan di Rafah,” tambahnya.

Pembicaraan tersebut awalnya direncanakan secara tatap muka sebelum AS abstain dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Sebelumnya pada hari yang sama, juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre membenarkan bahwa para pejabat AS dan Israel bertemu secara virtual untuk membahas rencana Israel untuk melakukan operasi di Rafah.

Rafah adalah rumah bagi sekitar 1,4 juta warga Palestina, yang sebagian besar menjadi pengungsi dalam enam bulan terakhir akibat pemboman intensif tentara Israel.

Meskipun meningkatnya penolakan internasional terhadap rencana Israel untuk menyerang Rafah, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk melancarkan serangan darat ke kota tersebut.

Washington mendesak Israel untuk tidak melakukan tindakan tanpa rencana untuk menjamin keselamatan warga sipil Palestina.

Begini Pernyataan Gedung Putih

Israel ‘setuju’ untuk mempertimbangkan kekhawatiran AS di Rafah: Gedung Putih.

Para pejabat tinggi Amerika dan Israel mempunyai ‘keterlibatan konstruktif mengenai Rafah’ dalam pembicaraan yang sebelumnya ditunda oleh Perdana Menteri Israel Netanyahu.

Para pejabat Israel telah sepakat untuk mempertimbangkan “kekhawatiran” Amerika Serikat tentang kemungkinan invasi Rafah di Gaza setelah pertemuan virtual, kata Gedung Putih.

Masih belum jelas apakah perundingan pada hari Senin akan mendorong Israel untuk menunda atau membatalkan rencana serangannya terhadap kota Gaza selatan yang padat, tempat ratusan ribu warga Palestina berlindung.

Pejabat dari kedua negara memiliki “keterlibatan konstruktif terhadap Rafa”, kata Gedung Putih AS dalam sebuah pernyataan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para ahli pemerintah dan perwakilan senior, termasuk Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan timpalannya dari Israel Tzachi Hanegbi, menurut pernyataan itu.

“Pihak AS menyatakan keprihatinannya terhadap berbagai tindakan di Rafah. Pihak Israel setuju untuk mempertimbangkan kekhawatiran ini dan melakukan diskusi lanjutan antar para ahli,” kata Gedung Putih, seraya menambahkan bahwa diskusi lebih lanjut akan diadakan, termasuk pertemuan lainnya pada awal minggu depan.

Kemungkinan invasi ke Rafah telah menjadi titik pertikaian publik yang jarang terjadi antara pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan Israel.

Kota yang terletak di perbatasan dengan Mesir ini kini menjadi rumah bagi lebih dari 1,5 juta orang, yang sebagian besarnya terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat serangan Israel. Rafah juga merupakan pintu gerbang utama bantuan kemanusiaan mencapai wilayah tersebut.

Para pejabat AS telah memperingatkan bahwa operasi darat di Gaza akan menjadi sebuah “kesalahan”, dan menekankan bahwa warga sipil yang terjebak di kota tersebut tidak punya tempat lain untuk pergi. Washington juga telah menyatakan keprihatinannya atas potensi dampak serangan darat terhadap situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan di Gaza.

Namun Israel menekankan bahwa serangan besar-besaran di Rafah diperlukan untuk mengalahkan batalyon Hamas yang tersisa.

AS mengatakan pihaknya memiliki tujuan yang sama untuk melenyapkan Hamas, namun ada metode alternatif untuk menargetkan kelompok Palestina tanpa melakukan invasi besar-besaran ke Rafah.

Sekutu Israel di Eropa juga menyuarakan penolakan terhadap serangan Rafah.

Pembicaraan pada hari Senin awalnya ditetapkan untuk bulan lalu. Namun pertemuan tersebut dijadwal ulang setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membatalkan delegasi Israel ke Washington, DC, sebagai protes terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata, yang tidak diveto oleh pemerintahan Biden.

Sebelumnya pada hari Senin, juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan pertemuan itu diadakan secara virtual karena AS ingin “bergerak sangat cepat” mengenai masalah ini.

“Jika mereka ingin melanjutkan operasi militer, kita harus melakukan pembicaraan ini. Kami harus memahami bagaimana mereka akan bergerak maju,” kata Jean-Pierre kepada wartawan.

Meskipun ada peringatan terhadap invasi Rafah, pemerintahan Biden telah berulang kali mengatakan bahwa tidak ada garis merah di Gaza yang akan menghalangi pengiriman bantuan dan senjata AS ke Israel.

Perang di Gaza telah menewaskan hampir 33.000 warga Palestina, dan blokade Israel terhadap wilayah tersebut telah membawanya ke ambang kelaparan.

(Sumber: Anadolu Ajansı, aljazeera)

Tag:  #israel #pertimbangkan #kekhawatiran #atas #operasi #militer #rafah #israel #gelar #rapat #virtual

KOMENTAR