Tak Hanya Menyetujui Pengiriman Bom, AS Dilaporkan Segera Mengirim Jet Bernilai Miliaran Kepada Israel
Tentara Israel mengendarai jip militer di sepanjang perbatasan Israel-Gaza. Sumber Foto: Amir Cohen/Reuters.
07:15
31 Maret 2024

Tak Hanya Menyetujui Pengiriman Bom, AS Dilaporkan Segera Mengirim Jet Bernilai Miliaran Kepada Israel

 

 - Beberapa hari terakhir, Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah mengizinkan pengiriman bom dan jet tempur senilai miliaran dolar ke Israel.

Dilansir dari The Guardiaan, Minggu (31/3), hal itu dilakukan ketika Washington secara terbuka menyatakan keprihatinannya mengenai kemungkinan serangan militer Israel di Rafah.

Paket senjata baru tersebut mencakup lebih dari 1.800 bom MK-84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK-82 seberat 500 pon, menurut laporan di Washington Post.

Paket tersebut muncul ketika Israel menghadapi kritik keras internasional atas kampanye pengeboman dan serangan darat yang terus berlanjut di Gaza dan ketika beberapa anggota partai Joe Biden menyerukan agar dia menghentikan bantuan militer AS.

Amerika Serikat telah mengerahkan pertahanan udara dan amunisi ke Israel, namun  Demokrat dan beberapa kelompok  Arab Amerika mengkritik dukungan teguh pemerintahan Biden terhadap Israel, yang menurut mereka memberikan rasa impunitas.

Biden pada hari Jumat mengakui kepedihan yang dirasakan oleh banyak orang Arab-Amerika atas perang di Gaza dan atas dukungan AS terhadap Israel dan serangan militernya.

Meski begitu, ia berjanji akan terus memberikan dukungan kepada Israel meskipun terjadi perselisihan publik dengan Benjamin Netanyahu, perdana menteri Israel.

Dengan kabar tersebut, Gedung Putih menolak untuk memberikan komentar mengenai transfer senjata tersebut, Kedutaan Besar Israel di Washington juga tidak segera menanggapi permintaan komentar yang ada.

Keputusan mengenai senjata ini menyusul kunjungan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant ke Washington minggu ini ketika ia membahas kebutuhan senjata Israel dengan rekan-rekannya di AS.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Gallant, yang tampaknya berusaha meredakan ketegangan AS-Israel.

Ia menekankan pentingnya hubungan AS terhadap keamanan negaranya dan menjaga keunggulan militer kualitatif Israel di kawasan, termasuk kemampuan udaranya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hanya #menyetujui #pengiriman #dilaporkan #segera #mengirim #bernilai #miliaran #kepada #israel

KOMENTAR