Perang Rusia-Ukraina Hari ke-764: Kharkiv Dibom Rusia, Zelensky Ngamuk
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat ia menyampaikan konferensi pers akhir tahun di Kyiv pada 19 Desember 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. - Rusia jatuhkan bom ke kota Kharkiv, Ukraina timur laut pada Rabu (27/3/2024), Zelensky mengecam serangan itu dan menyebut sebagai bentuk teror Rusia. 
11:00
28 Maret 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-764: Kharkiv Dibom Rusia, Zelensky Ngamuk

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-764 pada Kamis (28/3/2024).

Rusia menjatuhkan bom ke Kota Kharkiv, Ukraina timur laut pada Rabu (27/3/2024).

Sedikitnya satu warga sipil tewas dan 16 lainnya terluka.

Serangan udara tersebut memicu kerusakan yang dahsyat lantaran bom menghantam beberapa tempat tinggal.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengecam serangan itu dan menyebutnya sebagai bentuk teror Rusia.

Zelensky mendesak sekutu Ukraina untuk mempercepat pengiriman pesawat tempur dan sistem pertahanan udara menyusul serangan di Kharkiv.

"Tidak ada penjelasan rasional mengapa patriot, yang jumlahnya banyak di seluruh dunia, masih belum mengamankan langit Kharkiv dan kota-kota lain," ucap Zelensky, mengarah pada rudal yang dijanjikan diberikan untuknya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Kharkiv, Volodymyr Tymoshko menduga bahwa Moskow menggunakan bom berpemandu jenis baru, yang ia gambarkan sebagai UMPB D-30.

"Mungkin ini (senjata) antara bom udara perpemandu yang Rusia gunakan baru-baru ini atau sebuah rudal. Bisa juga bom terbang," urainya.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-764:

  • Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan pilot militer Rusia dan menyebut bahwa pasokan jet tempur F-16 ke Ukraina tidak akan mengubah situasi di medan perang.

"Tapi mereka bisa membawa senjata nuklir dan Moskow harus mempertimbangkan hal itu dalam perencanaan militernya," kata Presiden Rusia.

Sebelumnya pada hari Rabu (27/3/2024), Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan jet-jet tersebut akan tiba di Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

  • Seorang kepala mata-mata Ukraina mengisyaratkan adanya kampanye pembunuhan rahasia yang “mungkin” dilakukan oleh agen mata-mata SBU Ukraina, tujuannya untuk memusnahkan warga negara Ukraina yang bekerja sama dengan Rusia.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi dengan stasiun televisi nasional Ukraina, ICTV, Kepala SBU, Vasyl Malyuk, mengatakan mata-mata Ukraina telah menargetkan “sangat banyak” orang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan serangan terhadap warga Ukraina."

Salah satu sasaran utama adalah Vladlen Tatarsky, propagandis pro-Rusia kelahiran Ukraina.

Tatarsky terbunuh pada tahun 2023 kemarin setelah dia menerima patung berisi bahan peledak di sebuah kafe di St Petersburg.

  • SBU telah menahan dua orang yang diduga agen badan intelijen Rusia yang dituduh menyerahkan lokasi sasaran militer sensitif kepada pasukan musuh.

“Sebagai hasil dari operasi khusus, dua agen FSB [Rusia] ditahan di Kyiv dan Odesa,” kata SBU dalam sebuah pernyataan.

Kedua penjahat ditahan saat sedang memata-matai target potensial penjajah.

Salah satu tersangka memotret pembangkit listrik tenaga panas, seolah-olah untuk membantu Rusia dalam membombardir infrastruktur energi Ukraina.

Keduanya didakwa melakukan kolaborasi dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

- Pengadilan Rusia telah menghukum Lucy Shtein, anggota kelompok feminis Pussy Riot dan mantan wakil kota di Moskow.

Shtein dihukum enam tahun penjara secara in absensia karena postingan anti-perang di media sosial, Reuters melaporkan layanan pers pengadilan mengatakan pada hari Rabu (27/3/2024).

Shtein (27) pada bulan Maret 2022 melalui unggahan di Twitter menuduh tentara Rusia “membom kota-kota asing dan membunuh orang”.

Shtein melarikan diri dari tahanan rumah di Moskow dan melarikan diri ke Islandia segera setelah invasi.

Pria itu dilaporkan memiliki kewarganegaraan Islandia.

Setidaknya 19.855 orang telah ditahan di Rusia karena mengungkapkan pandangan anti-perang sejak invasi besar-besaran tersebut, menurut OVD-Info.

  • Samsung mengatakan akan berhenti mendukung kartu pembayaran Rusia Mir pada layanan pembayaran selulernya mulai 3 April – sebagai akibat dari sanksi anti-perang.

Belum lama ini, Departemen Keuangan AS telah mengumumkan sanksi terhadap sistem kartu pembayaran nasional Rusia, entitas milik bank sentral yang mengoperasikan Mir.

  • Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, akan membahas dukungan untuk Ukraina selama pembicaraan di Paris minggu depan dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, seperti yang diumumkan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Setelah Paris, Blinken akan menuju ke Brussels.

Agenda Blinken di Brussels yakni melakukan pembicaraan dengan para menteri luar negeri NATO, menjelang pertemuan puncak peringatan 75 tahun aliansi tersebut di Washington pada bulan Juli.

Blinken juga akan mengadakan pertemuan tiga arah di Brussels dengan para pemimpin Uni Eropa dan perdana menteri Armenia, Nikol Pashinyan , yang ingin memperluas aliansi Armenia dengan Rusia .

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #kharkiv #dibom #rusia #zelensky #ngamuk

KOMENTAR