Relawan INH: Wilayah Gaza Utara Minim Bantuan Kemanusiaan
Relawan Lembaga kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan paket bantuan kemanusiaan ke lokasi terisolasi di Jalur Gaza Utara tepatnya di kamp pengungsian Jabalia, Bait Lahia, Bait Hanoon, Shaikh Radwan dan Shojayah. 
19:40
21 Maret 2024

Relawan INH: Wilayah Gaza Utara Minim Bantuan Kemanusiaan

Kamp pengusian, Jabalia, Bait Lahia, Bait Hanoon, Shaikh Radwan dan Shojayah di Gaza Utara saat ini menjadi lokasi terparah sejak terjadinya penyerangan tentara Israel sejak 7 Oktober 2023 silam.

Berdasar laporan Relawan Internasional Networking for Humanitarian (INH) mengatakan, saat ini jalur Gaza bagian utara merupakan wilayah terparah, minim bantuan lantaran daerah tersebut telah hancur porak-poranda dan terisolir serta rawan dari ancaman maut.

"Hampir semua bangunan yang ada di lokasi tersebut rata dengan tanah, sementara bantuan kemanusiaan sangat minim yang masuk ke wilayah utara Gaza Utara,” kata Ibnu Hafidz Manager Program INH dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Selain itu, angka kematian di Jalur Gaza bagian utara tergolong sangat tinggi dan rumah sakit  dipenuhi pasien anak yang kelaparan dan kekurangan gizi akut. 

"Saat ini bantuan lebih banyak masuk ke wilayah Gaza bagian selatan seperti di kawasan Raffa, Khan Younis dan daerah-daerah perbatasan Mesir." katanya.

Kondisi ini yang mendorong INH memberikan bantuan kemanusiaan  merupakan hasil penggalangan dana dari masyarakat Indonesia kami salurkan ke titik-titik lokasi terparah sejak penyerangan tentara Israel yakni di Gaza Utara.

Bantuan kemanusiaan yang berhasil didistribusikan diantaranya, makanan hangat atau hot meal, bantuan musim dingin, uang tunai, air bersih siap minum, pakain untuk pengungsi dan paket sembako untuk keluarga korban perang dan genosida.

“Relawan terus bergerak cepat untuk bisa terus membantu pendistribusian makana dan logistik ke kamp-kamp pengungsian, seperti makanan siap saji yang kami masak dengan menggunakan kayu bakar karena minimnya bahan baku di sana,” imbuhnya.

Pada ramadan ini juga terus didistribusikan paket makanan siap saji untuk para pengungsi di wilayah Gaza Utara tersebut.

Sebelumnya, kantor kemanusiaan PBB sempat mengatakan mereka tidak dapat mengirimkan truk-truk bantuan ke utara Gaza lantaran perang di wilayah kantung yang terkepung tersebut berkecamuk. Bahkan PBB menyamakan Gaza Utara sebagai neraka dunia.

Editor: Erik S

Tag:  #relawan #wilayah #gaza #utara #minim #bantuan #kemanusiaan

KOMENTAR