Miris! Krisis Ekonomi di Argentina Sebabkan  Warganya Rela Mulung dan Mencari Makan di Tempat Sampah
Seorang pria mengumpulkan makanan dari sebuah kontainer tempat buah dan sayuran yang dibuang./Sumber Foto: (Reuters)
12:21
14 Maret 2024

Miris! Krisis Ekonomi di Argentina Sebabkan Warganya Rela Mulung dan Mencari Makan di Tempat Sampah

 

 

Krisis ekonomi yang melanda Argentina telah memaksa warga untuk mengambil langkah-langkah drastis demi bertahan hidup. 

:

Inflasi yang melonjak lebih dari 250 persen telah menyebabkan harga pangan meroket, mendorong lebih banyak orang untuk mencari sisa-sisa makanan di tempat sampah.

Menurut Sandra Boluch, seorang penjual buah dan sayuran di Buenos Aires, situasi ini sangat menyedihkan, terutama karena banyaknya orang lanjut usia yang terpaksa memulung untuk makan. 

“Situasinya sangat parah, orang-orang berbelanja sesedikit mungkin, dompet mereka benar-benar terpukul,” ungkap Boluch, dilansir dari Reuters, Kamis (14/3/2024).

Pemerintahan baru di bawah Javier Milei, yang menganut paham libertarian, telah mengambil langkah penghematan yang ketat dalam upaya menekan inflasi tiga digit. 

Namun, kebijakan ini telah menimbulkan tekanan besar bagi masyarakat.

Pemerintah telah memotong anggaran belanja negara dan memfokuskan subsidi pada utilitas dan transportasi, sementara program kesejahteraan disederhanakan. 

Pemerintah Argentina dijadwalkan akan merilis data inflasi bulan Februari pada hari Selasa ini, dengan perkiraan kenaikan bulanan sekitar 15,3 persen, turun dari lebih dari 20 persen pada bulan Januari dan 25 persen pada bulan sebelumnya. 

Inflasi tahunan di Argentina diperkirakan akan bertahan di atas 250 persen. Presiden Milei mengakui bahwa kondisi ekonomi pada bulan Maret mungkin akan menjadi rumit. 

Indikator ekonomi menunjukkan penurunan dalam penjualn, kegiatan, dan produksi.

Langkah-langkah penghematan yang diberlakukan pemerintah juga telah mempengaruhi pensiun, gaji pegawai negeri, dan investasi publik.

Ines Ambrosini, berusia 62 tahun, menggambarkan situasi harga pangan sebagai ‘sangat brutal’. 

Ia berusaha mencari penawaran terbaik di pasar grosir karena harga kebutuhan pokok seperti makanan, buah, sayuran, daging, dan produk susu yang mahal. 

Menurutnya, berbelanja di pasar tersebut setidaknya dapat membantu mengurangi beban pengeluaran.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #miris #krisis #ekonomi #argentina #sebabkan #warganya #rela #mulung #mencari #makan #tempat #sampah

KOMENTAR