VIDEO: Serangan Brutal Bom Cluster Rusia Hancurkan 2 Helikopter Ukraina yang 'Diparkir Sembarangan'
Serangan Rusia hancurkan dua unit heli militer Ukraina. 
02:40
14 Maret 2024

VIDEO: Serangan Brutal Bom Cluster Rusia Hancurkan 2 Helikopter Ukraina yang 'Diparkir Sembarangan'

- Ukraina kembali kehilangan alutsistanya setelah serangan bom cluster Rusia menghancurkan dua unit heli Mi-8/17 yang tengah diparkir di lapangan rahasia, tak jauh dari garis depan.

Dalam informasi yang dibagikan Kementerian Pertahanan Rusia, sejumlah helikopter Ukraina terdeteksi oleh sistem pengintaian udara mereka.

Masih menurut Kemhan Rusia, militer Ukraina menggunakan lapangan terbang tersebut untuk mengisi bahan bakar dan mempersenjatai kembali helikopter mereka. .

Pihak Rusia kemudian merilis rekaman video serangan terhadap helikopter tersebut, yang dimulai dengan serangan amunisi tandan yang kemungkinan berasal dari sistem peluncuran artileri Tornado-S 300 mm.

Meski mengalami kerusakan, salah satu helikopter rupanya berhasil lepas landas.

Sedangkan dua sisanya di darat kemudian menjadi sasaran rudal berpemandu presisi.

Meski tak dijelaskan, kemungkinan besar rudal itu adalah Kh-38 yang diluncurkan dari pesawat pembom tempur Su-34.

Ukraina sendiri telah mengkonfirmasi bahwa mereka kehilangan dua pilot yang berasal dari Brigade Penerbangan Angkatan Darat ke-12 Angkatan Darat Ukraina.

Kemungkinan besar pilotnya tidak tewas dalam serangan rudal Rusia karena kedua helikopter yang hancur di darat tampaknya telah ditinggalkan.

Namun ada kemungkinan bahwa pilot yang terbunuh itu menerbangkan helikopter ketiga yang berhasil lepas landas.

Helikopter tersebut mungkin jatuh karena kerusakan akibat munisi tandan, atau ditembak jatuh segera setelah melarikan diri.

Sekadar informasi, Ukraina mengoperasikan lebih dari 70 Mi-8 buatan Soviet, dua di antaranya disumbangkan oleh Lituania setelah dimulainya operasi militer khusus Rusia dua tahun lalu.

Pada periode yang sama, sekitar 28 Mi-17 buatan Rusia juga dipasok ke Ukraina oleh Amerika Serikat, Latvia, dan Slovakia.

Selain helikopter yang hilang dalam beberapa hari terakhir, pekan lalu sebuah jet tempur MiG-29 milik Angkatan Udara Ukraina jatuh di dekat kota Pokrovsk arah Donetsk.

Pada saat itu, beberapa sumber berita mengatakan bahwa MiG-29 Ukraina ditembak jatuh oleh jet tempur Rusia, yang diduga merupakan Su-35, sementara sumber lain melaporkan bahwa jatuhnya pesawat tersebut adalah akibat dari insiden tembak-menembak.

Pilot MiG Ukraina dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Kehilangan Banyak Alutsista dan Tentara

Petinggi Rusia sendiri mengklaim Kiev telah kehilangan 245 tentara di wilayah Donetsk selama beberapa hari terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia, Rabu (14/3/2024) memberikan data terbaru mengenai operasi militer khusus di Ukraina.

Kementerian itu dalam sebuah pernyataan, mengungkapkan, militer Ukraina kehilangan sekitar 245 personel, sebuah tank, 3 kendaraan tempur lapis baja, 5 kendaraan bermotor dan sistem rudal permukaan-ke-udara Strela-10.

Dalam serangan balik baterai, pasukan Rusia menghancurkan sistem artileri self-propelled AS-90 Braveheart buatan Inggris, sebuah howitzer D-20, 3 howitzer D-30, sistem artileri bermotor Gvozdika dan depot bahan bakar di arah Donetsk di atas 24 jam terakhir.

Militer Ukraina juga kehilangan 7 tank, 7 kendaraan tempur infanteri Bradley buatan AS, 2 pengangkut personel lapis baja, 4 kendaraan bermotor, satu howitzer M777 buatan AS, 2 howitzer D-20, satu howitzer D-30, dan sistem artileri bermotor Gvozdika. dan senjata artileri self-propelled Nona, jelasnya.

"Pasukan Rusia berhasil menghalau 12 serangan balik tentara Ukraina dan meningkatkan posisi garis depan mereka di daerah Avdeyevka dekat Donetsk selama sehari terakhir," demikian laporan Kemhan Rusia.

Pasukan Rusia juga menghancurkan sistem pertahanan udara Patriot buatan AS di posisi tembak di Wilayah Kharkov dan menyerang tenaga kerja dan peralatan militer Ukraina di 129 wilayah selama 24 jam terakhir, jelasnya.

Secara keseluruhan, Angkatan Bersenjata Rusia telah menghancurkan 577 pesawat tempur Ukraina, 269 helikopter, 15.362 kendaraan udara tak berawak, 485 sistem rudal permukaan-ke-udara, 15.464 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya.

Itu belum termasuk 1.238 peluncur roket ganda, 8.397 senjata artileri lapangan dan mortir serta 19.709 kendaraan bermotor militer khusus sejak dimulainya operasi militer khusus, demikian klaim kementerian Rusia melaporkan.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #video #serangan #brutal #cluster #rusia #hancurkan #helikopter #ukraina #yang #diparkir #sembarangan

KOMENTAR