Penampakan Bukti Peluru NATO di Tubuh Warga Palestina yang Dibantai Israel Saat Tunggu Bantuan
PELURU NATO - Penampakan peluru NATO 5,56x45mm yang ditemukan di tubuh banyak korban pembantaian tepung. Jenis peluru ini ditembakkan dari senjata tentara Israel. 
17:30
8 Maret 2024

Penampakan Bukti Peluru NATO di Tubuh Warga Palestina yang Dibantai Israel Saat Tunggu Bantuan

Pada Rabu (6/3/2024), Lembaga independen pemantau Hak Asasi Manusia, Euro-Med mengungkapkan beberapa perkembangan yang mengkonfirmasi keterlibatan penuh Israel dalam apa yang disebut Flour Massacre, Tragedi Tepung Berdarah.

Tragedi ini mengacu pada pembunuhan warga sipil Palestina yang ditembaki oleh Tentara Pendudukan Israel (IDF) saat menunggu  bantuan kemanusiaan pada dini hari Kamis lalu.

Euro-Med Monitor mengatakan, penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap insiden mengerikan di bundaran Nabulsi, barat daya Kota Gaza, memverifikasi peran IDF dalam pembantaian tersebut.

Laporan hasil penyelidikan Euro-Med Monitor itu menyertakan bukti-bukti termasuk jenis peluru yang digunakan.

Dalam pelansiran bukti ini, Euro-Med Monitor juga mengulangi seruan untuk penghentian aksi. penyelidikan internasional yang efektif untuk meminta pertanggungjawaban pejabat Israel.

peluru NATO 5,56x45mm tentara Israel PELURU NATO - Penampakan peluru NATO 5,56x45mm yang ditemukan di tubuh banyak korban pembantaian tepung. Jenis peluru ini ditembakkan dari senjata tentara Israel.

Bukti Peluru NATO 5.56x45 mm di Tubuh Para Korban

Banyak korban pembantaian tersebut menderita luka akibat peluru NATO 5.56x45mm; ini adalah jenis peluru yang ditembakkan dari senjata IDF.

Sampel dari 200 korban tewas dan luka-luka mengungkapkan kalau peluru jenis tersebut memang mengenai mereka dan peluru tersebut ditemukan dan diperiksa di lokasi pembantaian bersama dengan pecahan peluru yang ditemukan di tubuh korban luka dan tewas.

Setelah melakukan penyelidikan yang diperlukan terhadap jenis peluru khusus ini, Euro-Med Monitor menemukan kalau peluru tersebut digunakan pada senapan serbu seperti M4 dan Tavor, bersama dengan senapan mesin (senapan mesin ringan, atau LMG) seperti IWI Negev.

Analisis tambahan terhadap jenis amunisi khusus ini mengungkapkan bahwa amunisi 5,56x45mm adalah peluru FMJ dasar yang digunakan oleh tentara Israel.

Ia memiliki primer boxer, bubuk WC-844 (26,1 g), ujung baja hijau dan lapisan tembaga (62 gram (4,02 gram), kecepatan rata-rata 948 m/s (3.110 ft/s), dan pelepasan energi 1.797 J ( 1,325 kaki/pon).

Peluru jenis ini kadang-kadang diimpor dari Inggris, diproduksi pada tahun 2020/2022, dan dilisensikan untuk digunakan oleh Kementerian Pertahanan Israel.

Euro-Med menambahkan peluru ini juga diproduksi di Israel oleh IMI SYSTEMS, yang sebelumnya dikenal sebagai Perusahaan Industri Militer Israel.

Perusahaan ini memproduksi senjata, amunisi, dan teknologi militer dan secara rutin memasoknya ke IDF.

TANGKIS PELURU - Tangkapan layar video di media sosial yang menunjukkan tumpukan koin logam menangkis proyektif peluru hingga menyelamatkan nyawa seorang pria Palestina yang ditembaki Tentara Israel saat sedang menunggu datangnya truk bantuan di Gaza Utara, Kamis (29/2/2024). TANGKIS PELURU - Tangkapan layar video di media sosial yang menunjukkan tumpukan koin logam menangkis proyektif peluru hingga menyelamatkan nyawa seorang pria Palestina yang ditembaki Tentara Israel saat sedang menunggu datangnya truk bantuan di Gaza Utara, Kamis (29/2/2024). (tangkap layar twitter)

Bisa Menembus Baja

Kesaksian Muhammad Yasser Washah, seorang remaja berusia 17 tahun yang tinggal di lingkungan Al-Sabra Kota Gaza yang berada di bundaran Nabulsi selama pembantaian tersebut, didokumentasikan oleh Euro-Med Monitor.

Washah mengatakan, ada peluru yang mengenai kantong tepung yang dibawanya, namun untungnya, meski menembus kantong, namun tersangkut di jaketnya.

Setelah memeriksa peluru tersebut, Euro-Med Monitor menemukan bahwa bentuk dan dimensinya identik dengan yang dijelaskan di atas.

Tidak seperti peluru lain dengan diameter 5,56 mm, peluru ini memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menembus baja setebal 3 mm meskipun tidak dianggap sebagai penusuk lapis baja.

KELAPARAN - Ribuan warga Palestina menunggu datangnya truk bantuan yang ditujukan bagi jutaan pengungsi Gaza yang kelaparan. Pada Kamis (29/2/2024), tentara Israel menembaki kerumuman warga Palestina yang sedang menunggu datangnya bantuan ini, menghasilkan tragedi Tepung Berdarah yang menewaskan 112 warga sipil Palestia di Gaza Utara. KELAPARAN - Ribuan warga Palestina menunggu datangnya truk bantuan yang ditujukan bagi jutaan pengungsi Gaza yang kelaparan. Pada Kamis (29/2/2024), tentara Israel menembaki kerumuman warga Palestina yang sedang menunggu datangnya bantuan ini, menghasilkan tragedi Tepung Berdarah yang menewaskan 112 warga sipil Palestia di Gaza Utara. (tangkap layar/Photo Credit: AP Photo/Mahmoud Essa)

Kronologi Pembantaian

Menurut kesaksian baru-baru ini yang didokumentasikan oleh kelompok hak asasi manusia dari individu lain yang hadir pada pembantaian tersebut, IDF mulai menembak langsung warga sipil yang sedang menunggu bantuan pada pukul 04.10 pada hari Kamis, 29 Februari.

Pada pukul 05.30, IDF menyerbu lokasi berkumpulnya warga Palestina, di mana banyak orang terbaring terluka, terbunuh, atau berusaha melarikan diri.

Banyak orang di lokasi tersebut ditahan, sementara yang lain terpaksa mengungsi ke selatan Jalur Gaza. IDF langsung mengeksekusi orang lain dan meninggalkan tubuh mereka di pantai terdekat.

“Kami terkejut ketika tentara Israel muncul dan membawa sekelompok pemuda dari [Kota] Gaza,” seorang saksi mata yang tidak ingin disebutkan namanya karena alasan keamanan mengatakan kepada tim Euro-Med Monitor.

“Sebagian besar dari mereka mengungsi ke pantai, ada yang berada di bundaran Nabulsi, ada yang dievakuasi ke selatan, dan ada pula yang terbunuh dan ditinggalkan di pantai.”

Saksi mata menjelaskan, tentara IDF menangkap seorang dokter, Muhammad Awad, lalu melepaskannya. “Setelah dia menjauh beberapa langkah, mereka melepaskan tembakan ke arahnya dan melukai bahunya…Kami dikepung hingga pukul 06.30, dan orang-orang yang terluka memohon kepada kami untuk tidak meninggalkan mereka…Makanan dan tepung berlumuran darah. ketika aku pergi."

“Saya adalah sukarelawan paramedis,” kata seorang saksi mata kedua, yang juga tidak ingin disebutkan namanya karena alasan keamanan.

“Dengan harapan mendapat bantuan, saya berangkat ke Bundaran Nabulsi. Sebagai tindakan pencegahan, saya membawa tas pertolongan pertama karena saya tahu bahwa insiden serupa telah mengakibatkan penembakan.”

Sesaat sebelum pukul 04.30, saksi kedua mengatakan kepada Euro-Med Monitor bahwa truk-truk tersebut melewati pos pemeriksaan, dan IDF mulai menembak, melemparkan granat kejut dan bom asap. Tank kemudian maju, dan terjadilah pembantaian.

“Saya merawat beberapa orang yang terluka dengan pertolongan pertama. Saya menemukan bahwa beberapa orang menderita luka di dada sementara yang lain menderita luka di anggota badan. Saat saya mencoba mengeluarkan salah satu orang yang terluka, tank tersebut maju dan saya terpaksa meninggalkan tempat kejadian,” tambah saksi kedua. “Ada banyak orang yang tewas dan terluka.”

Dalam pernyataan sebelumnya, lembaga pemantau Euro-Med mengatakan bahwa tim penelitinya telah mengamati kejadian tersebut sejak awal dan mencatat bahwa tank-tank IDF melepaskan tembakan keras ke arah kelompok warga sipil Palestina yang berusaha mendapat bantuan kemanusiaan di barat dan selatan Kota Gaza.

Akibatnya, 112 warga sipil tewas dan 760 orang luka-luka, sementara banyak korban diyakini masih berada di wilayah sasaran.

Kelompok hak asasi manusia menyoroti empat bukti penting yang mengkonfirmasi keterlibatan penuh IDF dalam pembunuhan dan melukai warga sipil yang kelaparan, yang pertama adalah tanda-tanda luka pada tubuh orang yang tewas dan terluka.

Bukti kedua adalah rekaman yang dirilis oleh IOF sendiri, kata Euro-Med Monitor, yang mencakup bukti suara tembakan yang berasal dari tank IDF yang ditempatkan di dekat pantai.

Euro-Med Monitor juga menunjuk pada sebuah video udara yang diterbitkan oleh IDF, yang, meskipun telah banyak diedit, menangkap keadaan panik dan intimidasi yang menimpa seluruh warga sipil yang hadir – termasuk mereka yang berada jauh dari truk bantuan – dan mendorong para pengungsi untuk melakukan aksinya. Mereka melarikan diri ke segala arah untuk mencari perlindungan.

Euro-Med Monitor memperingatkan bahwa penembakan Israel terhadap warga sipil Palestina yang kelaparan yang menerima bantuan telah menjadi praktik biasa.

Dalam beberapa pekan terakhir, IDF secara langsung menyerang dan membunuh puluhan orang di Kota Gaza, termasuk di Jalan Salah Al-Din dan di sekitar bundaran Kuwait, di mana hal ini telah terjadi tidak kurang dari dua kali sejak Flour Massacre.

Serangan terbaru terjadi tadi malam, kata organisasi hak asasi manusia ketika banyak warga sipil terluka akibat kekerasan Israel di dekat bundaran Kuwait.

Upaya Genosida

Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Med mengatakan, upaya membuat rakyat Gaza kelaparan, membunuh orang-orang yang kelaparan, dan menghalangi masuknya serta distribusi pasokan kemanusiaan, terutama di Kota Gaza dan Jalur utara, menunjukkan tujuan Israel untuk menggusur paksa rakyat Palestina di sana sebagai bagian dari upaya Israel untuk melakukan genosida yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023.

Euro-Med Monitor menekankan, eksekusi di luar hukum yang dilakukan IDF dan pembunuhan ilegal yang disengaja terhadap warga sipil Palestina yang tidak mengambil bagian dalam permusuhan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional dan merupakan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana didefinisikan oleh Statuta Roma.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Kejahatan-kejahatan ini, yang dilakukan Israel terhadap rakyat Jalur Gaza sejak 7 Oktober, melanggar hak warga Palestina untuk hidup sesuai dengan hukum hak asasi manusia internasional, dan merupakan tindakan genosida.

Euro-Med Monitor menyerukan intervensi internasional yang lebih efektif dan tegas untuk memastikan pengiriman pasokan kemanusiaan yang aman, lengkap, dan andal ke Jalur Gaza, tanpa hambatan apa pun, dan dengan demikian menjamin penyediaan dan akses terhadap layanan penting dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan. untuk semua orang yang terkena dampak di sana.

(oln/euromed/jn/*)

Tag:  #penampakan #bukti #peluru #nato #tubuh #warga #palestina #yang #dibantai #israel #saat #tunggu #bantuan

KOMENTAR