Keluarga Sandera Israel Demo dengan Memblokir Jalan Dekat Markas Kementerian Pertahanan di Tel Aviv
Polisi Israel menembakkan meriam air untuk membubarkan para demonstran yang menghadiri protes terhadap pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menuntut pemilihan umum dini di Tel Aviv, Israel pada 24 Februari 2024. Mostafa Alkharouf / Anadolu 
13:20
8 Maret 2024

Keluarga Sandera Israel Demo dengan Memblokir Jalan Dekat Markas Kementerian Pertahanan di Tel Aviv

Keluarga sandera Israel di Gaza memblokir jalan dekat markas Kementerian Pertahanan di Tel Aviv.

Para pengunjuk rasa menuntut kesepakatan pertukaran sandera: media Israel.

Keluarga sandera Israel di Gaza menutup jalan utama dekat Kementerian Pertahanan pada hari Kamis untuk menuntut kesepakatan segera untuk membebaskan orang yang mereka cintai, menurut laporan media.

“Keluarga para sandera menutup jalan menuju daerah Kirya di pusat Tel Aviv, tempat kementerian pertahanan berada, setelah 153 hari kerabat mereka ditahan di Gaza,” lapor saluran swasta Israel, Channel 12.

Para pengunjuk rasa mengacungkan gambar para sandera dan spanduk bertuliskan: “Waktunya telah tiba” dan “Kesepakatan sekarang.”

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadapi kritik dari masyarakat dan politisi, termasuk mereka yang berada di Kabinet Perang, atas krisis sandera dan kegagalan mencapai jalan yang menjamin kepulangan mereka dengan selamat.

Beberapa pihak menuduhnya menghalangi kesepakatan pembebasan karena “perhitungan politik.”

“Tanpa kembalinya para tawanan, tidak akan ada kemenangan, melainkan kerusakan jangka panjang dan berkelanjutan terhadap ketahanan nasional Israel,” kata anggota Kabinet Perang Israel Gadi Eisenkot pada hari Kamis dalam pidatonya di konferensi tahunan Institut Kajian Keamanan Nasional Israel.

Sementara itu, Saluran Berita Al-Qahera milik swasta, yang dekat dengan pihak berwenang Mesir, mengutip sumber tingkat tinggi yang mengatakan pada hari Kamis bahwa konsultasi sedang berlangsung antara semua pihak untuk mencapai gencatan senjata sebelum bulan suci Ramadhan mendatang.

“Delegasi Hamas meninggalkan Kairo untuk berkonsultasi mengenai gencatan senjata, dan negosiasi akan dilanjutkan minggu depan,” kata sumber tersebut.

Negosiasi telah berlangsung di Kairo sejak Minggu, dengan Mesir, Amerika Serikat, Qatar dan Hamas menjadi perantara gencatan senjata antara Hamas dan Israel, kata Saluran Berita Al-Qahera pada Rabu.

Tel Aviv memperkirakan ada lebih dari 125 sandera di Gaza, sementara sumber resmi dari kedua belah pihak menunjukkan bahwa Gaza menahan setidaknya 8.800 warga Palestina di penjara.

Gencatan senjata diadakan selama satu minggu pada akhir November, di mana terdapat penghentian permusuhan, pertukaran tahanan dan bantuan kemanusiaan yang sangat terbatas memasuki Gaza.

Kesepakatan itu dimediasi oleh Qatar, Mesir dan Amerika.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menurut Tel Aviv menewaskan kurang dari 1.200 orang.

Lebih dari 30.700 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 72.000 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.​​​​​​​

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional ICJ. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(Sumber: Anadolu Agency)

Tag:  #keluarga #sandera #israel #demo #dengan #memblokir #jalan #dekat #markas #kementerian #pertahanan #aviv

KOMENTAR