Pembicaraan Gencatan Senjata, Hamas Ungkap Perundingan di Mesir Berlanjut Meski Israel Tidak Hadir
Posisi Koridor Philadelphia (alias Poros Salah Al-Din) di Jalur Gaza di sepanjang perbatasan dengan Mesir. Wilayah ini mau dikuasai Israel dengan dalih untuk sepenuhnya mengontrol pergerakan Hamas di Jalur Gaza. - Kelompok militan Hamas, Palestina mengatakan bahwa perundingan gencatan senjata di Mesir terus berlanjut meski Israel tidak hadir. 
15:00
7 Maret 2024

Pembicaraan Gencatan Senjata, Hamas Ungkap Perundingan di Mesir Berlanjut Meski Israel Tidak Hadir

Kelompok militan Hamas, Palestina mengatakan bahwa perundingan gencatan senjata di Mesir terus berlanjut meski Israel tidak hadir.

Negosiator dari Hamas, Qatar, dan Mesir berada di Kairo untuk membahas gencatan senjata selama 40 hari.

"Kami siap untuk mencapai penghentian komprehensif agresi terhadap rakyat kami, namun pendudukan (Zionis) masih menghindari hak perjanjian ini," kata Hamas dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Arabiya.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) terus membombardir Gaza ketika perundingan di Kairo berlangsung.

Shaban Abdel-Raouf, seorang tukang listrik Palestina, yang merupakan ayah dari lima anak di Kota Gaza yang sekarang tinggal di Khan Yunis, mengakui mendambakan gencatan senjata.

"Khan Yunis sedang diserang habis-habisan, sementara Amerika mengklaim ingin melindungi warga sipil," kata pria itu, kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

"Zionis menghancurkan rumah-rumah dan jalan-hjalan selama berbulan-bulan dan kita mendengar janji-janji palsu tentang gencatan senjata yang akan segera tercapai," lanjutnya.

Penduduk di Khan Yunis melaporkan adanya ledakan sepanjang malam dari udara dan darat.

Pesawat-pesawat tempur Israel juga menyerang daerah di kamp pengungsi al-Nuseirat dan kota Deir al-Balah di Gaza tengah, dan sebagian kota Rafah di selatan, kata para saksi mata.

Pejabat kesehatan di Gaza mengatakan jumlah orang yang dipastikan tewas dalam serangan Israel kini telah melampaui 30.700 orang, dengan 86 kematian dilaporkan dalam 24 jam terakhir, dikutip dari Al Jazeera.

Peristiwa terbaru dalam perang Israel-Hamas

  • Dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (7/3/2024), setidaknya lima orang tewas dalam pemboman Israel terhadap sebuah masjid di Jabalia al-Balad, Gaza utara.
  • Seorang pria berusia 15 tahun dan seorang pria berusia 72 tahun meninggal di Gaza utara akibat kekurangan gizi dan dehidrasi, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.
  • Otoritas perencanaan permukiman Israel telah mendorong izin pembangunan 3.500 unit perumahan ilegal baru di Tepi Barat yang diduduki.
  • Seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa tiga orang tewas dalam serangan Houthi terhadap kapal kargo True Confidence di Teluk Aden.
  • Afrika Selatan telah meminta Mahkamah Internasional untuk memerintahkan tindakan darurat tambahan terhadap Israel, yang menurut mereka melanggar tindakan yang sudah ada.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #pembicaraan #gencatan #senjata #hamas #ungkap #perundingan #mesir #berlanjut #meski #israel #tidak #hadir

KOMENTAR