Negosiasi Gencatan Senjata di Gaza Gagal Menjelang Ramadhan, Hamas: Kami Terus Berusaha
Anggota Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, yang bertopeng, berbaris dalam unjuk rasa di Kota Gaza pada 20 Juli 2022. - Alotnya perundingan gencatan senjata antara Hamas dengan Israel membuat negosiasi menjadi gagal. Padahal, bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Meski gagal, Hamas akan terus berusaha untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata. 
15:00
6 Maret 2024

Negosiasi Gencatan Senjata di Gaza Gagal Menjelang Ramadhan, Hamas: Kami Terus Berusaha

Kesepakatan gencatan senjata di Gaza berakhir gagal setelah tiga hari negosiasi dengan Hamas.

Perundingan yang dilakukan di Kairo, Mesir mengalami kebuntuan setelah Hamas menolak tawaran untuk membebaskan sekitar 100 sandera dan 30 sandera lainnya.

Meski begitu, Hamas akan terus berusaha untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Israel menjelang Ramadhan.

"Kami menunjukkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mencapai penghentian komprehensif agresi terhadap rakyat kami, namun pendudukan masih menghindari hak perjanjian ini," kata Hamas dalam sebuah pernyataan, Rabu (6/3/2024), dikutip dari Arab News.

Para perunding dari Hamas, Qatar, dan Mesir – namun bukan Israel – berada di Kairo untuk mencoba mencapai gencatan senjata selama 40 hari.

Sementara Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden pada Selasa (5/3/2024) mengatakan Hamas berhak menerima kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza dengan imbalan pembebasan sandera Israel.

Kesepakatan yang diberikan kepada Hamas, yakni pembebasan para sandera dan bantuan ke Gaza yang akan ditingkatkan demi menghindari kekurangan gizi akut.

AS pada hari Selasa telah merevisi pernyataan dalam rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mendukung "gencatan senjata segera yang berlangsung sekitar enam minggu di Gaza, bersamaan dengan pembebasan semua sandera".

Revisi ketiga dari rancangan undang-undang tersebut, kini mencerminkan pernyataan blak-blakan Wakil Presiden AS Kamala Harris yang menyerukan Israel untuk berbuat lebih banyak guna meringankan "bencana kemanusiaan" di Gaza.

Pembebasan sandera yang sakit, terluka, lanjut usia, dan perempuan akan menghasilkan gencatan senjata segera di Gaza setidaknya selama enam minggu.

"Fase pertama gencatan senjata ini juga akan memungkinkan gelombang bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza, dan memberikan waktu dan ruang untuk menjamin pengaturan yang lebih langgeng dan ketenangan yang berkelanjutan," kata Gedung Putih, dikutip dari Reuters.

Sebelumnya di Beirut, pejabat Hamas Osama Hamdan mengulangi tuntutan utama kelompoknya: diakhirinya serangan militer Israel, penarikan pasukan Israel, dan kembalinya seluruh warga Gaza ke rumah-rumah yang terpaksa mereka tinggalkan.

Dia mengatakan pertukaran tahanan tidak dapat dilakukan kecuali setelah gencatan senjata.

Israel hanya menginginkan jeda dalam upaya untuk mengeluarkan sandera dari Gaza dan memberikan lebih banyak bantuan, dan bersikeras bahwa mereka tidak akan mengakhiri konflik sebelum Hamas "dilenyapkan".

Washington, pendukung utama politik dan militer Israel dan sponsor perundingan tersebut, juga memberikan tanggung jawab kepada penguasa Gaza.

"Saat ini hal ini ada di tangan Hamas. Israel telah bekerja sama. Ada tawaran yang masuk akal," kata Biden.

"Jika kita sampai pada situasi di mana pertempuran terus berlanjut hingga Ramadhan, itu akan sangat berbahaya," lanjutnya.

Alotnya Perundingan

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (Kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani usai pertemuan dan konferensi pers mereka di Doha pada 13 Oktober 2023. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (Kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani usai pertemuan dan konferensi pers mereka di Doha pada 13 Oktober 2023. (KARIM JAAFAR / AFP)

Negosiasi selama tiga hari dengan Hamas mengenai gencatan senjata di Gaza, gagal mencapai terobosan.

Padahal, kurang dari seminggu lagi bulan suci Ramadhan akan tiba.

Hamdah Salhut dari Al Jazeera mengatakan pada hari Selasa bahwa putaran terakhir perundingan di Kairo, Mesir, "berakhir dengan kebuntuan" dan tidak jelas apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Israel mengatakan mereka menunggu tanggapan Hamas, sementara Hamas mengatakan mereka menunggu tanggapan Israel," katanya, dikutip dari Al Jazeera.

"Mediator yang berada di tengah-tengah berusaha menjembatani kesenjangan ini dengan mencoba menemukan solusi antara kedua belah pihak, namun tampaknya ada masalah yang tidak dapat diselesaikan," ungkapnya.

Hamas telah menolak untuk melepaskan sekitar 100 sandera yang disanderanya, dan sekitar 30 sandera lainnya, kecuali Israel mengakhiri serangannya, menarik diri dari Gaza dan melepaskan sejumlah besar tahanan Palestina, termasuk para pejuang yang menjalani hukuman seumur hidup.

Pejabat senior Hamas, Osama Hamdan mengatakan pada hari Selasa bahwa kelompoknya menginginkan gencatan senjata permanen, bukan jeda enam minggu, dan “penarikan total” pasukan Israel.

"Keamanan dan keselamatan rakyat kami hanya bisa dicapai dengan gencatan senjata permanen, diakhirinya agresi dan penarikan diri dari setiap inci Jalur Gaza," kata Hamdan di Beirut.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak secara terbuka tuntutan tersebut dan berulang kali berjanji untuk melanjutkan perang sampai Hamas dibubarkan.

Israel ingin Hamas menyerahkan daftar tawanan yang masih hidup, serta rasio tawanan per tahanan yang diupayakan dalam setiap kesepakatan pembebasan.

Pemimpin senior Hamas, Bassem Naim mengatakan kepada kantor berita AFP pada hari Senin bahwa kelompoknya tidak mengetahui siapa saja tawanan yang masih hidup dan mati.

"Siapa di antara (para tawanan) yang hidup atau mati, terbunuh karena serangan atau kelaparan, kami tidak mengetahui," kata Naim.

Pada pembicaraan Dialog Strategis AS-Qatar pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Hamas untuk menerima rencana gencatan senjata.

"Hamaslah yang harus mengambil keputusan mengenai apakah mereka siap untuk terlibat dalam gencatan senjata itu," kata Blinken.

"Qatar, Amerika Serikat, dan mitra kami akan selalu gigih untuk memastikan kesepakatan ini terwujud," lanjut Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

Dengan berakhirnya putaran terakhir diskusi, Hamas telah mengajukan proposal yang akan didiskusikan oleh para mediator dengan Israel dalam beberapa hari mendatang.

Setidaknya 1.139 orang tewas dan sekitar 250 tawanan dalam serangan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober.

Lebih dari 100 tawanan dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu pada bulan November.

Serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 30.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Nuryanti

Tag:  #negosiasi #gencatan #senjata #gaza #gagal #menjelang #ramadhan #hamas #kamiterusberusaha

KOMENTAR