Kepala Macan Tutul di India Terperangkap dalam Wadah Logam Selama 5 Jam, Ini Penampakannya
Ilustrasi macan tutul - eekor macan tutul di India berhasil diselamatkan setelah kepalanya terperangkap dalam wadah logam selama 5 jam. Insiden terjadi di distrik Dhule negara bagian Maharashtra, Minggu saat kucing besar itu masuk ke kandang sapi sebuah peternakan, untuk mencari makanan dan air. 
22:00
4 Maret 2024

Kepala Macan Tutul di India Terperangkap dalam Wadah Logam Selama 5 Jam, Ini Penampakannya

- Seekor macan tutul di India berhasil diselamatkan setelah kepalanya terperangkap dalam wadah logam selama 5 jam.

Insiden terjadi di distrik Dhule negara bagian Maharashtra, Minggu saat kucing besar itu masuk ke kandang sapi sebuah peternakan, untuk mencari makanan dan air.

Dilansir dari Independent, diduga hewan liar itu mencoba meminum air dari panci logam, namun kepalanya tersangkut di dalamnya, demikian laporan Hindustan Times.

Warga baru mengetahui kejadian itu, sekitar jam 2 pagi ketika kucing itu berusaha mengeluarkan kepalanya.

Penduduk desa segera memberi tahu departemen kehutanan yang mengirimkan tim ke lokasi kejadian.

Dibantu oleh tim petugas polisi untuk mengatur kerumunan warga, seorang petugas dokter hewan membius hewan tersebut untuk membawanya ke kantor departemen kehutanan.

Macan tutul tersebut diselamatkan dan akhirnya dilepaskan ke alam liar setelah diawasi selama beberapa jam.

“Operasi penyelamatan berhasil dilakukan. Setelah memastikan kondisi kesehatan macan tutul tersebut, ia dilepaskan ke alam liar oleh departemen kehutanan,” Savita Sonawane, petugas hutan di Departemen Kehutanan Dhule, mengatakan kepada ANI.

kepala harimau terperangkap123 Kepala seekor harimau terperangkap dalam wadah logam selama 5 jam

Jumlah macan tutul tersebut kemungkinan besar dipengaruhi oleh perburuan liar dan konflik manusia-satwa liar, menurut laporan Status of Leopards in India, yang menyatakan bahwa Maharashtra memiliki jumlah macan tutul tertinggi kedua di negara tersebut.

Populasi kucing di negara bagian tersebut meningkat dari 1.690 pada tahun 2018 menjadi 1.985 pada tahun 2022, sementara negara bagian Madhya Pradesh di India tengah memiliki jumlah maksimum macan tutul di negara tersebut yaitu 3.907 pada tahun 2022, naik dari 3.421 pada tahun 2018.

“Data menunjukkan bahwa populasi macan tutul tidak tumbuh seperti pertumbuhan populasi harimau. Jumlahnya hanya sedikit,” kata Y V Jhala, mantan dekan Wildlife Institute of India kepada The Indian Express.

Tag:  #kepala #macan #tutul #india #terperangkap #dalam #wadah #logam #selama #penampakannya

KOMENTAR