Perintah Resmi Joe Biden kepada Militer AS untuk Menyerang Yaman, Begini Pernyataan Lengkapnya
Presiden AS Joe Biden. Presiden mengarahkan pasukan militer AS untuk menyerang sejumlah sasaran yang digunakan milisi Houthi setelah serangan mereka terhadap kapal-kapal menuju Israel di Laut Merah. 
13:40
12 Januari 2024

Perintah Resmi Joe Biden kepada Militer AS untuk Menyerang Yaman, Begini Pernyataan Lengkapnya

Perintah resmi dari Presiden Ameriak Serikat, Joe Biden kepada militer Amerika Serikat untuk menyerang Yaman pada Kamis (11/1/2024).

Presiden mengarahkan pasukan militer AS untuk menyerang sejumlah sasaran yang digunakan milisi Houthi setelah serangan mereka terhadap kapal-kapal menuju Israel di Laut Merah.

Berikut pernyataan lengkap Presiden Biden mengenai serangan yang dilakukan Amerika Serikat dan sekutunya terhadap milisi Houthi di Yaman, seperti yang dirilis Gedung Putih dilansir dari The New York Times pada Kamis:

"Hari ini, atas arahan saya, pasukan militer AS – bersama dengan Inggris dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda – berhasil melakukan serangan terhadap sejumlah sasaran di Yaman yang digunakan oleh pemberontak Houthi untuk membahayakan kebebasan navigasi di salah satu wilayah di Yaman, saluran air paling penting di dunia".

"Serangan-serangan ini merupakan respons langsung terhadap serangan-serangan Houthi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap kapal-kapal maritim internasional di Laut Merah – termasuk penggunaan rudal balistik anti-kapal untuk pertama kalinya dalam sejarah".

"Serangan-serangan ini telah membahayakan personel AS, pelaut sipil, dan mitra kami, membahayakan perdagangan, dan mengancam kebebasan navigasi. Lebih dari 50 negara terkena dampak 27 serangan terhadap pelayaran komersial internasional".

"Awak kapal dari lebih dari 20 negara telah diancam atau disandera dalam tindakan pembajakan. Lebih dari 2.000 kapal terpaksa menyimpang ribuan mil untuk menghindari Laut Merah — yang dapat menyebabkan penundaan waktu pengiriman produk selama berminggu-minggu. Dan pada 9 Januari, Houthi melancarkan serangan terbesar mereka hingga saat ini – yang secara langsung menargetkan kapal-kapal Amerika".

"Respon komunitas internasional terhadap serangan-serangan sembrono ini bersatu dan tegas. Bulan lalu, Amerika Serikat meluncurkan Operation Prosperity Guardian – sebuah koalisi lebih dari 20 negara yang berkomitmen untuk membela pelayaran internasional dan mencegah serangan Houthi di Laut Merah".

"Kami juga bergabung dengan lebih dari 40 negara dalam mengutuk ancaman Houthi. Pekan lalu, bersama dengan 13 sekutu dan mitra, kami mengeluarkan peringatan tegas bahwa pemberontak Houthi akan menanggung konsekuensinya jika serangan mereka tidak berhenti. Dan kemarin, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut Houthi mengakhiri serangan terhadap kapal dagang dan komersial".

"Tindakan defensif hari ini menyusul kampanye diplomatik yang ekstensif dan meningkatnya serangan pemberontak Houthi terhadap kapal-kapal komersial. Serangan yang ditargetkan ini merupakan pesan yang jelas bahwa Amerika Serikat dan mitra-mitra kami tidak akan menoleransi serangan terhadap personel kami atau membiarkan pihak-pihak yang bermusuhan membahayakan kebebasan navigasi di salah satu rute komersial paling penting di dunia. Saya tidak akan ragu untuk mengarahkan langkah-langkah lebih lanjut untuk melindungi rakyat kita dan arus bebas perdagangan internasional jika diperlukan".


Arab Saudi Sangat Prihatin, Serukan Menahan Diri

Arab Saudi mengungkapkan keprihatinan besar terhadap serangan Amerika Serikat dan Inggris di Yaman.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi telah menyerukan agar menahan diri dan menghindari eskalasi menyusul dimulainya serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman oleh AS dan Inggris.

“Kerajaan Arab Saudi sangat prihatin dengan operasi militer yang terjadi di Laut Merah dan penyerangan di sejumlah lokasi di Republik Yaman,” tulisnya dalam sebuah pernyataan.

Arab Saudi menyerukan untuk menahan diri
AS dan Inggris menargetkan lebih dari selusin tempat-tempat Houthi pada hari sebelumnya

Arab Saudi mengatakan pada Jumat pagi bahwa mereka sangat prihatin dengan operasi militer yang terjadi di wilayah Laut Merah dan serangan udara di beberapa lokasi di Yaman.

“Sementara Kerajaan menekankan pentingnya menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Laut Merah, di mana kebebasan navigasi merupakan tuntutan internasional [dan] kepentingan seluruh dunia, [Arab Saudi] menyerukan untuk menahan diri dan menghindari eskalasi konflik ringan. peristiwa yang disaksikan wilayah ini,” demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency.

Pernyataan itu muncul tak lama setelah AS dan Inggris mengumumkan bahwa mereka telah menyerang lebih dari selusin sasaran yang digunakan oleh Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Houthi telah melakukan 27 serangan terhadap pelayaran internasional sejak 19 November di Laut Merah, menurut militer AS.

Washington dan sejumlah negara sebelumnya telah memperingatkan kelompok tersebut untuk menghentikan serangannya atau menghadapi konsekuensinya.

Arab Saudi menyerukan untuk menahan diri setelah serangan udara di Yaman.

Arab Saudi menyerukan untuk menahan diri dan menghindari eskalasi sehubungan dengan serangan udara yang dilancarkan Amerika Serikat dan Inggris terhadap situs-situs yang terkait dengan gerakan Houthi di Yaman, kata kementerian luar negeri kerajaan Arab Saudi pada hari Jumat.

Arab Saudi, yang dalam beberapa bulan terakhir terlibat dalam perundingan damai dengan kelompok Houthi di Yaman, memantau dengan cermat situasi tersebut dengan keprihatinan yang besar, kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

“Kerajaan menekankan pentingnya menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Laut Merah, karena kebebasan navigasi di dalamnya merupakan tuntutan internasional,” tambah kementerian.

Gerakan Houthi, sebuah kelompok yang bersekutu dengan Iran dan menguasai sebagian besar Yaman setelah hampir satu dekade berperang melawan koalisi yang didukung Barat dan dipimpin Saudi, telah muncul sebagai pendukung kuat kelompok Islam Palestina Hamas dalam perangnya melawan Israel.

Kelompok ini telah menyerang kapal-kapal komersial yang dikatakan terkait dengan Israel atau menuju pelabuhan Israel.

Kepala perunding Houthi, Mohammed Abdulsalam, mengatakan pada hari Kamis bahwa serangan kelompok tersebut terhadap kapal komersial di Laut Merah tidak mengancam perundingan damai dengan Arab Saudi.

(Sumber: The New York Times, Al Jazeera, alarabiya)

Tag:  #perintah #resmi #biden #kepada #militer #untuk #menyerang #yaman #begini #pernyataan #lengkapnya

KOMENTAR