Kapal Fregat Jerman Tembak Jatuh 2 Drone Houthi di Laut Merah
Kapal perang Hessen milik Angkatan Laut Jerman yang menembak jatuh dua drone Houti di Laut Merah. 
11:00
29 Februari 2024

Kapal Fregat Jerman Tembak Jatuh 2 Drone Houthi di Laut Merah

Sebuah kapal fregat Jerman menembak jatuh 2 pesawat tak berawak (drone) di Laut Merah seiring dengan meningkatnya serangan oleh kelompok Houthi Yaman dan upaya Uni Eropa untuk melindungi pelayaran internasional

Menurut Kementerian Pertahanan Jerman, kapal fregat “Hessen” yang dioperasikan Angkatan Laut Jerman menembak jatuh drone tersebut dalam waktu 20 menit setelah masing-masing drone ditembakkan dari arah Yaman.

“Mereka dikenali oleh sistem radar dan memiliki jangkauan yang berbeda. Itu sebabnya dua senjata berbeda digunakan,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman.

Jerman dan beberapa negara Eropa turut berpartisipasi dalam misi keamanan di Laut Merah yang dipelopori oleh Uni Eropa.

Misi tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan navigasi bagi kapal-kapal komersial yang akan melintasi Laut Merah.

Serangan Houthi terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah membuat biaya pengiriman meningkat. Waktu pengiriman kargo juga terpengaruh karena kapal harus memutar melewati jalur lain.

Houthi, yang menguasai wilayah terpadat di Yaman, mengirimkan pemberitahuan resmi kepada pejabat pelayaran dan perusahaan asuransi tentang apa yang mereka sebut larangan terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel, Amerika Serikat, dan Inggris untuk berlayar di laut sekitar.

CEO 18 Insurance, Sebastian Hov mengatakan larangan dan serangan yang sedang berlangsung dapat menyebabkan perluasan wilayah yang dianggap tidak aman untuk navigasi laut, semakin membatasi kapasitas asuransi dan meningkatkan premi bagi kapal yang beroperasi di atau dekat wilayah tersebut.

“Meningkatnya biaya asuransi, serta pengalihan kapal ke rute yang lebih panjang untuk menghindari daerah berisiko tinggi, akan membebani rantai pasokan global,” katanya.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #kapal #fregat #jerman #tembak #jatuh #drone #houthi #laut #merah

KOMENTAR