Viral Drone Hizbullah Menggocek Apache Israel yang Gagal Mencegat, Lalu Drone Hantam Rumah Netanyahu
Beredar viral video saat-saat Drone Hizbullah menggocek Helikopter Apache Israel. Helikopter Apache Israel tersebut gagal mencegat drone Kamikaze Hizbullah tersebut, sebelum menghantam jendela rumah Benjamin Netanyahu. Video saat Helikopter Apache melintas bebas langit Israel itu terekam jelas, termasuk saat melintas dekat Helikopter Israel. 
23:20
23 Oktober 2024

Viral Drone Hizbullah Menggocek Apache Israel yang Gagal Mencegat, Lalu Drone Hantam Rumah Netanyahu

Beredar viral video saat-saat Drone Hizbullah menggocek Helikopter Apache Israel.

Helikopter Apache Israel  gagal mencegat drone Kamikaze Hizbullah tersebut, sebelum menghantam jendela rumah Benjamin Netanyahu.

Video saat Helikopter Apache melintas bebas langit Israel itu terekam jelas, termasuk saat melintas dekat Helikopter Israel.

Dilaporkan, sebuah pesawat nirawak Mirsad-1 milik Hezbollah Lebanon melewati sebuah Apache AH-64D milik IDF. 

Diklaim sebagai pesawat nirawak yang menghantam rumah Netanyahu. 

Peringatan Serangan Udara diaktifkan sudah sangat terlambat. 

 


 

 

 

 

 

Sebuah pesawat nirawak milik Hezbollah Lebanon (Mirsad-1, varian Shahed-101 dari Iran) terbang di dekat Apache

Drone tersebut dilaporkan terbang sekitar 70 kilometer dari Lebanon , dan langsung menghantam sebuah gedung di Caesarea. 

Serpihannya juga dikatakan menghantam gedung di dekat rumah Netanyahu. 
 
Helikopter Apache Israel berupaya tetapi gagal mencegat drone atau pesawat tak berawak dari Lebanon yang memasuki wilayah udara Israel dan mencapai Kaisarea, tempat pesawat itu menyerang dekat kediaman Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melaporkan bahwa pesawat tak berawak itu adalah salah satu dari tiga yang diluncurkan dari Lebanon, dengan dua lainnya berhasil dicegat dan dihancurkan.

Rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan helikopter AH-64 Apache mengejar pesawat  drone di atas Akko, di Israel barat laut. 

Meskipun helikopter Apache  sudah berusaha keras, pesawat nirawak itu berhasil menghindari intersepsi dan melanjutkan jalur penerbangannya, yang akhirnya menghantam sebuah bangunan di Kaisarea. 

Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tetapi insiden itu telah menimbulkan kekhawatiran serius tentang efektivitas tindakan pertahanan udara Israel.

Terlebih yang diserang adalah rumah Benjamin Netanyahu, perdana menteri Israel.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah serangan itu, alarm berbunyi di pangkalan Glilot dekat Herzliya, fasilitas gabungan yang digunakan oleh dinas intelijen Israel, Mossad, dan unit intelijen siber militer. 

Sebagai tanggapan, militer Israel menyatakan bahwa tidak ada kemungkinan penyusupan pesawat tanpa awak lebih lanjut pada saat itu, meskipun ada kekhawatiran awal.

Polisi Israel mengonfirmasi bahwa pasukan keamanan dikerahkan secara besar-besaran di sekitar Caesarea setelah terjadinya ledakan. 

Mereka melakukan pencarian menyeluruh di area tersebut untuk mencari sisa-sisa bahan peledak, sementara akses jalan di dekat kediaman Netanyahu ditutup sebagai tindakan pencegahan. 
Penghalang keamanan dan pos jaga didirikan di sekitar kediaman perdana menteri, dengan layanan darurat yang disiagakan.

Salah satu pesawat nirawak yang terlibat, yang diidentifikasi sebagai Sayyad 107, telah dikaitkan dengan Hizbullah. 

Menurut sumber keamanan Israel, ukuran pesawat drone yang kecil dan tanda radar yang rendah membuatnya sangat sulit dideteksi. 

Sayyad 107 dapat mengubah ketinggian dan arah secara berkala, sehingga menyulitkan pencegatan. 
Jenis pesawat nirawak ini juga dilaporkan terlibat dalam serangan sebelumnya di pangkalan pelatihan Brigade Golani di Binyamina, sebelah selatan Haifa.

SUMBER: X, defence-blog

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #viral #drone #hizbullah #menggocek #apache #israel #yang #gagal #mencegat #lalu #drone #hantam #rumah #netanyahu

KOMENTAR