Ukraina Buat UAV Baru Bernama Sting, Diklaim Bisa Terbang Cepat dan Tandingi Drone Shahed-136 Rusia
Drone Sting vs Shahed-136 
18:10
23 Oktober 2024

Ukraina Buat UAV Baru Bernama Sting, Diklaim Bisa Terbang Cepat dan Tandingi Drone Shahed-136 Rusia

Pembuat unmanned aerial vehicle (UAV) atau pesawat nirawak atau drone dari Ukraina, Wild Hornets, tengah mengembangkan pencegat baru yang dirancang untuk melawan amunisi Shahed-136 Rusia, lapor The Telegraph.

Dijuluki Sting, drone dengan sudut pandang orang pertama ini dibuat untuk terbang lebih cepat dari 100 mil per jam (sekitar 160,93 km/jam) pada ketinggian sekitar 10.000 kaki (3.048 meter).

The Telegraph juga melaporkan bahwa sistem penargetan kecerdasan buatan sedang dalam pengerjaan, meskipun saat ini Sting masih membutuhkan pilot.

Sebuah foto yang dipublikasikan oleh media tersebut, menunjukkan sebuah quadcopter yang dilengkapi muatan peledak besar dan kubah kamera.

Wild Hornets mengatakan, telah mengirimkan sekitar 14.000 drone ke pasukan Ukraina sejak awal 2023.

Lembaga tersebut, mengonfirmasi kepada Business Insider bahwa benar proyek Sting sedang dalam pengerjaan.

Wild Hornets mulai dikenal pada musim panas ini setelah meluncurkan pesawat nirawak udara yang dapat menyemburkan termit atau menembakkan senjata ringan.

Tidak jelas berapa kecepatan tertinggi Sting, tetapi kemungkinan besar harus setidaknya menyamai kecepatan Shahed-136 yang mencapai 115 mil per jam (185,07 km/jam).

Sting, drone dengan sudut pandang orang pertama Sting, drone dengan sudut pandang orang pertama (via The Telegraph)

Wild Hornets mengatakan pada bulan Agustus lalu, bahwa mereka telah memodifikasi beberapa pesawat nirawak mereka untuk menghancurkan UAV pengintaian.

Kini, Sting merupakan upaya mereka untuk membuat pesawat nirawak yang secara khusus dirancang untuk menghancurkan pesawat nirawak lain — khususnya amunisi yang berkeliaran.

Laporan The Telegraph tidak menyebutkan harga pasti pembuatan pesawat nirawak tersebut.

Namun, seorang sumber dari Wild Hornets mengatakan bahwa biaya rata-rata Sting puluhan kali lebih rendah daripada biaya pesawat nirawak Shahed.

Drone Shahed-136 umumnya diperkirakan berharga hanya $20.000 (sekitar Rp311 juta) per unit, yang berarti bahwa Sting, jika berhasil, akan membuat upaya pertahanan Ukraina jauh lebih murah.

Sebagian besar upaya pertahanan terhadap drone serang tersebut kini bergantung pada senjata konvensional, seperti rudal yang diluncurkan dari permukaan, yang harganya masing-masing dapat mencapai ratusan ribu dolar.

Misalnya, satu rudal yang ditembakkan oleh NASAMS yang dipasok AS di Ukraina harganya sekitar $1 juta (sekitar Rp15,5 miliar).

Ukraina telah mempertimbangkan untuk menggunakan meriam Gepard lama yang dipasok Jerman sebagai cara yang lebih murah untuk menjatuhkan drone Rusia.

Namun, Ukraina mengalami kesulitan dalam mendapatkan amunisinya, yaitu 35mm airburst buatan Swiss.

Sementara itu, Ukraina mengeluarkan seruan pada awal tahun 2024 untuk pengembang yang dapat merancang dan memproduksi drone pencegat.

Para pejabat mengatakan, persyaratan minimum adalah kecepatan terbang minimal 60 mil per jam (sekitar 96,56 km/jam) pada ketinggian 5.000 kaki (1.524 meter).

Di sisi lain, meskipun rancangannya berasal dari Iran, drone Shahed-136 kini diproduksi di dalam negeri oleh Rusia berdasarkan kesepakatan senjata dengan Teheran.

Moskow disebut-sebut memproduksi 6.000 unit Shahed-136 setiap tahun.

Ukraina dan Rusia Berlomba-lomba Tingkatkan Produksi Drone untuk Perang

Salah satu contoh drone FPV yang digunakan pasukan Ukraina Salah satu contoh drone FPV yang digunakan pasukan Ukraina (FACEBOOK OF THE GENERAL STAFF OF THE ARMED FORCES UKRAINE)

Meningkatnya penggunaan pesawat nirawak atau drone mendorong Ukraina dan Rusia untuk meningkatkan produksi masing-masing, sehingga memicu persaingan ketat di antara keduanya.

Saat ini, Kyiv tampaknya unggul.

Awal bulan ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan perusahaan pertahanan negara Ukraina dapat memproduksi 4 juta drone setiap tahunnya, mengutip Business Insider.

Berbicara di Forum Industri Pertahanan Internasional kedua di Kyiv, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina telah membuat kontrak untuk memproduksi 1,5 juta sistem tanpa awak.

Ia tidak menyebutkan jenis drone yang dimaksud.

Sementara itu, bulan September lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan Moskow bermaksud untuk meningkatkan produksi drone sepuluh kali lipat menjadi sekitar 1,4 juta per tahun.

Angka itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara tetangganya.

Penggunaan drone telah mendominasi medan perang di Ukraina.

Kedua belah pihak sama-sama menggunakannya untuk keperluan pertempuran dan pengumpulan intelijen.

Meskipun drone militer yang lebih tradisional masih digunakan, drone dengan pandangan orang pertama (FPV) lebih populer.

Drone FPV terbukti menjadi cara yang murah dan efektif untuk melakukan serangan presisi terhadap pasukan dan kendaraan.

Permintaan akan lebih banyak sistem tanpa awak telah mendorong Ukraina dan Rusia untuk meningkatkan produksi drone domestik mereka agar dapat memenuhi kebutuhan medan perang.

Ukraina telah menetapkan target produksi yang ambisius, terutama untuk pesawat nirawak FPV.

Namun, para pejabat mengatakan bahwa mereka akan melampaui target tersebut.

Kyiv juga telah membangun gudang senjata pesawat nirawak angkatan laut buatan sendiri, yang telah digunakan untuk menghancurkan Armada Laut Hitam Moskow, dan pesawat nirawak serang jarak jauh, yang digunakan untuk menyerang fasilitas militer dan energi utama di dalam Rusia.

Peningkatan produksi drone Ukraina dilakukan dalam upaya untuk memperkuat basis industri pertahanannya.

Ukraina berubah dari hampir tidak memproduksi senjata sebelum perang, menjadi memproduksi amunisi baru dengan kecepatan kilat.

"Dulu, industri pertahanan Ukraina tampak tidak berdaya. Namun, kini industri ini tengah menuju kepemimpinan, setidaknya di Eropa," kata Zelensky, Selasa (1/10/2024).

"Kini, industri-industri inilah yang membuat Ukraina kembali bangga."

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #ukraina #buat #baru #bernama #sting #diklaim #bisa #terbang #cepat #tandingi #drone #shahed #rusia

KOMENTAR