Ratusan Kendaraan Lapis Baja dan Sistem Senjata Ukraina Bantuan AS Terancam Mangkrak
Ilustrasi sistem peluncur rudal Patriot 
06:20
22 Pebruari 2024

Ratusan Kendaraan Lapis Baja dan Sistem Senjata Ukraina Bantuan AS Terancam Mangkrak

Ratusan sistem senjata dan kendaraan lapis baja bantuan Amerika Serikat di Ukraina terancam mangkrak.

Pasalnya, para teknisi Ukraina belum ada yang mampu melakukan pemeliharaan terhadap senjata-senjata dan kendaraan canggih tersebut.

Militer AS juga tak punya rencana untuk memelihara dan memperbaiki kendaraan dan sistem pertahanan udara yang telah disumbangkan Washington ke Ukraina untuk mengusir tentara Rusia dari wilayah mereka.

Selain itu, keterbatasan suku cadang terhadap alat-alat perang tersebut juga menjadi masalah tersendiri.

Inspektur Jenderal Pentagon Robert P Storch mengungkap dalam sebuah laporan, AS sejauh ini telah memberikan sebanyak 186 Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) Bradley dan 189 Stryker, 31 tank tempur utama Abrams, dan sistem pertahanan udara HIMARS dan Patriot dalam jumlah yang tidak ditentukan ke Ukraina.

"Ini menjadi kegagalan dalam membuat kemampuan Ukraina untuk berperang secara efektif menggunakan alat yang disediakan oleh AS," kata Storch dilansir oleh Russia Today, Kamis(22/2/2024)

Dijelaskan, Departemen Pertahanan AS “belum mengembangkan atau menerapkan rencana” untuk mempertahankan salah satu dari senjata-senjata tersebut.

Berdasarkan pernyataan para inspektur yang dikutip dalam laporan tersebut, yang memperingatkan bahwa tidak ada tanda-tanda bahwa persenjataan tersebut dapat dipertahankan setelah bulan Oktober 2024.

Semua sistem persenjataan tersebut diambil dari persediaan militer AS “tanpa batas,” di bawah Otoritas Penarikan Presiden (Presidential Drawdown Authority), menurut laporan tersebut.

"Jika praktik ini terus berlanjut, mungkin mengharuskan [Departemen Pertahanan] untuk memilih antara kesiapan unit [Ukraina] atau kesiapan unit Angkatan Darat AS,” kata seorang pejabat kepada para inspektur.

Kompleks industri militer AS telah kesulitan untuk mengganti sistem persenjataan yang dikirim ke Ukraina, karena kekurangan suku cadang dan kurangnya jalur produksi atau personel terlatih.

Pemeliharaan digambarkan dalam laporan tersebut sebagai “renungan” bagi Pentagon, yang fokus utamanya adalah mempersenjatai Ukraina “secepat mungkin.”

Seorang pejabat Komando Amerika di Eropa mengatakan kepada para inspektur bahwa “model yang ada saat ini tidak akan berkelanjutan atau efektif dalam jangka panjang.”

“Departemen Pertahanan memberi Ukraina kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara tanpa rencana untuk memastikan kegunaan jangka panjangnya,” kata Storch dalam sebuah pernyataan.

“Sementara Departemen Pertahanan saat ini sedang mengembangkan rencana tersebut, kurangnya pandangan ke depan dalam hal ini sangat mengkhawatirkan.”

Sistem peluncur rudal HIMARS. Lockheed Martin mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan industri Polandia untuk merancang kit modul peluncur-pemuat HIMARS untuk dipasang pada truk Jelcz 6X6 buatan Polandia. Pabrik HIMARS di Polandia akan mulai produksi pada 2025. Polandia memang berencana menjadi negara nomor satu di Eropa urusan kekuatan militer. Misi ini seturut ancaman keamanan yang muncul karena Rusia menginvasi Ukraina. Sistem peluncur rudal HIMARS. (Lockheed Martin)

Militer AS mengirimkan “suku cadang, amunisi, dan dukungan pemeliharaan yang terbatas” dan “tidak mengoordinasikan atau menyesuaikan upaya-upaya tersebut ke dalam rencana pemeliharaan yang komprehensif,” menurut laporan Storch.

Apa yang dikirim termasuk “beberapa” bahan habis pakai dan suku cadang untuk pemeliharaan lapangan, serta “barang tambahan berdasarkan pengalaman AS dalam mengoperasikan sistem senjata di Irak, Afghanistan, dan Suriah,” kata Storch.

Meskipun bantuan tidak diperlukan berdasarkan otoritas kongres saat ini untuk mengirim senjata ke Ukraina, “sistem senjata tidak akan mampu menjalankan misi” tanpa bantuan tersebut, kata laporan itu.

Setidaknya satu sistem Patriot AS telah dihancurkan oleh rudal hipersonik, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Serangan Ukraina tahun lalu menyebabkan beberapa kendaraan Bradley dan Stryker hancur dalam upaya untuk menyerang pertahanan Rusia. Sejauh ini belum ada laporan publik mengenai penggunaan tank Abrams dalam operasi tempur aktif.

Tank Abrams yang dikirim Pentagon ke Ukraina untuk melawan serangan militer Rusia. Tank Abrams yang dikirim Pentagon ke Ukraina untuk melawan serangan militer Rusia. (US Department of Defense)

Sementara akhir bulan lalu, Arkansas Online mengungkapkan senjata-senjata AS yang dikirim ke Ukraina belum terlacak.

Padahal senjata seperti drone kamkiaze, rudal dan kacamata malam hari yang telah dikirim tersebut harganya mencapai 1 miliar dolar AS.

Laporan Pentagon menyatakan, hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa benda-benda tersebut dapat dicuri atau diselundupkan ke Ukraina.

Saat Kongres sedang memperdebatkan apakah akan mengirim lebih banyak bantuan militer ke Ukraina.

Laporan inspektur jenderal Departemen Pertahanan, tidak memberikan bukti bahwa senjata tersebut telah disalahgunakan setelah dikirim ke pusat logistik militer AS di Polandia atau dikirim ke garis depan Ukraina.

Namun laporan tersebut menemukan bahwa para pejabat pertahanan dan diplomat AS di Washington dan Eropa telah gagal untuk secara cepat atau sepenuhnya memperhitungkan hampir 40.000 senjata yang menurut undang-undang seharusnya diawasi secara ketat karena dampaknya di medan perang, teknologi sensitif dan ukurannya yang relatif kecil menjadikan senjata-senjata tersebut sebagai hadiah yang menarik bagi penyelundup senjata.

“Tidak ada catatan mengenai inventarisasi yang dilakukan,” kata Robert P Storch, inspektur jenderal Pentagon, yang juga merupakan pengawas utama bantuan AS yang dikirim untuk membantu upaya perang Ukraina.

“Ini tidak berarti peralatan tersebut tidak ada, atau tidak digunakan,” katanya mengenai peralatan berisiko tinggi tersebut.

Namun “karena sensitivitasnya, kerentanannya terhadap pengalihan, atau penyalahgunaan, atau konsekuensi dari hal tersebut, sangat penting untuk melakukan pelacakan dan akuntabilitas tambahan,” kata Storch.

Laporan tersebut dikirim ke Kongres pada hari Rabu dan salinannya diberikan kepada The New York Times.

Inspektur jenderal Pentagon merilis versi yang telah disunting pada hari Kamis. Mereka tidak menyelidiki apakah ada senjata yang dialihkan untuk penggunaan terlarang, yang “di luar lingkup evaluasi kami untuk menentukannya,” katanya.

Jumlah senjata yang ditinjau dalam laporan tersebut hanya mewakili sebagian kecil dari sekitar 50 miliar dolarr peralatan militer yang dikirim Amerika Serikat ke Ukraina sejak tahun 2014, ketika Rusia merebut Krimea dan sebagian wilayah timur Donbas.

Sebagian besar senjata yang telah dikirimkan sejauh ini – termasuk tank, sistem pertahanan udara, peluncur artileri, dan amunisi – dijanjikan setelah invasi skala penuh Rusia pada Februari 2022.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #ratusan #kendaraan #lapis #baja #sistem #senjata #ukraina #bantuan #terancam #mangkrak

KOMENTAR