Kremlin Mengatakan Jika Penyelidikan atas Kematian Alexei Navalny Sedang Berlangsung
Bunga-bunga diletakkan di atas tugu peringatan di depan kedutaan besar Rusia di Berlin. (AFP-Yonhap)
08:18
20 Pebruari 2024

Kremlin Mengatakan Jika Penyelidikan atas Kematian Alexei Navalny Sedang Berlangsung

 - Kremlin mengatakan pada hari Senin (19/ 2), bahwa penyelidikan atas kematian Alexei Navalny sedang berlangsung, dan mengecam pernyataan kasar atas tanggung jawab Kremlin atas kematiannya.

Pihak berwenang Rusia sejauh ini menolak untuk menyerahkan jasad Alexei Navalny, yang dikenal sebagai pemimpin oposisi tersebut kepada kerabatnya. 

Pernyataan dari pihak berwenang Rusia membuat marah para pengikut Alexei Navalny, yang menuduh Kremlin sebagai pembunuh yang mencoba menutupi jejak mereka.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan kepada para wartawan pada hari Senin bahwa sebuah investigasi sedang berlangsung, dan bahwa semua tindakan yang diperlukan sedang dilakukan.

"Saat ini, hasil investigasi belum keluar, belum diketahui," kata Dmitry Peskov, seperti yang dikutip dari Korea Herald.

Para pemimpin Barat, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, mengatakan bahwa Putin bertanggung jawab atas kematian Navalny.

"Dalam kondisi seperti ini, ketika tidak ada informasi sama sekali tidak dapat diterima untuk membuat pernyataan kasar seperti itu," kata Peskov pada hari Senin, tanpa menyebutkan pernyataan mana yang dia maksud.

Navalny, pengkritik Putin yang paling vokal, meninggal pada hari Jumat (16/2) pada usia 47 tahun di penjara Arktik, dimana ia ditahan atas tuduhan yang dianggap berkampanye menentang Putin.

Peskov mengatakan pada Senin, bahwa ia tidak dapat mengatakan kapan jenazah Navalny dapat diberikan kepada keluarganya, karena itu bukan urusan kantor presiden.

Tim Navalny langsung merespons pernyataan tersebut, mengulangi tuduhan mereka bahwa Kremlin berusaha menyembunyikan kejahatan mereka, dalam sebuah unggahan di Telegram. 

"Tak ada yang suci bagi para sampah ini," tambah mereka.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kremlin #mengatakan #jika #penyelidikan #atas #kematian #alexei #navalny #sedang #berlangsung

KOMENTAR