Dr Atef al-Hout, Direktur Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis Ditahan dan Diinterogasi oleh Israel
Tentara zionis Israel telah menahan Dokter Atef al-Hout, direktur Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis. Dokter Atef al-Hout ditahan untuk diinterogasi ketika tentara Israel melanjutkan penyerangan ke rumah sakit Nasser yang berada di Khan Younis tersebut. 
13:50
19 Februari 2024

Dr Atef al-Hout, Direktur Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis Ditahan dan Diinterogasi oleh Israel

Tentara zionis Israel telah menahan Dokter Atef al-Hout, direktur Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis.

Dokter Atef al-Hout ditahan untuk diinterogasi ketika tentara Israel melanjutkan penyerangan ke rumah sakit Nasser yang berada di Khan Younis tersebut.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan keprihatinannya atas beralih fungsinya Rumah Sakit Nasser menjadi Barak Militer Israel.

Menurutnya, Rumah sakit tidak berfungsi lagi setelah dikepung tentara Israel selama beberapa hari.

"Rumah sakit Nasser di Gaza tidak berfungsi lagi, setelah pengepungan selama seminggu yang diikuti dengan penggerebekan yang sedang berlangsung. Baik kemarin maupun lusa, tim tidak diizinkan memasuki rumah sakit untuk menilai kondisi pasien dan kebutuhan medis kritis, meskipun telah mencapai kompleks rumah sakit untuk mengantarkan bahan bakar bersama mitranya".

"Masih ada sekitar 200 pasien di rumah sakit. Setidaknya 20 orang harus segera dirujuk ke rumah sakit lain untuk menerima layanan kesehatan; rujukan medis adalah hak setiap pasien. Biaya keterlambatan akan ditanggung oleh nyawa pasien. Akses ke pasien dan rumah sakit harus difasilitasi" kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di akun Twitternya.

Rumah Sakit Nasser sepenuhnya tidak berfungsi. Pasukan Israel mengubah rumah sakit terbesar di Khan Yunis menjadi barak militer sambil menahan para petugas kesehatan.

Rumah Sakit Nasser telah sepenuhnya tidak berfungsi setelah pasukan Israel mengubahnya menjadi pos militer dan menahan sejumlah besar petugas kesehatan di sana, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza pada 18 Februari.

Penahanan tersebut terjadi di tengah serangan udara Israel yang menewaskan 60 orang di Gaza dalam 24 jam terakhir.

Badan organisasi kesehatan dunia, WHO juga memastikan bahwa rumah sakit tersebut tidak lagi berfungsi setelah dikepung selama berminggu-minggu dan digerebek oleh militer Israel.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan bahwa selama dua hari terakhir pasukan Israel tidak mengizinkan tim WHO memasuki rumah sakit untuk menilai kondisi 200 pasien yang tersisa di sana, termasuk 20 orang yang dirawat di sana. perlu segera dirujuk ke rumah sakit lain untuk mendapatkan perawatan.

Rumah Sakit Nasser terletak di Khan Yunis di Gaza selatan. Ribuan pengungsi Palestina berlindung di sana dan di rumah sakit lain akibat pemboman Israel yang sedang berlangsung.

Di antara mereka yang dikhawatirkan akan ditahan adalah seorang ahli bedah umum, Dr. Khaled al-Serr, yang terus melakukan operasi ketika rumah sakit tersebut dikepung dan berbicara kepada media Barat tentang kondisi yang mengerikan di sana.

Tapi Dr. Serr belum terdengar kabarnya sejak Kamis.

Pada Sabtu malam, rekan-rekan dari kelompok Healthcare Workers Watch - Palestine, Gaza Medic Voices, dan Health Workers 4 Palestine mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan kekhawatiran Israel telah menahannya.

“Kami sangat prihatin bahwa militer Israel telah menculik dan menahan Khaled Al Serr secara tidak sah. Kami menuntut pembebasannya segera,” bunyi pernyataan tersebut, yang membagikan pesan, foto, dan video Serr.

“Selama hampir sebulan, kami telah berkonsultasi mengenai kasus-kasus dengan Khaled ketika dia melakukan operasi rumit yang jauh di luar keahliannya—hampir tidak ada pasokan medis dan peluru memantul dari ruang operasi. Dia telah mempertaruhkan nyawa dan anggota tubuhnya untuk menyelamatkan pasiennya.”

Tentara Israel mengklaim telah menangkap 100 orang yang "dicurigai melakukan aktivitas teroris" di rumah sakit.

Pada hari Jumat, setidaknya tujuh pasien di Rumah Sakit Nasser meninggal karena kekurangan oksigen setelah serangan militer Israel menyebabkan pemadaman listrik, kementerian kesehatan Gaza melaporkan.

Sejak 7 Oktober, militer Israel telah menargetkan semua aspek kehidupan di Gaza, termasuk rumah sakit, sekolah, masjid, dan gereja, sambil menghancurkan seluruh lingkungan dengan serangan udara dan penghancuran terkendali.

Kampanye militer Israel yang mengerikan telah menewaskan hampir 29.000 warga Palestina di Gaza sejak 7 Oktober, mayoritas perempuan dan anak-anak.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #atef #hout #direktur #rumah #sakit #nasser #khan #yunis #ditahan #diinterogasi #oleh #israel

KOMENTAR