Kapal Tanker Pengangkut Minyak Milik Inggris Pollux Rusak Dihantam Rudal di Laut Merah
HANCURKAN KAPAL- Yaman melancarkan serangan baru terhadap kapal dagang AS dan Inggris. Kapal Komersial AS Star Nasia dan Kapal Komersial Inggris Morning Tide Dirudal Yaman di Laut Merah 
23:20
17 Februari 2024

Kapal Tanker Pengangkut Minyak Milik Inggris Pollux Rusak Dihantam Rudal di Laut Merah

Yaman mengatakan telah menargetkan kapal tanker minyak Inggris di Laut Merah dengan serangan rudal langsung.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan dalam pernyataan video pada hari Sabtu bahwa serangan balasan menghantam kapal minyak Inggris Pollux di Laut Merah.

Dia mengatakan serangan itu, yang dilakukan dengan sejumlah besar rudal angkatan laut di jalur air strategis tersebut, akurat dan langsung.

Memuji serangan itu sebagai kemenangan bagi Palestina, Saree menggarisbawahi kelanjutan operasi militer di Laut Merah dan Laut Arab terhadap kapal-kapal Israel sampai agresi berhenti dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Gaza dicabut.

“Angkatan Bersenjata Yaman terus melakukan operasi militer mereka, memaksakan blokade terhadap navigasi Israel di Laut Merah dan Laut Arab sampai gencatan senjata tercapai dan pengepungan di Jalur Gaza dicabut,” kata juru bicara tersebut.

“Angkatan bersenjata Yaman tidak akan ragu untuk melaksanakan dan memperluas operasi militer mereka untuk membela Yaman tercinta dan untuk menegaskan solidaritas praktis yang berkelanjutan dengan rakyat Palestina,” tambahnya.

Sebelumnya, badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan insiden yang melibatkan kapal di Laut Merah terjadi 72 mil laut (133 km) barat laut pelabuhan Mokha di Yaman.

Kapal yang transit di pelabuhan Yaman “diserang oleh sebuah rudal dan melaporkan adanya ledakan di dekatnya,” kata badan tersebut, seraya menambahkan bahwa otoritas militer telah meresponsnya.

Angkatan Bersenjata Yaman juga menembakkan rudal ke kapal Inggris yang melewati Teluk Aden pada hari Kamis dan melakukan serangan langsung dalam operasi terbaru mereka sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

Angkatan bersenjata Yaman telah menargetkan kapal-kapal Israel dan mereka yang menuju pelabuhan Israel sejak November sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza yang telah menjadi sasaran serangan udara ganas dan invasi darat selama lima bulan.

Tentara Yaman mengatakan hanya kapal-kapal Israel, AS dan Inggris yang menjadi sasaran, dan menyatakan bahwa negara-negara lain dapat yakin akan keamanan muatan mereka.


Ansarullah: Yaman Tidak Boleh Menyerah pada AS

Mohammed Abdul-Salam, juru bicara gerakan perlawanan Ansarullah Yaman, mengatakan pada hari Jumat bahwa Sana'a tidak akan menyerah pada kebijakan hegemoni AS di kawasan Asia Barat dan akan terus melakukan serangan balasan terhadap kapal-kapal Israel di Laut Merah untuk mendukung Palestina.

Abdul-Salam membuat pernyataan itu dalam sebuah postingan di akun media sosial X-nya setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengembalikan Ansarullah Yaman ke dalam daftar kelompok “teroris” dan menjatuhkan sanksi keras terhadap gerakan perlawanan rakyat.

Abdul-Salam mengatakan Washington bertujuan untuk merugikan Yaman untuk mendukung Israel dan mendorong rezim tersebut untuk melanjutkan perang genosida terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, dan menggarisbawahi bahwa Yaman tidak akan mundur dari pendirian prinsip, moral dan kemanusiaan dalam mendukung Gaza.

“ASlah yang mendorong, mendukung, dan mendukung terorisme global dengan mendukung Israel, datang ke pantai kami, dan merambah wilayah kami, sedangkan kami tidak mengunjungi pantai dan pesisirnya,” ujarnya di X.

“Meskipun AS mungkin sudah terbiasa dengan ketundukan sejumlah rezim terhadap kebijakan arogan dan teroris mereka, hal ini tidak akan terjadi di Yaman,” tambahnya.

“Yaman akan terus mendukung Gaza dengan segala cara yang ada, dan akan terus mencegah kapal-kapal Israel atau mereka yang menuju pelabuhan Palestina yang diduduki sampai agresi Israel berhenti dan pengepungan terhadap Gaza dicabut.”


Yaman: AS Bakal Menyesali Keputusan Menjadikan Ansarallah Sebagai Organisasi Teroris

Wakil Menteri Luar Negeri di pemerintahan Yaman yang dipimpin Ansarallah di Sanaa, Hussein al-Ezzi, mengatakan pada 16 Februari bahwa AS telah memilih eskalasi dan akan segera menyesalinya.

Amerika Serikat kata Hussein al-Ezzi akan segera menyesali memasukkan Ansarallah Sebagai Organisasi Teroris.

Keputusan AS untuk menetapkan Ansarallah sebagai kelompok teror mulai berlaku pada hari Jumat, satu hari setelah serangan baru Yaman terhadap kapal Inggris.

“Amerika telah memilih jalur eskalasi dan akan segera merasakan besarnya kesulitan yang dihadapinya,” kata Ezzi melalui akunnya di X.

"Amerika telah memilih jalur eskalasi dan akan segera merasakan besarnya kesulitan yang ada. Selamat merayakan hari Jumat yang penuh berkah dengan kemenangan besar Yaman" tulisnya di akun X.

Komentarnya muncul hanya beberapa jam setelah keputusan AS baru-baru ini yang menetapkan gerakan perlawanan Ansarallah sebagai organisasi teroris mulai berlaku.

Pada 17 Januari, Washington mengumumkan rencana untuk menetapkan kembali Ansarallah sebagai kelompok teroris, efektif 30 hari setelah pengumuman tersebut.

Postingan Ezzi juga muncul sehari setelah Angkatan Bersenjata Yaman, yang secara militer bersekutu dengan Ansarallah, mengumumkan serangan baru terhadap kapal Inggris di Teluk Aden.

“Angkatan laut Angkatan Bersenjata Yaman melakukan operasi militer yang menargetkan kapal Inggris, ‘LYCAVITOS’, ketika kapal itu sedang berlayar di Teluk Aden. Penargetan dilakukan dengan rudal angkatan laut yang langsung menghantam kapal, Alhamdulillah,” kata juru bicara militer Yaman Yahya al-Saree pada 15 Januari.

Setelah perang di Gaza dimulai, tentara Yaman memulai operasi militer yang menargetkan kapal-kapal milik Israel atau yang terkait di Laut Merah, serta kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel.

Tindakan ini diambil untuk mendukung Palestina dan perlawanan di Gaza.

Sanaa telah berjanji untuk melanjutkan operasi ini sampai perang dan pengepungan di Gaza berakhir dan sampai bantuan yang cukup sampai ke Palestina.

AS dan Inggris melancarkan kampanye kekerasan terhadap Yaman bulan lalu sebagai tanggapan terhadap blokade Ansarallah dan tentara Yaman, yang mendorong Yaman untuk merespons dengan menyerang kapal-kapal AS dan Inggris.

Menteri Penerangan Yaman Dhaifallah al-Shami mengumumkan pada hari Rabu bahwa AS dan Inggris telah melakukan ratusan serangan di Yaman sejak bulan lalu.

Sanaa telah berulang kali mengatakan bahwa serangan AS dan Inggris tidak akan menghalangi Yaman untuk mengambil tindakan militer untuk mendukung Palestina.

Pada tanggal 8 Februari, Mohammad Ali al-Houthi, anggota Dewan Politik Tertinggi Yaman, bersumpah bahwa semua kapal militer asing akan segera diusir dari wilayah tersebut.

(Sumber: Pars Today, The Cradle)

Tag:  #kapal #tanker #pengangkut #minyak #milik #inggris #pollux #rusak #dihantam #rudal #laut #merah

KOMENTAR