Viral Fenomena Bola-bola Hitam Misterius di Pantai Coogee Gemparkan Warga Sydney
Fenomena bola-bola hitam misterius yang memenuhi sepanjang garis Pantai Coogey, Sydney, pada Selasa (15/10/2024). 
12:50
16 Oktober 2024

Viral Fenomena Bola-bola Hitam Misterius di Pantai Coogee Gemparkan Warga Sydney

- Pemandangan aneh yang terjadi di pantai Coogee pada Selasa (15/10/2024) pagi hari, membuat warga Sydney gempar.

Hal ini terjadi setelah wilayah pesisir kecil yang berlokasi di regional Randwick ini dipenuhi oleh bola-bola hitam misterius di sepanjang garis pantai.

Bulatan-bulatan misterius yang memenuhi pesisir Pantai Coogee tersebut, memiliki ukuran sebesar bola golf.

Karena asal muasalnya yang penuh misteri tersebut, pihak Dewan Regional Randwick memutuskan untuk menutup akses ke Pantai Coogee sepanjang hari Selasa.

Petugas lingkungan dari Dewan Regional Randwick pun mengumpulkan sejumlah sampel dari bola-bola misterius tersebut untuk diuji.

Selain itu, pihak Dewan Regional Randwick menyarankan agar warga sekitar tidak menyentuh bola-bola misterius tersebut sampai analisis laboratorium selesai dilakukan. 

Sehari setelah peristiwa viral tersebut, spekulasi terkait asal muasal bola-bola misterius di Pantai Coogee ini pun mulai menemui titik terang pada Rabu (16/10/2024) pagi ini.

Hal ini terjadi setelah patroli jetski milik Dewan Regional Randwick menemukan sejumlah lapisan minyak mentah mengapung di perairan lepas pantai Coogee.

Dikutip dari The Guardians, kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Walikota Regional Randwick, Dylan Parker.

Namun demikian, pihak berwenang belum dapat mengonfirmasi apakah penemuan lapisan minyak itu ada kaitannya dengan fenomena bola-bola hitam misterius di Pantai Coogee.

“Jetski telah melihat apa yang mungkin adalah lapisan minyak, tetapi ini masih dalam penyelidikan,” kata Parker.

Parker juga melaporkan bahwa fenomena bola-bola hitam tersebut, terjadi di Pulau Wedding Cake, yang terletak sekitar 1 kilometer dari pantai Coogee.

“Kami masih berusaha mencari tahu dari mana bola-bola ini berasal,” pungkasnya.

Menanggapi temuan tersebut, Dewan Regional Randwick dan Otoritas Perlindungan Lingkungan New South Wales (EPA) telah bekerja sama untuk menelusuri asal muasal bola-bola hitam misterius tersebut,

Kedua pihak berspekulasi bahwa bola-bola misterius itu terbentuk karena campuran antara minyak mentah dengan butiran pasir dan air yang menyebabkan fenomena "Bola Tar".

Fenomena "Bola Tar" sendiri sering terkait tumpahan atau rembesan minyak mentah ke laut lepas, namun demikian pihak EPA belum bisa memastikannya tanpa identifikasi menyeluruh.

Menteri Lingkungan New South Wales, Penny Sharpe, mengonfirmasi bahwa EPA bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan ilmuwan forensik untuk menentukan sifat pencemaran tersebut.

Pihak berwenang juga menyelidiki sumber kemungkinan tumpahan minyak dan menilai risiko yang mungkin ditimbulkan terhadap keselamatan publik dan kehidupan laut.

“Saran kami adalah agar orang-orang tidak berenang, dan Coogee ditutup,” kata Menteri Sharpe pada hari Rabu.

“Pantai lain aman, tetapi kami berharap dapat segera menemukan penyebab situasi yang cukup tidak biasa ini.” tutupnya.

(Tribunnews.com/Bobby)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #viral #fenomena #bola #bola #hitam #misterius #pantai #coogee #gemparkan #warga #sydney

KOMENTAR