Direktur FBI Ingatkan tentang Peretasan Tiongkok yang Dapat Mengancam Infrastruktur AS
Ilustrasi peretas data siber (Technofication)
09:12
2 Februari 2024

Direktur FBI Ingatkan tentang Peretasan Tiongkok yang Dapat Mengancam Infrastruktur AS

–Kepala FBI berikan peringatan bahwa Beijing siap untuk mengganggu kehidupan sehari-hari di Amerika jika AS dan Tiongkok berperang.

Dilansir dari The Guardian, operasi peretasan tersebut dapat mengganggu botnet ratusan router kantor kecil dan rumah yang berbasis di AS yang dimiliki warga negara dan perusahaan. Menurut seorang pejabat, target utama mereka termasuk instalasi pengolahan air, jaringan listrik, dan sistem transportasi di seluruh Amerika.

Komentar tersebut sejalan dengan penilaian dari perusahaan keamanan siber luar termasuk Microsoft, yang dikatakan pada Mei. Peretas Tiongkok yang didukung negara juga telah menargetkan infrastruktur penting AS dan dapat meletakkan dasar teknis untuk potensi gangguan komunikasi penting antara AS dan Asia selama krisis di masa depan.

Setidaknya sebagian dari operasi tersebut, dikaitkan dengan sekelompok peretas yang dikenal sebagai Volt Typhoon, telah terganggu setelah pejabat FBI dan departemen kehakiman memperoleh perintah penggeledahan dan penyitaan di Pengadilan Federal Houston pada Desember.

Pejabat AS tidak menjelaskan dampak gangguan tersebut, dan dokumen pengadilan yang dibuka pada Rabu (31/1). Dia mengatakan, botnet yang terganggu hanyalah salah satu bentuk infrastruktur yang digunakan Volt Typhoon untuk mengaburkan aktivitas mereka.

Para peretas telah menyusup ke target melalui berbagai cara, termasuk penyedia cloud dan internet, dengan menyamar dalam lalu lintas normal.

Direktur FBI Chris Wray mengatakan kepada komite terpilih Partai Komunis Tiongkok di DPR bahwa fokus publik terhadap ancaman dunia maya yang memengaruhi setiap orang Amerika terlalu sedikit.

”Peretas Tiongkok mengambil posisi di infrastruktur Amerika sebagai persiapan untuk mendatangkan malapetaka dan menimbulkan kerugian nyata bagi warga hingga komunitas Amerika, jika atau ketika Tiongkok memutuskan sudah waktunya untuk menyerang,” kata Wray.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #direktur #ingatkan #tentang #peretasan #tiongkok #yang #dapat #mengancam #infrastruktur

KOMENTAR