Israel Hancurkan Pemakaman di Gaza untuk Temukan Terowongan Hamas, Tuai Kritik Warga Palestina
Ilustrasi - Warga Palestina memeriksa kerusakan di kamp pengungsi Al-Maghazi setelah serangan Israel pada 25 Desember 2023. Wartawan dibawa ke dalam terowongan yang disebut Israel membentang di bawah masjid dan kuburan. 
10:20
30 Januari 2024

Israel Hancurkan Pemakaman di Gaza untuk Temukan Terowongan Hamas, Tuai Kritik Warga Palestina

- Israel menghancurkan pemakaman Islam di Gaza selatan.

Lingkungan Bani Suheila di Kota Khan Younis di Gaza selatan, yang ditunjukkan tentara Israel kepada wartawan pada Sabtu (27/1/2024), telah dilenyapkan.

Seorang jurnalis Associated Press melihat sebuah masjid yang hancur dan tempat makam itu dulu berada.

Sebuah lubang selebar 140 meter itu kemudian menjadi tempat yang oleh tentara Israel disebut sebagai terowongan Hamas.

Wartawan dibawa ke dalam terowongan yang disebut membentang di bawah masjid dan kuburan.

Para jurnalis berjalan menyusuri terowongan beton panjang yang bercabang ke berbagai arah dan tiba di sejumlah ruangan kecil yang diduga digunakan oleh Hamas sebagai pusat komando dan kendali.

Pada Senin (29/1/2024), militer Israel mengatakan insinyur tempur telah menghancurkan sebagian jaringan tersebut.

Israel mengatakan, Hamas menggunakan situs-situs itu sebagai perlindungan militer, sehingga menghilangkan perlindungan tersebut.

Dikatakan bahwa tidak ada cara untuk mencapai tujuan militernya mengalahkan Hamas tanpa menemukan terowongan.

Israel menyebut Hamas telah membangun pusat komando dan kendali, mengangkut senjata, dan menyembunyikan sekitar 130 sandera.

Mereka mengatakan penggalian terowongan melibatkan kerusakan tambahan pada ruang suci yang tidak dapat dihindari.

“Kami tidak naif lagi,” ujar Brigjen Israel Jenderal Dan Goldfus, yang memimpin wartawan berkeliling lokasi, Sabtu, dilansir AP News.

Seorang komandan militer mengatakan, terowongan itu yang berisi trafo listrik, kipas angin, pipa dengan kabel dan saklar lampu, membentang sepanjang 800 meter dan terhubung ke jaringan terowongan yang lebih besar di Gaza selatan.

Tentara Israel mengatakan mereka telah menemukan ruangan-ruangan serupa di terowongan-terowongan di seluruh Jalur Gaza.

Mereka menuduh tempat-tempat yang ditunjukkan kepada wartawan pada hari Sabtu termasuk kantor komandan Hamas, ruang operasi, dan tempat tinggal anggota senior Hamas.

Dikatakan terowongan itu digunakan untuk merencanakan serangan terhadap militer.

Warga Palestina Kritik Israel

Ketika Israel bergerak maju dengan kampanye darat dan udara di Gaza, penghancuran tempat-tempat suci yang dilakukan militer telah menuai kritik keras dari warga Palestina dan kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Mereka mengatakan, serangan tersebut juga merupakan sebuah penyerangan terhadap warisan budaya.

Berdasarkan hukum internasional, kuburan dan tempat keagamaan mendapat perlindungan khusus dan menghancurkannya dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Ilustrasi - Gambar yang diambil dari Rafah menunjukkan asap mengepul di atas Khan Yunis di Jalur Gaza selatan selama pemboman Israel pada 22 Januari 2024. Ilustrasi - Gambar yang diambil dari Rafah menunjukkan asap mengepul di atas Khan Yunis di Jalur Gaza selatan selama pemboman Israel pada 22 Januari 2024. (AFP/-)

Diberitakan Al Jazeera, kini perempuan dan anak-anak telah meninggalkan tempat penampungan UNRWA setelah pasukan Israel menangkap puluhan pria yang berlindung di sana.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan mereka kehilangan kontak dengan timnya di Kota Gaza saat mencoba menyelamatkan seorang gadis berusia enam tahun yang terjebak di dalam mobil selama berjam-jam setelah serangan Israel yang menewaskan seluruh keluarganya.

Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Washington DC, di mana dia mengatakan kemajuan sedang dicapai dalam gencatan senjata Gaza dan pembicaraan tentang tawanan.

Perancis, Jerman, dan Amerika Serikat mengecam konferensi yang menyerukan pembangunan 21 pemukiman ilegal di Gaza dan di mana para menteri Israel menari dan merayakannya.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan pemotongan dana untuk UNRWA karena tuduhan terhadap sekelompok kecil staf adalah tidak dapat dibenarkan.

Seruan untuk mengembalikan dana ke UNRWA semakin meningkat, termasuk dari anggota Kongres AS Alexandria Ocasio-Cortez dan Doctors Without Borders (Medecins Sans Frontieres, atau MSF).

Setidaknya 26.637 orang tewas dan 65.387 luka-luka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas 7 Oktober mencapai 1.139 orang.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #israel #hancurkan #pemakaman #gaza #untuk #temukan #terowongan #hamas #tuai #kritik #warga #palestina

KOMENTAR