Ada Mossad dan CIA, Bos-bos Intelijen Kumpul di Prancis Bahas Situasi Gaza
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 22 Januari 2024 ini menunjukkan tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 
18:40
26 Januari 2024

Ada Mossad dan CIA, Bos-bos Intelijen Kumpul di Prancis Bahas Situasi Gaza

Bill Burns, Direktur CIA, diperkirakan akan bertemu dengan para pejabat dari Israel, Mesir, dan Qatar untuk membahas mengenai kesepakatan yang menjamin pembebasan sandera oleh Hamas.

Pertemuan tersebut terjadi di tengah diskusi intensif mengenai parameter kesepakatan baru, yang akan mempertemukan pembebasan sandera dengan penghentian pertempuran di Gaza.

Lebih lanjut, Burns diperkirakan akan bertemu di Prancis dengan kepala Badan Intelijen Mossad Israel, David Barnea, dan perdana menteri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. Kepala intelijen Mesir, Abbas Kamel, juga akan ikut berpartisipasi.

Ketika ditanya mengenai informasi lanjutan terkait pertemuan tersebut, CIA menolak memberitahu jadwal perjalanan Burns, yang dirahasiakan. Namun, direktur CIA itu diketahui telah melakukan perjalanan ke Doha dua kali pada bulan November, dan ke Warsawa pada Desember sebagai bagian dari upaya pembebasan sandera Israel yang masih ditahan oleh Hamas.

Sebelumnya pada Minggu (21/1/2024), Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengeluarkan sebuah pernyataan pedas yang mengatakan bahwa Israel menolak persyaratan pembebasan Hamas, karena itu sama saja dengan mengakhiri perang.

“Hamas menuntut, sebagai imbalan atas pembebasan sandera kami, adalah diakhirinya perang, penarikan pasukan kami dari Gaza, pembebasan para pembunuh dan pemerkosa Nukhba, dan membiarkan Hamas tetap di tempatnya,” terang Netanyahu.

“Saya tidak siap menerima pukulan mematikan terhadap keamanan Israel. Oleh karena itu, kami tidak akan menyetujui hal ini,” tambahnya.

Di sisi lain, pemerintahan Netanyahu hingga saat ini telah menghadapi tekanan politik yang besar dari dalam negeri, terutama dari keluarga para sandera, yang terus berkampanye demi menuntut hak pembebasan orang-orang yang mereka cintai.

Seorang sumber yang mengetahui tentang perundingan pembebasan sandera mengatakan, penolakan Netanyahu ini adalah hambatan besar bagi mereka dalam mencapai kesepakatan. 

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #mossad #intelijen #kumpul #prancis #bahas #situasi #gaza

KOMENTAR