Bikin Heboh! Penumpang Buka Pintu Pesawat Air Canada di Ketinggian 10.000 Kaki, Begini Nasibnya
Air Canada di udara (Unsplash/John McArthur)
10:15
24 Januari 2024

Bikin Heboh! Penumpang Buka Pintu Pesawat Air Canada di Ketinggian 10.000 Kaki, Begini Nasibnya

 

 

Sebuah insiden menghebohkan terjadi di pesawat Air Canada yang sedang terbang dari London, Inggris, menuju Toronto, Kanada, pada hari Minggu, 21 Januari 2024. 

Dilansir dari Global News, Rabu (24/1), seorang penumpang tersebut adalah pria tua yang sedang mengalami krisis dan kebingungan.

Lansia tersebut mencoba membuka pintu darurat pesawat di tengah penerbangan pesawat AC855 dari Bandara Heathrow London. 

Menurut pernyataan resmi dari Air Canada, kru pesawat berhasil mengendalikan situasi dengan penumpang tersebut, sehingga penerbangan dapat berlangsung normal hingga sampai di Bandara Pearson Toronto.

Saat penerbangan tersebut mendarat di Toronto sekitar pukul 15.00 waktu setempat, Polisi Regional Peel, yang bertanggung jawab atas keamanan bandara, mengatakan kepada Global News bahwa setelah pesawat mendarat, petugas masuk ke dalam pesawat dan menemukan penumpang tersebut 'sedang dalam keadaan krisis dan bingung'. 

“Tampaknya tindakannya tidak disengaja,” kata polisi.

Polisi juga mengatakan bahwa penumpang tersebut telah ditahan oleh karyawan Air Canada selama penerbangan sebagai bagian dari protokol keselamatan dan penerbangan mereka. 

Menurut sumber dari New York Post, pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut tidak dituntut secara pidana.

Dia dan keluarganya telah mendapatkan bantuan dan penyuluhan tambahan setelah kejadian, menurut keterangan polisi setempat.

Air Canada juga menjelaskan bahwa pintu pesawat tidak bisa dibuka saat terbang di ketinggian 10.000 kaki.

Hal ini karena pintu pesawat memiliki bentuk yang menutup rapat dari dalam ke luar dan ukuran yang lebih besar di bagian dalamnya. 

Selain itu, tekanan udara di luar pesawat sangat tinggi dan menekan pintu pesawat dengan kuat. Ini membuat pintu pesawat aman dan tidak bisa dibuka karena segelnya yang erat.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh ahli penerbangan, yang mengatakan bahwa pintu pesawat memiliki sistem penguncian yang canggih dan tidak dapat dibuka saat pesawat berada di atas 10.000 kaki.

Jika seseorang mencoba membuka pintu pesawat, alarm akan berbunyi dan kru pesawat akan segera menangani situasi tersebut.

Insiden ini bukan yang pertama kali terjadi di pesawat Air Canada. Pada tanggal 10 Januari 2024, seorang penumpang membuka pintu pesawat dan jatuh ke landasan saat naik ke pesawat di Toronto untuk terbang ke Dubai. 

Penumpang tersebut mengalami luka ringan dan dibawa ke rumah sakit setempat setelah insiden tersebut, yang mengakibatkan keterlambatan enam jam.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bikin #heboh #penumpang #buka #pintu #pesawat #canada #ketinggian #10000 #kaki #begini #nasibnya

KOMENTAR