Senator AS Serang Kepala Lembaga Pemikir Perempuan Muslim saat Sidang Kongres: 'Sembunyikan Kepalamu di Dalam Kantong!'
Ilustrasi perempuan muslim jilbab (Unsplash)
14:12
20 September 2024

Senator AS Serang Kepala Lembaga Pemikir Perempuan Muslim saat Sidang Kongres: 'Sembunyikan Kepalamu di Dalam Kantong!'

Sidang kongres tentang kejahatan kebencian menuai tuduhan kefanatikan yang seharusnya ditangani setelah seorang senator Republik mengatakan kepada kepala lembaga pemikir perempuan Muslim untuk "menyembunyikan kepalamu di dalam tas" dan menuduhnya mendukung Hamas dan Hizbullah .

John Kennedy , senator GOP untuk Louisiana , menuai kecaman dari Demokrat serta kelompok Muslim, Yahudi, dan kebebasan sipil atas pernyataannya yang ditujukan kepada Maya Berry, direktur eksekutif Institut Arab Amerika, dalam sidang yang digelar oleh komite kehakiman Senat.

“Tujuannya adalah untuk mengadakan dengar pendapat tentang mengapa sangat sulit untuk bersekolah jika Anda seorang Yahudi,” kata Lindsey Graham, anggota senior komite dari Partai Republik dan senator untuk Carolina Selatan, dikutip dari theguardian.com, Jumat.

“Jika Anda seorang Yahudi, Anda akan direndahkan. Anda akan diludahi. Ini benar-benar di luar kendali. Ini bukan dengar pendapat yang akan kami lakukan, jadi kami akan bekerja dengan apa yang kami miliki.” lanjutnya.

Baca Juga: Cek Fakta: 50 Ribu Masjid Ditutup, Populasi Muslim di Iran Tinggal 30 persen

Proses persidangan semakin kacau ketika Ted Cruz , senator Republik untuk Texas, diganggu oleh seseorang di ruang sidang yang memprotes jumlah warga Palestina yang terbunuh dalam serangan Israel di Gaza.

“Anda berbicara tentang orang-orang Yahudi dan Israel yang terkutuk. Bicara tentang 40.000 orang. Bicara tentang semua orang ini. Mengapa ini tentang antisemitisme?” teriak orang tersebut, sebelum dikeluarkan dari ruang sidang.

“Kita sekarang melihat demonstrasi antisemitisme. Kita melihat demonstrasi kebencian.” kata Cruz menanggapi hal itu.

Partai Republik mengkritik tema sidang hari Selasa – yang ditetapkan oleh ketua komite dari Partai Demokrat, Dick Durbin – karena mencampuradukkan antisemitisme dengan kefanatikan terhadap umat Muslim, orang Arab, dan kelompok lainnya.

“Tujuannya adalah untuk mengadakan dengar pendapat tentang mengapa sangat sulit untuk bersekolah jika Anda seorang Yahudi,” kata Lindsey Graham, anggota senior komite dari Partai Republik dan senator untuk Carolina Selatan.

Baca Juga: Sentimen Anti-Muslim di Chicago Meningkat, Picu Diskriminasi di Tempat Kerja Hingga Sekolah

“Jika Anda seorang Yahudi, Anda akan direndahkan. Anda akan diludahi. Ini benar-benar di luar kendali. Ini bukan dengar pendapat yang akan kami lakukan, jadi kami akan bekerja dengan apa yang kami miliki.” lanjutnya.

Subkomite yang dipimpin Partai Republik di DPR telah menggelar serangkaian dengar pendapat yang sangat menegangkan yang difokuskan pada kebangkitan antisemitisme di kampus-kampus universitas menyusul serangan mematikan Hamas terhadap Israel Oktober lalu, yang mengakibatkan sekitar 1.200 orang tewas dan 250 orang disandera, dan yang memicu pembalasan militer Israel yang menghancurkan dan terus berlanjut.

Sidang DPR mendorong pengunduran diri dua pimpinan universitas setelah mereka memberikan tanggapan terhadap pertanyaan tentang kebijakan institusi mereka terkait seruan genosida terhadap orang Yahudi yang dianggap tidak cukup mengecam.

Graham mencoba memasuki wilayah yang sama ketika ia bertanya kepada Berry apakah ia percaya bahwa Hamas, kelompok Syiah Lebanon, Hizbullah, atau Iran memiliki tujuan untuk menghancurkan satu-satunya negara Yahudi. Berry menjawab bahwa "ini adalah pertanyaan yang rumit".

Hal tersebut akhirnya menyebabkan pertukaran pendapat yang bermusuhan antara Berry dengan Kennedy.

“Anda mendukung Hamas, bukan?” kata Kennedy.

“Hamas adalah organisasi teroris asing yang tidak saya dukung,” jawab Berry.
“Namun, pertanyaan yang Anda ajukan kepada direktur eksekutif Institut Arab Amerika itu justru mengarahkan perhatian pada isu kebencian di negara kita.” lanjutnya.

Ketika Kennedy bertanya lebih lanjut apakah dia mendukung Hizbullah atau Iran, Berry menjawab: “Sekali lagi, saya merasa pertanyaan ini sangat mengecewakan.”

Menyelesaikan interogasinya dengan mengungkapkan “kekecewaan” atas keengganan Berry untuk menyatakan penentangan langsung terhadap tiga entitas yang disebutkan, Kennedy menyatakan: “Anda seharusnya menyembunyikan kepala Anda di dalam tas.”

Diundang oleh Durbin untuk menanggapi ledakan kemarahan tersebut, Berry berkata: “Sangat disesalkan bahwa saya, saat saya duduk di sini, telah mengalami masalah yang sedang kita hadapi saat ini. Sayangnya, ini benar-benar mengecewakan, tetapi merupakan indikasi bahaya bagi lembaga demokrasi kita saat ini. Dan saya sangat menyesalkan hal itu.”

Komite kehakiman – dengan persetujuan Durbin – kemudian mendukung tanggapan Berry dengan mengunggahnya di X.

“Seorang Senator Republik memberi tahu seorang pemimpin hak-hak sipil Arab Amerika bahwa 'Anda harus menyembunyikan kepala Anda di dalam tas.' Kami tidak akan memperbesar klip yang mengerikan itu. Namun kami AKAN memperbesar tanggapan kuat saksi yang menyerukannya.” bunyi pernyataan tersebut.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (Cair) menuduh Kennedy dan anggota Partai Republik lainnya memperlakukan Berry dengan permusuhan.

"Maya Berry menghadap komite untuk membahas kejahatan kebencian. Baik Ibu Berry maupun topik tersebut seharusnya diperlakukan dengan rasa hormat dan keseriusan yang layak mereka terima," kata Robert McCaw, direktur urusan pemerintahan Cair.

"Sebaliknya, Senator Kennedy dan yang lainnya memilih untuk menjadi contoh kefanatikan yang dihadapi orang Arab, Palestina, dan Muslim dalam beberapa bulan dan tahun terakhir." lanjutnya.

Anthony Romero, direktur eksekutif American Civil Liberties Union, mengutuk apa yang disebutnya sebagai “serangan diskriminatif dan kejam” terhadap Berry.

"Memanfaatkan sidang tentang meningkatnya kejahatan kebencian anti-Muslim, anti-Arab, dan antisemit untuk melancarkan serangan personal dan diskriminatif terhadap saksi ahli yang mereka undang untuk memberikan kesaksian adalah tindakan yang keterlaluan dan tidak pantas," katanya.

Editor: Bella

Tag:  #senator #serang #kepala #lembaga #pemikir #perempuan #muslim #saat #sidang #kongres #sembunyikan #kepalamu #dalam #kantong

KOMENTAR