Moo Deng 'Dinakali' Pengunjung, Pihak Kebun Binatang Ambil Tindakan Tegas
Moo Deng si Bayi Kuda nil (X)
19:28
18 September 2024

Moo Deng 'Dinakali' Pengunjung, Pihak Kebun Binatang Ambil Tindakan Tegas

Moo Deng, bayi kuda nil kerdil yang viral, telah dianiaya dan dilecehkan oleh pengunjung kebun binatang sejak menarik perhatian di media sosial.

Moo Deng, yang menjadi viral karena perilakunya yang menggemaskan dan ekspresi wajahnya yang unik, telah menarik banyak pengunjung ke Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow di Chon Buri, Thailand. Menurut direktur kebun binatang Narongwit Chodchoy, jumlah pengunjung kebun binatang telah meningkat setidaknya 30%.

Namun, ketenaran dan popularitas juga mendatangkan perhatian yang tidak diinginkan. Berbagai video telah beredar di TikTok, yang memperlihatkan pengunjung melemparkan benda-benda seperti kerang ke Moo Deng yang sedang tidur. Bahkan ada video seseorang yang memercikkan air ke kuda nil itu, hingga membuatnya terbangun.

Sebuah cuitan yang mengecam tindakan tidak berperasaan ini telah menjadi viral di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Baca Juga: Centil dan Percaya Diri, Monyet di China Terkenal Berkat Pose dan Lirikan Genitnya di Depan Penonton

"Seseorang melemparkan kerang atau batu ke [Moo Deng]. Orang lain menyiramnya dengan air karena mereka ingin dia pindah. Bagaimana kamu dibesarkan? Apakah kamu tidak punya sopan santun? Apakah kamu tidak tahu apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan? Berpikirlah dulu sebelum bertindak. Saya merasa kasihan pada Moo Deng. Saya tidak tahu sudah berapa kali si kecil itu diganggu," keluh pengguna X @iioimioii.

Dalam upaya untuk melindungi Moo Deng, kebun binatang telah memutuskan untuk membatasi durasi waktu yang dapat dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi bayi kuda nil tersebut.

Pengunjung kebun binatang diizinkan untuk melihat Moo Deng selama lima menit hanya pada akhir pekan. Kebun binatang Thailand mengumumkan kebijakan ini di akun X-nya dan meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Kebun binatang juga telah memasang CCTV di dekat kandang Moo Deng untuk memastikan keselamatannya. Chodchoy menghimbau wisatawan untuk bersikap hormat saat mengunjungi hewan-hewan tersebut dan berjanji untuk mengambil tindakan hukum terhadap pengunjung yang mengganggu bayi kuda nil tersebut.

Baca Juga: Pindahkan Anak Kuda Nil yang Baru Lahir, Penjaga Kebun Binatang Tewas Diamuk Induknya

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #deng #dinakali #pengunjung #pihak #kebun #binatang #ambil #tindakan #tegas

KOMENTAR