'Israel Pasti Akan Menerima Hukumannya', Hizbullah Berjanji Balas Serangan Pager di Lebanon
Ilustrasi hizbullah (X/@p_alqsa)
15:08
18 September 2024

'Israel Pasti Akan Menerima Hukumannya', Hizbullah Berjanji Balas Serangan Pager di Lebanon

Hizbullah yang didukung Iran berjanji akan membalas Israel setelah menuduhnya meledakkan pager di Lebanon, yang menewaskan sembilan orang dan melukai sekitar 2.800 lainnya pada hari Selasa.

Hizbullah memperingatkan Israel bahwa mereka akan dihukum setelah ratusan pager yang digunakan oleh anggotanya meledak di benteng pertahanannya di Lebanon selatan.

Kelompok yang didukung Iran itu mengatakan setidaknya dua pejuangnya dan seorang gadis muda termasuk di antara yang tewas.

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan sekitar "2.800 orang terluka, sekitar 200 di antaranya kritis" dengan luka yang sebagian besar dilaporkan di wajah, tangan, dan perut.

Baca Juga: Aktivis Turki-Amerika Aysenur Ezgi Eygi Meninggal Ditembak Militer Israel, Ini Yang Dilakukan PBB

Menurut laporan media, duta besar Iran di Beirut juga terluka dalam ledakan pager tetapi lukanya tidak serius.

The New York Times melaporkan bahwa Israel menyembunyikan bahan peledak di pager Gold Apollo buatan Taiwan sebelum diimpor ke Lebanon. Bahan itu ditanamkan di sebelah baterai dengan sakelar yang dapat dipicu dari jarak jauh untuk meledak. Namun, Gold Apollo mengatakan bahwa mereka tidak membuat pager yang digunakan dalam ledakan tersebut dan mengatakan bahwa pager tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan di Eropa yang memiliki hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan tersebut.

Hizbullah mengatakan bahwa mereka menganggap Israel "bertanggung jawab penuh atas agresi kriminal ini". Israel "tentu akan menerima hukuman yang setimpal atas agresi yang berdosa ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

AS, yang merupakan penyedia senjata utama Israel dan sekutu dekat, mengatakan bahwa mereka "tidak terlibat" dan "tidak mengetahui insiden ini sebelumnya".

Hamas, yang sedang berperang dengan Israel di Gaza, mengatakan bahwa ledakan pager tersebut merupakan "eskalasi" yang hanya akan membawa Israel pada "kegagalan dan kekalahan".

Baca Juga: Polemik Gibran Nonton Konser Bruno Mars: Dicap Pendukung Zionis, Sikap Fufufafa ke Palestina Diungkit

Serangan pager tersebut terjadi beberapa jam setelah Israel mengumumkan bahwa mereka memperluas tujuan perang Gaza untuk mencakup perangnya melawan Hizbullah di sepanjang perbatasannya dengan Lebanon.

Hizbullah dan militer Israel telah saling tembak sejak serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang Gaza.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #israel #pasti #akan #menerima #hukumannya #hizbullah #berjanji #balas #serangan #pager #lebanon

KOMENTAR