Warga Rusia Diminta Berhubungan Seks saat Jam Makan Siang, Putin Resah Angka Kelahiran Anjlok
Presiden Rusia, Vladmir Putin. (Reuters)
21:32
16 September 2024

Warga Rusia Diminta Berhubungan Seks saat Jam Makan Siang, Putin Resah Angka Kelahiran Anjlok

Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah mendorong warga Rusia untuk terlibat dalam hubungan intim selama jam makan siang dan minum kopi di tempat kerja untuk mengatasi angka kelahiran yang menurun di negara itu.

Inisiatif tersebut muncul karena angka kelahiran Rusia, yang saat ini sekitar 1,5 anak per wanita, turun jauh di bawah angka 2,1 yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi yang stabil, Metro melaporkan. Selain itu, lebih dari satu juta, terutama warga Rusia yang lebih muda, telah meninggalkan negara itu di tengah perang yang sedang berlangsung dengan Ukraina.

Menteri Kesehatan Dr Yevgeny Shestopalov menekankan bahwa terlalu sibuk di tempat kerja bukanlah alasan yang sah untuk menghindari prokreasi. Ia menyarankan agar orang-orang dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk fokus pada perluasan keluarga mereka, dengan mencatat bahwa ''hidup berlalu begitu cepat.''

Ketika seorang reporter bertanya kepadanya bagaimana orang-orang yang bekerja 12 hingga 14 jam sehari akan menemukan waktu untuk memiliki anak, ia menjawab dengan menyarankan agar mereka dapat menggunakan waktu istirahat mereka.

Baca Juga: Pertempuran Sengit di Timur Ukraina, Rusia Intensifkan Serangan di Kurakhove dan Pokrovsk

Sebelumnya, Putin bersikeras, ''Pelestarian rakyat Rusia adalah prioritas nasional tertinggi kami. Nasib Rusia....tergantung pada berapa banyak dari kita yang akan ada.'' Ini adalah masalah kepentingan nasional.''

Yang perlu diperhatikan, angka kelahiran Rusia telah mencapai titik terendah sejak 1999, dengan jumlah kelahiran hidup pada bulan Juni turun di bawah 100.000. Penurunan drastis ini telah menimbulkan kekhawatiran di Moskow tentang penurunan populasi yang parah.

Menurut Rosstat, badan statistik pemerintah Rusia, negara tersebut telah mengalami penurunan kelahiran yang signifikan, dengan 16.000 anak lebih sedikit yang lahir antara Januari dan Juni 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut Euro News.

Penurunan ini semakin diperburuk oleh peningkatan penurunan populasi sebesar 18%, dengan 49.000 lebih banyak kematian yang tercatat pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya, kemungkinan karena konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Upaya Kremlin untuk meningkatkan angka kelahiran Rusia yang menurun telah menghasilkan serangkaian tindakan, termasuk:

Baca Juga: Jepang Langsung Kerahkan Jet Tempur setelah Pesawat Rusia Melintasi Kepulauan

  1. Pemeriksaan kesuburan gratis: Wanita di Moskow, berusia 18-40 tahun, didorong untuk menjalani penilaian kesuburan gratis untuk mengevaluasi "potensi reproduksi" mereka.
  2. Paksaan dari pemberi kerja: Anggota parlemen Tatyana Butskaya telah mengusulkan sebuah rencana untuk menekan pemberi kerja agar mendorong karyawan perempuan mereka untuk memiliki anak.
  3. Insentif: Wilayah Chelyabinsk menawarkan 8.500 pound kepada siswi di bawah usia 24 tahun untuk kelahiran anak pertama mereka
  4. Pembatasan aborsi: Akses terhadap aborsi di seluruh negeri diblokir karena tokoh masyarakat dan pemuka agama mengklaim bahwa tugas perempuan adalah melahirkan dan membesarkan anak.
  5. Biaya perceraian: Biaya perceraian telah dinaikkan untuk mencegah perpisahan.

Politisi Anna Kuznetsova juga menuntut agar perempuan mulai melahirkan di usia muda. Ia berkata: ''Anda harus mulai melahirkan di usia 19-20 tahun. Kemudian, secara statistik, keluarga akan dapat memiliki tiga, empat, atau lebih anak.''

Namun, para kritikus berpendapat bahwa kebijakan ini merusak otonomi individu, khususnya bagi perempuan, dan mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan pada tatanan sosial Rusia.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #warga #rusia #diminta #berhubungan #seks #saat #makan #siang #putin #resah #angka #kelahiran #anjlok

KOMENTAR