Guci Zaman Perunggu 'Disulap' Kembali Setelah Dipecahkan Balita di Museum Israel
Ilustrasi guci kuno. [Foto: Istimewa]
17:16
12 September 2024

Guci Zaman Perunggu 'Disulap' Kembali Setelah Dipecahkan Balita di Museum Israel

Sebuah guci langka dari Zaman Perunggu yang tidak sengaja dipecahkan oleh seorang anak berusia 4 tahun yang sedang mengunjungi museum kembali dipamerkan pada hari Rabu setelah para ahli restorasi berhasil menyatukan kembali artefak tersebut dengan hati-hati.

Bulan lalu, sebuah keluarga dari Israel utara sedang mengunjungi museum tersebut ketika putra bungsu mereka menjatuhkan guci tersebut, yang kemudian pecah berkeping-keping.

Alex Geller, ayah anak laki-laki tersebut, mengatakan bahwa putranya, yang termuda dari tiga bersaudara, sangat ingin tahu, dan saat mendengar suara benturan itu, "tolong jangan biarkan itu terjadi pada anakku" adalah pikiran pertama yang terlintas di benaknya.

Guci tersebut telah dipamerkan di Museum Hecht di Haifa selama 35 tahun. Guci tersebut merupakan satu-satunya wadah seukuran itu dan dari masa itu masih lengkap saat ditemukan.

Baca Juga: Aktivis Amerika Keturunan Turki Ditembak Mati Pasukan Israel, Begini Reaksi Joe Biden

Guci Zaman Perunggu tersebut merupakan salah satu dari banyak artefak yang dipamerkan di tempat terbuka, bagian dari visi Museum Hecht untuk memungkinkan pengunjung menjelajahi sejarah tanpa penghalang kaca, kata Inbal Rivlin, direktur museum, yang bekerja sama dengan Universitas Haifa di Israel utara.

Kemungkinan besar digunakan untuk menyimpan anggur atau minyak, dan berasal dari antara tahun 2200 dan 1500 SM.

Rivlin dan museum memutuskan untuk mengubah momen tersebut, yang menarik perhatian internasional, menjadi momen pembelajaran, dengan mengundang keluarga Geller kembali untuk kunjungan khusus dan kegiatan langsung untuk mengilustrasikan proses restorasi.

Rivlin menambahkan bahwa insiden tersebut memberikan pengalih perhatian yang menyenangkan dari perang yang sedang berlangsung di Gaza. "Yah, dia masih anak-anak. Jadi saya pikir entah bagaimana hal itu menyentuh hati orang-orang di Israel dan di seluruh dunia," kata Rivlin.

Roee Shafir, seorang ahli restorasi di museum, mengatakan perbaikannya akan cukup sederhana, karena potongan-potongan itu berasal dari satu toples yang utuh. Para arkeolog sering menghadapi tugas yang lebih berat, yaitu memilah-milah tumpukan pecahan dari beberapa objek dan mencoba menyatukannya.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Sebut Penembakan Aktivis Turki-Amerika oleh Sniper Israel sebagai Kecelakaan

Para ahli menggunakan teknologi 3D, video beresolusi tinggi, dan lem khusus untuk merekonstruksi guci besar itu dengan susah payah.

Kurang dari dua minggu setelah pecah, toples itu kembali dipajang di museum. Proses perekatan meninggalkan retakan kecil, dan beberapa bagian hilang, tetapi ukuran toples yang mengesankan itu tetap ada.

Satu-satunya perbedaan yang terlihat dalam pameran itu adalah tanda baru yang bertuliskan "jangan sentuh."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #guci #zaman #perunggu #disulap #kembali #setelah #dipecahkan #balita #museum #israel

KOMENTAR