''Anak Sakit Bukan Alasan Absen?'' Kebijakan Cuti Perusahaan Ini Picu Amarah Netizen!
Ilustrasi bossy (Pexels.com/Yan Krukov)
17:24
10 September 2024

''Anak Sakit Bukan Alasan Absen?'' Kebijakan Cuti Perusahaan Ini Picu Amarah Netizen!

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan aturannya sendiri dalam hal mengambil cuti, termasuk cuti sakit, cuti orang tua, waktu liburan, dan banyak lagi. Kebijakan ini dapat sangat bervariasi tergantung pada ukuran, industri, budaya, dan nilai-nilai perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin memiliki kebijakan cuti yang lebih longgar, sementara yang lain mungkin lebih ketat.

Baru-baru ini, memo perusahaan yang menyatakan bahwa sakitnya anak-anak karyawan bukan lagi alasan yang sah untuk tidak masuk kerja telah memicu kemarahan di dunia maya. Memo yang dibagikan di forum Reddit 'antiwork', diduga menyatakan bahwa karyawan tidak akan diizinkan mengambil cuti untuk merawat anak yang sakit.

Catatan perusahaan tersebut berbunyi, ''Menelepon karena anak Anda sakit bukan lagi alasan yang sah untuk tidak masuk kerja dan sekarang akan mengakibatkan teguran. Kami tidak mempekerjakan anak-anak Anda dan dengan demikian sakitnya mereka bukan alasan bagi Anda untuk tidak masuk kerja. Maju terus, tim!''

Postingan tersebut telah menuai kritik dan ketidakpercayaan dari banyak orang di forum tersebut. Banyak pengguna mempertanyakan pendekatan perusahaan terhadap keseimbangan kehidupan kerja dan kesejahteraan karyawan.

Baca Juga: Muncul Perusahaan 'Exit' di Jepang, Bantu Para Karyawan yang 'Sulit' Resign

Beberapa orang mengatakan bahwa kebijakan ini dapat menyebabkan karyawan membawa anak-anak mereka yang sakit ke tempat kerja, yang mengakibatkan penyebaran penyakit di antara rekan kerja. Yang lain meminta agar perusahaan itu diberi nama dan dipermalukan karena kebijakannya yang tidak manusiawi.

Ilustrasi bos yang sedang memarahi karyawannya (Unsplash.com)Ilustrasi bos yang sedang memarahi karyawannya (Unsplash.com)

Seorang pengguna menulis, ''Kami tidak mempekerjakan anak-anak Anda. Anda juga tidak mempekerjakan pasangan saya, orang tua saya, teman-teman, dan keluarga besar saya. Mereka semua mungkin membutuhkan bantuan saya, mungkin meninggal, mungkin menghadiri pernikahan, wisuda, atau acara besar lainnya dalam hidup saya yang ingin saya hadiri. Saatnya hanya mempekerjakan anak yatim piatu tanpa hubungan apa pun. Majikan yang bodoh.''

Yang lain berkomentar, ''Benar. Saya akan meninggalkan tanggapan pada catatan ini dengan mengatakan "Apa pun yang didapat anak-anak saya, saya akan tertular. Tetapi jika Anda ingin lima anggota staf akhirnya menelepon dan mengatakan sakit alih-alih satu karena saya menularkan COVID-19 kepada semua orang, maka itu bagus. Anda yang rugi".

Yang ketiga berkata, ''Bodoh sekali. Ini hanya mendorong orang untuk berbohong. Sekarang bukan saatnya menyesal karena anak saya sakit dan saya harus tinggal di rumah karena saya sakit dan tidak bisa bekerja hari ini. Mereka tetap akan kehilangan pekerjaan dan jika Anda seorang pengusaha yang tidak peduli, jangan pernah berharap pekerja Anda peduli.''

Yang keempat menambahkan, ''Secara realistis, ini terutama merupakan kebijakan anti-perempuan. Tidak ada yang baru, bukan?''

Baca Juga: Nasib Karyawan Indofarma, Selama 8 Bulan Tak Pernah Digaji

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #anak #sakit #bukan #alasan #absen #kebijakan #cuti #perusahaan #picu #amarah #netizen

KOMENTAR