CEK FAKTA: Banjir Bandang Mirip Tsunami Melanda Jeddah-Mekkah
Cek Fakta banjir di Jeddah dan Mekkah (turnbackhoax.id)
16:32
10 September 2024

CEK FAKTA: Banjir Bandang Mirip Tsunami Melanda Jeddah-Mekkah

Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi banjir mirip tsunami menghanyutkan mobil serta bangunan di Jeddah hingga Mekkah, Arab Saudi. Video tersebut diunggah oleh sebuah kanal Youtube pada 5 September 2024 lalu.

Berikut narasi yang disampaikan:

ARAB SAUDI TIBA-TIBA BANJIR SEPERTI JEDDAH-MEKKAH HARI INI!! SAPU SEMUA MOBIL DAN BANGUNAN.
Pray for Mekkah – Jeddah!! Semua hanyut.. Seperti Tsunami … Hari ini 5/9/2024.

Lantas benarkah narasi tersebut?

Baca Juga: CEK FAKTA: Mpox Sudah Menginfeksi 5 Persen Penduduk Papua Nugini

Penjelasan

Setelah ditelusuri oleh tim cek fakta Suara.com, banjir yang terjadi di Jeddah adalah kejadian di masa lampau tepatnya pada bulan November 2022. Dilansir dari artikel CNN pada 25 November 2022 yang berjudul “KJRI soal Banjir di Jeddah: Tak Sedahsyat Seperti di Medsos”, dituliskan bahwa Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Eko Hartono, membeberkan banjir yang melanda salah satu kota di Arab Saudi itu tak besar.

Pada sumber terkait tidak dijelaskan bahwa banjir tersebut seperti tsunami bahkan menyebabkan tersapunya mobil dan bangunan di Jeddah. Selain itu, pada referensi berikutnya ditemukan bukti bahwa salah satu sumber gambar yang digunakan untuk manipulasi gambar pratinjau adalah banjir yang terjadi di Kenya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan telah terjadi banjir mirip tsunami yang menyebabkan tersapunya mobil dan bangunan di Jeddah-Mekkah pada 5 September 2024 adalah tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: CEK FAKTA: Foto Elon Musk dengan Pacar Robotnya

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #banjir #bandang #mirip #tsunami #melanda #jeddah #mekkah

KOMENTAR