CEK FAKTA: Mpox Sudah Menginfeksi 5 Persen Penduduk Papua Nugini
Cek Fakta Mpox di Papua Nugini (turnbackhoax.id)
18:52
9 September 2024

CEK FAKTA: Mpox Sudah Menginfeksi 5 Persen Penduduk Papua Nugini

Beredar di media sosial beberapa foto yang menampilkan narasi virus Mpox sudah menjangkit 5 persen warga Papua Nugini.

Akun Facebook bernama Nhay mengunggah dua foto yang menunjukkan seorang pria dan seorang anak kecil terkena mpox. Foto tersebut dilengkapi penjelasan bahwa di Papua Nugini saat ini 5% dari populasinya sudah terinfeksi mpox. Tulisan dan foto tersebut diunggah pada 26 Agustus 2024.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

“Wabah mpox di PNG
Virus Mpox baru menyebar secara global, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari ini mengumumkan bahwa itu adalah penyakit yang sangat berbahaya yang berpotensi membunuh banyak orang dalam satu hari. Di Papua Nugini, virus Mpox sudah tiba, dan sekitar 5% dari populasi terinfeksi”.

Baca Juga: Cek Fakta: Tangkap Kaesang, Prabowo Tegas Berantas Korupsi

Benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran cek fakta Suara.com, informasi tersebut menyesatkan. Melansir dari Post Courrier, salah satu media Papua Nugini, di artikelnya yang berjudul “No Mpox outbreak in Papua New Guinea” dijelaskan bahwa Kementerian Kesehatan Papua Nugini, yang telah berkolaborasi dengan WHO dalam upaya mencegah mpox di Papua Nugini, mengklarifikasi bahwa tidak ada kasus mpox yang terdeteksi atau terkonfirmasi di negara tersebut. Artikel tersebut dipublikasikan pada 28 Agustus 2024.

Selain itu, WHO Papua Nugini juga telah menulis joint press release bahwa tidak ada wabah mpox yang terdeteksi di Papua Nugini di akun Facebook resminya. Tulisan tersebut juga diunggah pada 28 Agustus 2024.

Kesimpulan

Baca Juga: Cek Fakta: Hari Ini Polisi Tetapkan Nasib Gibran

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Nhay merupakan konten yang menyesatkan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #mpox #sudah #menginfeksi #persen #penduduk #papua #nugini

KOMENTAR