Optimisme Palestina Segera Merdeka
Ilustrasi bendera Palestina (Pixabay/Hosny Salah)
11:44
9 September 2024

Optimisme Palestina Segera Merdeka

Palestina saat ini tengah berjuang untuk menjadi negara merdeka dari penjajahan Israel, meski kini telah dibombardir oleh tentara zionis tersebut di wilayah jalur Gaza.

Masyarakat saat ini tengah berjuang agar Palestina merdeka, bahkan sejumlah negara mendukung hal itu.

Optimisme Palestina akan merdeka juga didukung ratusan negara lain yang ingin mengakhiri genosida di Gaza dan mewujudkan status negara yang berdaulat.

Optimisme Palestina Segera Merdeka

Baca Juga: Ada 5 Pasangan di Pilwalkot Bogor, Simpul Indonesia: Dedie-Jenal 'Dibuntuti' Kekuatan Sendi-Melli

Untuk diketahui, rencana pembagian wilayah PBB pada tahun 1947 menyerukan pembentukan negara Yahudi di samping negara Palestina.

Tetapi Palestina dan dunia Arab yang lebih luas menolaknya karena rencana itu akan memberi mereka kurang dari setengah wilayah meskipun Palestina merupakan dua pertiga dari populasi.

Perang Arab-Israel tahun berikutnya membuat Israel memiliki lebih banyak wilayah, Yordania menguasai Tepi Barat dan Yerusalem timur, dan Mesir menguasai Gaza.

Mengutip dari AP, Spanyol, Irlandia, dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina pada Mei 2024 silam.

Itu menjadi sebuah langkah menuju aspirasi Palestina yang telah lama dipegang yang dipicu oleh kemarahan internasional atas kematian warga sipil dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza setelah serangan Israel.

Baca Juga: Dikeluhkan Petugas, Pramono Anung Janji Tambah Durasi Kontrak PPSU Jadi Tiga Tahun

Keputusan bersama oleh dua negara Uni Eropa plus Norwegia, sebuah negara dengan tradisi diplomatik yang kuat dalam penciptaan perdamaian, dapat menghasilkan momentum untuk pengakuan negara Palestina oleh negara-negara UE lainnya dan dapat memacu langkah-langkah lebih lanjut di Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang memperdalam isolasi Israel.

Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.

Sebelumnya tujuh anggota dari 27 negara Uni Eropa secara resmi mengakui negara Palestina. Lima dari mereka adalah bekas negara blok timur yang mengumumkan pengakuan pada tahun 1988, seperti halnya Siprus, sebelum bergabung dengan blok tersebut.

Pengakuan Swedia datang pada tahun 2014. Republik Ceko, anggota UE, mengatakan bahwa pengakuan tahun 1988 oleh bekas Cekoslowakia — yang saat itu menjadi bagiannya — tidak berlaku untuk negara modern.

Kementerian Luar Negeri Slovakia mengatakan bahwa kedua pihak mengonfirmasi pengakuan bersama mereka saat Slovakia merdeka pada tahun 1992-93, dan bahwa negara Palestina memiliki kedutaan besar yang berfungsi penuh di Bratislava sejak tahun 2006.

Anggota Uni Eropa, Slovenia, juga bergerak ke arah yang sama. Perdana Menteri Robert Golob mengatakan pemerintahnya akan memutuskan pengakuan negara Palestina pada hari Kamis dan meneruskan keputusannya ke parlemen untuk persetujuan akhir

Kemudian, sekitar 140 negara telah mengakui seorang , lebih dari dua pertiga dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Melansir AP, beberapa negara besar telah mengindikasikan sikap mereka mungkin berubah di tengah protes atas konsekuensi serangan Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Kementerian tersebut tidak membedakan antara non-kombatan dan pejuang dalam hitungannya. Israel melancarkan serangan tersebut menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di mana militan menyerbu melintasi perbatasan Gaza ke Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

Inggris mengatakan tidak ada pengakuan negara Palestina yang dapat terjadi selama Hamas tetap berada di Gaza, tetapi itu dapat terjadi selama negosiasi Israel dengan para pemimpin Palestina sedang berlangsung.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #optimisme #palestina #segera #merdeka

KOMENTAR