Lupakan Mitos Buruk, Video Game Justru Baik Untuk Kesehatan Mental!
Ilustrasi video game (Shutterstock).
16:56
7 September 2024

Lupakan Mitos Buruk, Video Game Justru Baik Untuk Kesehatan Mental!

Di saat sebagian orang menyalahkan video game atas setiap masalah di dunia, para ilmuwan telah menemukan bahwa video game sebenarnya baik untuk kesehatan mental.

COVID membuat orang bermain game lebih dari sebelumnya, yang (bersama dengan masalah pasokan suku cadang) mengakibatkan kekurangan konsol Nintendo Switch dan PlayStation 5 di Jepang, sebagaimana dinyatakan oleh Nature. Sebagai tanggapan, pengecer memperkenalkan sistem lotere yang secara acak memilih orang-orang yang dapat membeli konsol. Hiroyuki Egami, seorang ilmuwan perilaku di Universitas Nihon di Tokyo, dan rekan-rekannya menggunakan ini sebagai peluang penelitian antara tahun 2020 dan 2022.

Mereka mensurvei 8.192 orang, berusia antara 10 dan 69 tahun, yang telah mengikuti lotere, mengukur tekanan psikologis dan kepuasan hidup mereka. Ternyata peserta yang berhasil membeli konsol memiliki kepuasan hidup yang lebih besar dan mengalami penurunan tekanan psikologis dibandingkan dengan mereka yang tidak memenangkan lotere.

"Manfaat kesehatan mental dari memiliki PS5 lebih terasa di kalangan pria, gamer hardcore, dan rumah tangga tanpa anak," menurut Nature. Sebaliknya, Switch lebih bermanfaat bagi keluarga dan pemain game yang kurang berpengalaman.

Baca Juga: Kebiasaan Orangtua yang Bisa Merusak Mental Anak

Bermain game menunjukkan peningkatan kepuasan di antara para peserta, tetapi peningkatan kesehatan mental menurun bagi mereka yang bermain lebih dari tiga jam sehari, jadi waktu bermain yang lama tidak berarti kesehatan mental yang lebih baik.

"Saya kira jika Anda menikmati hobi Anda, Anda akan merasakan dampak yang baik pada kesejahteraan Anda," kata Egami (melalui New Scientist.)

Salah satu masalah dengan penelitian ini adalah penelitian ini sangat spesifik dan berfokus pada pandemi, yang mungkin memengaruhi hasilnya. Namun, kita membutuhkan makalah semacam itu untuk mengubah narasi dari bahaya yang tidak berdasar dari video game menjadi alasan sebenarnya di balik agresi, kejahatan, dan apa pun yang dilakukan orang terhadapnya.

Temukan penelitiannya di sini dan bergabunglah dengan platform 80 Level Talent dan saluran Telegram kami, ikuti kami di Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok, dan Reddit, tempat kami berbagi uraian, berita terbaru, karya seni yang mengagumkan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Wendy Walters Bicara Masalah Kesehatan Mental: dari Self-Harm hingga Bunuh Diri

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #lupakan #mitos #buruk #video #game #justru #baik #untuk #kesehatan #mental

KOMENTAR