Komentar Netanyahu Bikin Kesal AS, Dianggap Buat Pernyataan Tak Konstruktif soal Gencatan Senjata
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Pejabat AS menuduh Netanyahu membuat pernyataan maksimalis yang tidak konstruktif untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata. 
16:20
21 Agustus 2024

Komentar Netanyahu Bikin Kesal AS, Dianggap Buat Pernyataan Tak Konstruktif soal Gencatan Senjata

- Seorang pejabat senior pemerintahan Amerika Serikat (AS) menepis komentar yang disampaikan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Pejabat itu menuduh Benjamin Netanyahu membuat “pernyataan maksimalis” yang tidak konstruktif untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Pernyataan ini disampaikan di tengah putaran diplomasi regional yang gencar digagas Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, saat Washington berupaya mendorong kemajuan kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Pada Senin (19/8/2024), Antony Blinken melakukan pembicaraan selama tiga jam dengan pemimpin Israel di Yerusalem.

Blinken mengatakan, Netanyahu telah menerima apa yang disebut "usulan penghubung" Washington yang bertujuan untuk mencoba memecahkan titik-titik kritis dan membawa Israel dan Hamas lebih dekat ke suatu kesepakatan.

Netanyahu kemudian mengatakan dalam sebuah pertemuan keluarga sandera bahwa ia telah "meyakinkan" Blinken.

Netanyahu menuturkan, kesepakatan tersebut harus memastikan pasukan Israel tetap berada di wilayah Gaza yang ia gambarkan sebagai "aset militer dan politik strategis", termasuk di sepanjang perbatasan selatan dengan Mesir.

Diberitakan BBC, komentar Netanyahu itu tampaknya telah membuat kesal pemerintah AS.

"Kami melihat komentar Perdana Menteri, khususnya pada beberapa hal ini," kata pejabat senior yang berbicara dengan syarat anonim, Rabu (21/8/2024).

"Kami tentu tidak akan bernegosiasi secara terbuka, tetapi yang dapat saya katakan adalah bahwa satu-satunya hal yang diyakini oleh Menteri Blinken dan Amerika Serikat adalah perlunya menyelesaikan proposal gencatan senjata."

"Kami sepenuhnya berharap bahwa jika Hamas juga menerima usulan penghubung ini, diskusi akan terus berlanjut pada beberapa rincian yang lebih teknis," katanya.

“Saya juga ingin menambahkan bahwa pernyataan maksimalis seperti ini tidak konstruktif untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata, dan pernyataan tersebut tentu saja membahayakan kemampuan pelaksanaan pembicaraan tingkat, tingkat kerja, dan teknis untuk dapat bergerak maju ketika kedua pihak menyetujui proposal penghubung," terang pejabat itu.

Adapun pernyataan pejabat senior itu menyusul putaran pembicaraan pada Selasa (20/8/2024), antara Blinken dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di kota pesisir El-Alamein.

Para pejabat Mesir dikatakan sangat menentang gagasan pasukan Israel untuk tetap berada di sepanjang perbatasan Mesir di Gaza.

Menlu AS Akhiri Kunjungannya di Timur Tengah

Sementara itu, Menlu AS Antony Blinken mengakhiri kunjungannya yang kesembilan ke Timur Tengah sejak perang di Gaza dimulai tanpa mengamankan terobosan besar apa pun untuk kesepakatan gencatan senjata, Selasa.

Blinken memperingatkan bahwa "waktu adalah hal terpenting" bahkan ketika Hamas dan Israel mengisyaratkan bahwa tantangan tetap ada.

Setelah pertemuan di negara-negara mediasi lainnya, Mesir dan Qatar, Blinken mengatakan karena Israel telah menerima proposal untuk menjembatani kesenjangan dengan kelompok militan tersebut, fokusnya beralih ke melakukan segala kemungkinan untuk “mendapatkan dukungan Hamas”.

Blinken juga memastikan kedua pihak menyetujui rincian utama tentang implementasinya.

“Pesan kami sederhana. Jelas dan mendesak,” katanya kepada wartawan sebelum meninggalkan Qatar, Selasa, dikutip dari AP News.

“Kami perlu mencapai kesepakatan gencatan senjata dan penyanderaan di garis akhir, dan kami perlu melakukannya sekarang. Waktu adalah hal terpenting," tegas dia.

Warga sipil Palestina mengungsi ke daerah yang lebih aman dari distrik timur Khan Yunis di Jalur Gaza selatan setelah adanya peringatan dari tentara Israel pada 22 Juli 2024. Warga sipil Palestina mengungsi ke daerah yang lebih aman dari distrik timur Khan Yunis di Jalur Gaza selatan setelah adanya peringatan dari tentara Israel pada 22 Juli 2024. (AFP/BASHAR TALEB)

Update Perang Israel-Hamas

Dilansir Al Jazeera, setidaknya 52 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza, termasuk 12 di sekolah Kota Gaza dan sembilan di area pasar yang ramai di Deir el-Balah.

Diplomat tertinggi Amerika Serikat Antony Blinken mendesak para pemangku kepentingan untuk segera menuntaskan kesepakatan gencatan senjata Gaza saat ia mengakhiri lawatannya di Timur Tengah tanpa adanya kesepakatan antara Israel dan Hamas.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa enam tawanan Israel – yang jasadnya ditemukan dari Gaza pada hari Selasa – kemungkinan meninggal karena kebocoran gas di sebuah terowongan selama serangan militer Israel di Khan Younis.

Pasukan Israel melancarkan serangan di Jalur Gaza, termasuk Jabalia, Deir el-Balah, Rafah, dan Khan Younis. Beberapa orang tewas dan terluka di Jabalia, menurut AJA.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengakhiri perjalanannya ke Timur Tengah dengan memperingatkan bahwa “waktu sangatlah penting” bagi tawanan Israel dan warga Palestina di Gaza.

Suatu kelompok yang terdiri dari 20 lembaga bantuan dan 20 dokter yang bekerja di Gaza menyerukan tindakan segera untuk mencegah wabah polio massal di daerah kantong Palestina tersebut.

Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani berbicara dengan Blinken dan menegaskan kembali komitmen negaranya terhadap perannya sebagai mediator dalam pembicaraan gencatan senjata Gaza.

Di Lebanon, satu orang tewas dan 20 lainnya terluka dalam serangan Israel di Lembah Bekaa timur, jauh dari perbatasan dengan Israel.

Setidaknya 40.173 orang tewas dan 92.857 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #komentar #netanyahu #bikin #kesal #dianggap #buat #pernyataan #konstruktif #soal #gencatan #senjata

KOMENTAR