Siap Digelar! Indonesia Game Expo 2024 Jadi Ajang Pesta dan Momen Nostalgia Para Gamers
Indonesia Game Expo 2024 (IGX 2024) akan digelar pada 26-27 Oktober, di Hall 3 ICE BSD, Tangerang. (Istimewa)
21:28
10 Oktober 2024

Siap Digelar! Indonesia Game Expo 2024 Jadi Ajang Pesta dan Momen Nostalgia Para Gamers

–Sebentar lagi, para pencinta game alias gamers akan berpesta di Indonesia Game Expo 2024 (IGX 2024). Event akbar pertama yang menggabungkan elemen industri game dan pop culture di Indonesia itu akan digelar pada 26-27 Oktober, di Hall 3 ICE BSD, Tangerang.

Mengusung tema Past, Present, and Future, IGX 2024 akan menjadi media untuk menjaga ekosistem game dan pop culture di Indonesia. Sekaligus mendorong pertumbuhan industri game di tingkat nasional hingga internasional.

”Jadi, sebenarnya event ini salah satu wadah buat jaga semua ekosistem itu supaya berdamai lah. Karena di sini yang dihighlight banyak, nggak cuma game aja,” kata Steering Committee IGX Andry Gosal di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Selain menyuguhkan pengalaman bermain game-game retro hingga terkini kepada pengunjung, IGX 2024 juga bakal menampilkan sneak peek game-game yang akan datang. Serta, mainan collectibles, designer toys, trading card games, dan boardgames. Dan banyak aktivitas lain seperti product launching, exclusive item, demo game terbaru, turnamen arcade, console dan esport.

Terdapat juga cosplay competition, meet and greet. Hal itu yang membuat IGX 2024 terasa spesial dan berbeda dari event-event serupa lainnya. Selama ini, acara game digelar hanya untuk jenis game dan fokus dengan satu tujuan tertentu.

”IGX2024 hadir untuk melengkapi perkumpulan seluruh industri game dan pop culture. Misal ada event toys game, esport, dan lain-lain. Nah, di sini penggabungan dari event-event itu dengan benang merahnya di game. Industri apapun yang berhubungan dengan pop culture pasti ada game karena kedua itu satu kesatuan, nggak bisa dipisahkan,” jelas Andri.

Dia menceritakan, tercetusnya ide membuat IGX2024 bermula dari hobi bermain game dan mengikuti kegiatan pop culture. Namun, seiring berjalannya waktu, Andri merasa ada yang sesuatu yang hilang dari event-event tersebut.

”Makin hari makin datar, geregetan kayak ada yang kurang. Apalagi sudah ada online. Padahal, dulu-dulu tuh kita masih excited datang ke event. Selalu ada yang menarik dan bisa dilakukan, bukan cuma belanja. Makanya saya pengin mengalami itu lagi,” ungkap Andri.

Senada dengan itu, Merchandising Assistant Vice President Computer & Gaming Category Blibli Jimmy Widjaya menyatakan, IGX2024 menjadi ajang untuk bernostalgia. Sebab, banyak menghadirkan game-game retro populer puluhan tahun terakhir.

”Saya ingat dulu masih main Super Mario Bros, nanti saya bisa kasih tahu ke anak kalau saya dulu juga main game 2 dimensi,” kenang Jimmy.

Kemudian, menurut dia, juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

”Ini potensi besar di dunia bisnis gaming. Jadi, kami mau IGX2024 tetap continue setiap tahun untuk industri gaming,” tambah Jimmy.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan kehadiran bintang tamu spesial seperti Yuzo Koshiro (video game composer), Ayame Misaki (artis Alice in Borderland), Samantha Inoue Harte (produser Studio Gonzo), dan Tetsuya Iwanaga (aktor Kamen Raider GENM).

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #siap #digelar #indonesia #game #expo #2024 #jadi #ajang #pesta #momen #nostalgia #para #gamers

KOMENTAR