Spec Ops: The Line Tak Dapat Dibeli Lagi Melalui Steam dan Toko Game Digital Lainnya, Hal Ini Jadi Sebabnya
Spec Ops: The Line, Game yang Dipublikasikan 2K Games di Tahun 2012 Lalu kini Tak Lagi Dijual di Steam dan Toko Game Digital lainnya. (Spec Ops: The Line / YAGER, 2K Games)
12:48
31 Januari 2024

Spec Ops: The Line Tak Dapat Dibeli Lagi Melalui Steam dan Toko Game Digital Lainnya, Hal Ini Jadi Sebabnya

Spec Ops: The Line, salah satu video game yang dipublikasi oleh 2K Games mendadak ramai dibicarakan.

Game yang berjenis third person shooter (TPS) tersebut kini tak dapat dibeli lagi melalui laman penjualan game digital milik Valve yakni Steam.

“Spec Ops: The Line kini tak dapat dibeli lagi melalui Steam,” Tulis salah satu pengguna X yang memiliki nama pengguna @Wario64.

Dalam kiriman tersebut ia juga melampirkan gambar halaman penjualan game tersebut yang menampilkan tulisan bahwa game tersebut kini tidak tersedia.

game yang dikembangkan YAGER dan dipublikasikan oleh 2K Games itu berhasil meraih penilaian ‘Very Positive’ dari 52 ribu pengguna di Steam.

Sementara itu Sutradara dari game Spec Ops: The Line yakni Cory Davis juga mempertanyakan alasan game yang dibuatnya harus ‘diturunkan’ dari toko game digital populer itu.

“Kejadian ini sangat tidak masuk akal, apalagi dengan cerita yang dibawa oleh game tersebut sangat relevan dengan peristiwa terkini, aku butuh penjelasan,” tulis Cory di akun X pribadinya (@Snak3Fist).

Pernyataan yang diucapkan oleh Cory Davis memang sepenuhnya benar, sebab game tersebut mengambil sudut pandang berbeda dari game peperangan lainnya.

Dikutip dari deskripsi di laman resmi penjualan Spec Ops: The Line di Steam, game tersebut mengambil sudut pandang dari para tentara yang bertugas di medan perang.

Mereka harus mengambil beberapa keputusan untuk mempertaruhkan nyawa serta mengambil penggambaran nyata dari wilayah yang terdampak sebuah konflik besar.

 

Respon 2K Games

DIlansir dari The Verge, 2K Games akhirnya memberikan respon terkait peristiwa yang dialami oleh game yang diperkenalkan sejak 2012 lalu tersebut.

Joe DiMiero, Communications Director dari 2K menjawab alasan kenapa game tersebut kini tak tersedia di Steam dan beberapa toko game digital lain.

“Spec Ops: The Line kini tak dapat dibeli dikarenakan beberapa hak lisensi yang ada dalam game tersebut telah habis masa berlakunya,” tulisnya melalui surat elektronik (surel).

Ia menyebut bahwa gamers yang telah membeli game tersebut tidak akan terdampak dan masih dapat memainkan game tersebut dengan mengunduhnya.

Gamers menduga lisensi yang dimaksud oleh Communications Director 2K Games tersebut adalah lisensi musik.

Mengutip PC Gamer, game tersebut diketahui menggunakan lisensi lagu dari beberapa musisi ternama seperti Jimi Hendrix, Deep Purple, Martha and the Vandellas, dan Björk.

Masalah lisensi memang menjadi penyebab beberapa game harus dihentikan penjualannya pada waktu tertentu.

Pengembang game hanya memiliki pilihan untuk memperpanjang, menghapus hal-hal yang terkait dengan hak cipta atau memutuskan untuk berhenti menjual produk tersebut.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #spec #line #dapat #dibeli #lagi #melalui #steam #toko #game #digital #lainnya #jadi #sebabnya

KOMENTAR