Rata-rata Tidur Selama 15 Jam Sehari, Apa yang Dimimpikan Kucing Saat Tidur? Cat Owner Wajib Tahu
Ilustrasi kucing ./ Pexels
09:40
19 September 2024

Rata-rata Tidur Selama 15 Jam Sehari, Apa yang Dimimpikan Kucing Saat Tidur? Cat Owner Wajib Tahu

 

 

– Pernahkah terlintas di pikiran kalian, kira-kira apakah kucing juga bermimpi seperti manusia? Mengingat kucing terlihat sering kali tidur dan bermalas-malasan.

Menurut Purina, sebuah Perusahaan pecinta hewan peliharaan di US, kucing tidur 2 kali lebih lama daripada manusia. Rata-rata seekor kucing tidur 15 jam sehari, dan bisa mencapai 24 jam dalam keadaan sangat lelah.

Dari banyaknya waktu tidur seekor kucing, kira-kira apakah ada kemungkinan kucing bermimpi saat tidur? Maka, jawabannya adalah iya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael Jouvet pada 1960, menunjukkan bahwa kucing juga bermimpi seperti kita semua.

Ada aktivitas yang terjadi di dalam otak kucing. Aktvitas itu ditandai dengan mata yang berkedut dan otot-otot yang rileks, aktivitas-aktivitas tersebut terjadi pada manusia saat tertidur.

Jika pertanyaan apakah kucing juga bermimpi sudah terjawab, maka pertanyaan lainnya akan timbul. Seperti, apa yang diimpikan kucing saat tidur?

Dikutip dari Purina, penelitian di AS menunjukkan bahwa kucing mungkin bermimpi tentang hal-hal yang dilakukannya. Bisa saja hal-hal yang terjadi di hari itu, kemarin, masa lalu atau baru-baru ini.

Kucing mungkin akan memimpikan aktivitasnya selama di rumah atau di luar rumah. Jika kucingmu kerjaannya meringkuk di sofa dan bermain-main dengan bola kesayangannya, mungkin hal itulah yang dimimpikan oleh kucingmu.

Namun, jika kucingmu sering berbubur burung, keliling komplek, dan memanjat pohon, maka kemungkinan hal-hal tersebut jugalah yang dimimpikan olehnya.

Seperti sebelumnya, ketika satu pertanyaan terjawab, maka akan muncul pertanyaan lainnya. Misalnya, apakah kucing juga mengalami mimpi buruk?

Sebagai pemilik kucing yang sangat menyayangi hewan peliharaannya tentu saja khawatir, bagaimana jika kucing mengalami mimpi buruk?

Sebagai jawaban dari pertanyaan di atas adalah, kemungkinan bisa. Seperti kucing yang kemungkinan bisa bermimpi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kucing bisa bermimpi buruk juga.

Kita tidak tahu apakah kucing bisa benar-benar bermimpi buruk atau tidak. Namun, dalam beberapa kasus, kucing dapat bangun tidur dan tampak ketakutan, hal itu dapat menjadi salah satu tanda bahwa kucing mengalami mimpi buruk.

Jika kalian memperhatikan kucing saat tertidur, kalian mungkin akan mendapati kucing tersentak, kemudian bangun dalam keadaan mata terbelalak.

Dalam beberapa kasus, ketika kucing pernah mengalami kejadian traumatis, seekor kucing dapat mengeluarkan suara stress saat tertidut. Kemudian kucing akan bangun tiba-tiba.

Mimpi buruk kemungkinan dapat menjadi penyebab kucing mengalami kecemasan ketika bangun tidur.  

Saat kucing tertidur, mungkin mereka akan mengeluarkan dengkuran, atau suara-suara lain. Kucing juga dapat bergerak-gerak, meregang, saat mereka mimpi buruk.

Sebagai cat owner, kamu tidak perlu khawatir ya. Hal-hal tersebut wajar terjadi saat kita semua tertidur.

Namun, jika kucingmu terus gelisah hingga tidak mau menyentuh makanan dan minumannya, kamu dapat mempertimbangkan untuk membawa kucingmu konsultasi ke dokter hewan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rata #rata #tidur #selama #sehari #yang #dimimpikan #kucing #saat #tidur #owner #wajib #tahu

KOMENTAR