Makan Lebih Banyak Buah dapat Mencegah Depresi di Usia Lanjut
Mengonsumsi buah-buahan dapar meningkatkan asupan serat , meningkatkan kadar antioksidan, dan meningkatkan variasi makanan 
02:00
15 Agustus 2024

Makan Lebih Banyak Buah dapat Mencegah Depresi di Usia Lanjut

Sudah diketahui secara umum bahwa buah kaya akan manfaat.

Mengonsumsi buah-buahan dapar meningkatkan asupan serat , meningkatkan kadar antioksidan, dan meningkatkan variasi makanan. 

Namun, tahukah jika penelitian baru menunjukkan bahwa buah berpotensi mencegah depresi di kemudian hari. 

Dilansir dari Health, sebuah studi pada Juni 2024 di The Journal of Nutrition, Health and Aging menemukan bahwa orang-orang di usia paruh baya yang makan lebih banyak buah memiliki tingkat depresi yang lebih rendah di usia yang lebih tua.

Studi longitudinal di Singapura ini melacak hampir 14.000 partisipan selama lebih dari 20 tahun. 

Mereka yang mengonsumsi buah paling banyak (setidaknya tiga porsi per hari) mengurangi kemungkinan depresi terkait usia setidaknya sebesar 21 persen. 

Temuan ini dapat memberi dampak berarti dalam mencegah kondisi kesehatan mental yang sangat umum terjadi pada populasi lanjut usia.

*Kaitan Antara Konsumsi Buah dan Depresi*

Studi Journal of Nutrition, Health and Aging dimulai dengan data dari tahun 1993–1998. 

Saat itu, 13.738 orang dewasa di Singapura diminta untuk menjawab pertanyaan terperinci tentang konsumsi buah dan sayur mereka. 

Usia awal mereka adalah 52,4 tahun. Lebih dari dua dekade kemudian, dalam periode wawancara lanjutan tahun 2014–2016, saat peserta berusia rata-rata 72,5 tahun.

Mereka dievaluasi menggunakan Geriatric Depression Scale, alat skrining klinis yang digunakan di banyak negara untuk mengidentifikasi depresi pada orang dewasa yang lebih tua.  

Semakin banyak buah yang dikonsumsi subjek dalam kuesioner tahun 1990-an, semakin rendah kemungkinan mereka mengalami depresi sekitar 20 tahun kemudian. 

Hubungan antara buah dan kesehatan mental yang lebih baik juga tidak sedikit. 

Penulis studi senior Woon Puay Koh, MBBS, PhD , profesor di Program Penelitian Translasional Umur Panjang yang Sehat, Universitas Nasional Singapura ungkap sebelumnya bahwa peserta yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi buah sehari.

"Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi sehari, mampu mengurangi kemungkinan depresi terkait penuaan setidaknya sebesar 21 persen," kata Koh dilansir, Rabu (14/8/2024). 

Buah-buahan yang dimaksud adalah 14 pilihan khusus yang umum dikonsumsi di Singapura. 

Di antaranya, jeruk , jeruk keprok, pepaya , pisang, dan semangka secara khusus dikaitkan dengan penurunan risiko depresi.

Alasan pasti mengapa makan lebih banyak buah di usia 40-an atau 50-an dapat meningkatkan kesehatan mental di usia tua tidak jelas, kata Koh, tetapi banyak faktor yang mungkin berperan.

“Stres oksidatif dan neuroinflamasi berikutnya adalah dua jalur [depresi] yang sudah diketahui,” katanya. 

Buah-buahan memiliki manfaat untuk mencegah masalah ini. 

“Buah-buahan umumnya mengandung antioksidan dan zat gizi mikro anti-inflamasi tingkat tinggi, seperti vitamin C, karotenoid , dan flavonoid, dan zat gizi ini telah terbukti mengurangi stres oksidatif dan menghambat proses inflamasi dalam tubuh.” 

Koh yakin ini adalah penjelasan yang paling mungkin untuk temuan penelitian tersebut.

Sayuran, yang juga dievaluasi dalam penelitian ini, tidak memiliki dampak yang dapat diamati pada depresi di kemudian hari—sebuah temuan yang mengejutkan para peneliti. 

Namun, Koh memiliki teori tentang mengapa hal ini mungkin terjadi. 

Meskipun sayuran juga merupakan sumber senyawa antioksidan yang kaya , metode persiapannya yang umum dapat mengurangi dampak anti-inflamasinya.

 “Buah-buahan biasanya dimakan mentah sebagai camilan sepanjang hari, sedangkan sayuran biasanya dimasak untuk makan,” katanya. 

“Memasak diketahui sebagai proses yang dapat mengubah bioavailabilitas dan aktivitas nutrisi dalam sayuran, dan dengan demikian membatasi efek perlindungan nutrisi ini terhadap depresi," tutupnya. 

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #makan #lebih #banyak #buah #dapat #mencegah #depresi #usia #lanjut

KOMENTAR