Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Generasi Muda: Pilih yang Tawarkan Benefit Kesehatan Mental
Ilustrasi asuransi kesehatan. (Elements Envato)
10:40
2 Juli 2024

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Generasi Muda: Pilih yang Tawarkan Benefit Kesehatan Mental

Tak sedikit orang yang menunda untuk memiliki asuransi kesehatan, dengan alasan masih sehat dan belum memiliki tanggungan. Namun, anggapan ini ternyata keliru. Justru di usia muda inilah saat yang tepat untuk memiliki asuransi kesehatan.

Memiliki perlindungan kesehatan menjadi semakin penting bagi setiap orang untuk bisa mengamankan masa depan, tidak terkecuali untuk anak muda yang saat ini didominasi oleh Generasi Z. Dilansir dari Indonesia Gen Z Report 2024 yang dikeluarkan oleh IDN Reseorch Institute, Gen Z kini menjadi generasi dengan populasi terbesar di Indonesia dengan populasi mencapai 27,94%, di mana setengah dari mereka kini memasuki usia produktif.

Dengan populasi terbesar, berdasarkon laporan yang sama, 72% Gen Z memiliki pemasukan di bawah Rp 5 juta dalam sebulan. Mereka juga mengaku sudah mulai matang dalam merencanakan keuangan, di mana 43% dari mereka menyatakan sudah mengalokasikan kurang lebih 10%. dari budget yang dimilik untuk kesehatan dan asuransi.

Salah satu jenis asuransi kesehatan yang cocok untuk Gen Z adalah asuransi kesehatan murni, yaitu jenis asuransi yang menawarkan perlindungan maksimal untuk kesehatan tanpa adanya unsur investasi.

Baca Juga: Generasi Muda Terancam! BNPT Bongkar Strategi Baru Teroris Incar Remaja

Ini alasan mengapa Gen Z membutuhkan asuransi kesehatan murni:

1. Biaya pengobatan yang terus meningkat

Seperti yang kita tahu, biaya pengobatan terus meningkat setiap tahunnya. Memiliki asuransi kesehatan murni dapat membantu menanggung biaya pengobatan yang mahal, sehingga tidak perlu mengorbankan uang tabungan atau pun berhutang.

2. Melindungi diri dari risiko penyakit kritis

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan kita akan terkena penyakit kritis. Memiliki asuransi kesehatan murni dapat memberikan ketenangan pikiran dan jaminan finansial jika harus menjalani perawatan yang mahal.

Baca Juga: Dengue Slayers Challenge: Mencetak Generasi Muda Jadi Pelopor Pemberantasan DBD

3. Melindungi masa depan

Asuransi kesehatan murni dapat melindungi masa depan. Dengan memiliki asuransi ini, seseorang dapat fokus pada cita-cita dan tujuan hidupnya, tanpa harus dikhawatirkan oleh beban finansial.

Lalu, bagaimana tips memilih asuransi kesehatan murni untuk generasi muda? Yang pasti, pilihlah premi yang sesuai dengan budget. Country Chief Product Officer Allianz Indonesia Himawan Purnama mengatakan bahwa semakin muda usia seseorang, maka semakin terjangkau pula premi yang harus dibayar untuk mendapatkan perlindungan asuransi.

Kemudian, perhatikan manfaat yang ditawarkan oleh polis asuransi. Salah satunya, pilih produk asuransi kesehatan murni yang dilengkapi dengan benefit berupa konsultasi terkait kesehatan mental, seperti Allianz Flexi Medical.

Hal ini selaras dengan temuan pada Indonesia Gen Z Report 2024 yang menyatakan bahwa 51% Gen Z di Indonesia menganggap isu kesehatan mental sebagai masalah yang penting.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #tips #memilih #asuransi #kesehatan #untuk #generasi #muda #pilih #yang #tawarkan #benefit #kesehatan #mental

KOMENTAR