Selain Terkenal Nikmat dan Enak, Ketahui 7 Manfaat Buah Mangga bagi Tubuh Anda
Mangga termasuk salah satu buah yang kaya nutrisi Vitamin C. /Sumber Foto : Freepik.com
17:31
10 Mei 2024

Selain Terkenal Nikmat dan Enak, Ketahui 7 Manfaat Buah Mangga bagi Tubuh Anda


 - Mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat dan manis sekaligus kemudahan mangga yang dapat diolah menjadi sejumlah hidangan.

Buah mangga memang nikmat dan enak. Di balik itu, ternyata terdapat beberapa fakta menarik tentang khasiat buah mangga untuk kesehatan.

Dikutip dari laman halodoc.com, salah satu faktanya yakni berkaitan dengan kandungan nutrisi pada buah mangga terbilang tinggi.

Banyak orang menyukai mangga bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kandungan gizinya. Sebagai gambaran, satu cangkir mangga segar seberat 165 gram dapat menyediakan berbagai kandungan berikut ini.

Kalori: 99 kkal.
Protein: 1,4 gram.
Karbohidrat: 24,7 gram.
Lemak: 0,6 gram.
Serat: 2,6 gram.
Gula: 22,5 gram.
Vitamin C: 67 persen dari angka Kebutuhan Harian (DV).
Tembaga: 20 persen dari DV.
Folat: 18 persen dari DV.
Vitamin B6: 12 persen dari DV.
Vitamin K: 6 persen dari DV.
Niasin: 7 persen dari DV.
Kalium: 6 persen dari DV.
Vitamin A: 10 persen DV.
Vitamin E: 10 persen dari DV.
Riboflavin: 5 persen dari DV.
Magnesium: 4 persen dari DV.
Tiamin: 4 persen dari DV.



Berdasarkan gambaran tersebut, 1 cangkir (165 gram) mangga segar menyediakan hampir 67 persen vitamin C untuk kebutuhan harian.

Sehingga, Vitamin C berperan penting dalam membantu sistem kekebalan, membantu tubuh menyerap zat besi, dan meningkatkan pertumbuhan sel serta perbaikan.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan folat yang baik. Nutrisi ini merupakan asupan penting, khususnya selama kehamilan. Sebab, folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, mangga menjadi salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh semua kalangan.

Untuk itu, ada 7 fakta atau manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mangga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan senyawa amilase dan serat makanan. Senyawa amilase dapat membantu melarutkan makanan lain di perut, memecah pati yang sulit, sehingga dapat mencegah sembelit.



2. Buah Mangga Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Mangga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena, kandungan vitamin A dapat berfungsi menurunkan risiko infeksi.

Vitamin C pada mangga juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

3. Tinggi Senyawa Tanaman Sehat

Buah mangga kaya akan polifenol, yaitu senyawa tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh.

Menariknya lagi, buah ini memiliki lebih dari selusin jenis senyawa tumbuhan berbeda yang terkonsentrasi pada daging, kulit, dan bahkan inti bijinya.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Buah mangga mengandung polifenol yang memiliki sifat anti-kanker. Polifenol ini berperan sebagai pelindung dari stres oksidatif, yang terkait dengan banyak jenis kanker.

Kandungan polifenol pada mangga dapat mengurangi stres oksidatif, menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar.



5. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya penyakit gula. Untuk itu, buah mangga termasuk yang kaya akan kedua nutrisi ini.

Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih jauh. Pasalnya, buah mangga mengandung gula alami tinggi. Alhasil, dengan mengonsumsi yang terlalu banyak justru berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga kesehatan jantung. Alasannya, mangga mengandung magnesium dan potasium yang dapat membantu menjaga aliran darah tetap sehat.

Nutrisi ini sekaligus membantu pembuluh darah tetap rileks dan menstabilkan tekanan darah. Mangiferin sebagai antioksidan dari mangga dinilai baik untuk kesehatan jantung.

Mangiferin juga dapat melindungi sel-sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan kematian sel. Selain itu, mangiferin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak dalam darah.

7. Berpotensi Menjaga Kesehatan Mata

Mangga penuh dengan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan mata. Sebab, selain polifenol, mangga juga memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Pada area dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap cahaya berlebih. Selain itu, hal ini tampaknya melindungi mata dari radiasi blue light atau cahaya biru yang berbahaya.

Tak hanya itu, mangga juga kaya akan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kurangnya asupan vitamin A telah berkaitan dengan mata kering dan kebutaan malam hari.

Ditambahkan dari dinkes.madiunkota.go.id salah satu cara yang praktis dan cepat untuk mengonsumsi buah mangga adalah dengan membuat jus segar.

Dengan mengonsumsi buah mangga dalam olahan jus, tubuh akan lebih cepat menyerap kandungan nutrisi di dalamnya.

Oleh sebab itu, tubuh tak perlu bekerja keras untuk menyerap nutrisi dalam bentuk cairan. Semoga bermanfaat, ya. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #selain #terkenal #nikmat #enak #ketahui #manfaat #buah #mangga #bagi #tubuh #anda

KOMENTAR